ANDALKAN ROH KUDUS

Selasa, 3 Oktober 2023

Oleh: Ps. Leo Sitinjak

Beberapa alasan kita mengandalkan Roh Kudus. Roh membimbing kita pada kebenaran sesuai firmanNya

Yohanes 16:13 (TB) Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.”

Roh Kudus membawa kita kepada kebenaran supaya kita tidak tersesat. Tuhan Yesus ingatkan pada kita bahwa ragi dapat mengkamirkan seluruh adonan.

Roh Kudus membimbing kita kepada kebenaran salah satunya adalah dibawah ini:

Roma 9:5 (TB) Mereka adalah keturunan bapa-bapa leluhur, yang menurunkan Mesias dalam keadaan-Nya sebagai manusia, yang ada di atas segala sesuatu. Ia adalah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya. Amin!

  1. Yesus adalah Mesias yang diturunkan dalam keadaan sebagai manusia
  2. Yesus Kristus ialah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya, haleluyah

Jadi Roh Kudus menolong kita dan membawa kita kebenaran. Sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai penolong, mengajar, dan mengingatkan kita akan apa yang Yesus ajarkan waktu itu.

Allah kita adalah Allah Maha Hadir dan dimana saja berada, Allah yang melampaui segala dimensi dan Dia adalah Allah yang tidak pernah berubah.

Roh Kudus membimbing dan menuntun kita kepada seluruh kebenaran bukan dengan apologet yg seringkali membawa kepada perdebatan.

Roh Kudus akan mengingatkan dan membawa kita kepada saja yang Yesus katakan atau sampaikan pada murid-murid.

Roh Kudus penolong yang akan mengajar kita berdoa kepada Allah Bapa di Sorga pada kita.

Roma 8:26 (TB) Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Roh Kudus membantu kita dalam kelemahan kita sebagai manusia, ketika kita tidak tau caranya berdoa, memuji dan menyembah Tuhan dihidup ini.

Roh Kudus adalah sumber kekuatan ketika kita menghadapi masalah dan persoalan-persoalan yang kita alami.

Filipi 4:13 (TB) Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Roh Kudus yang akan memimpin, menuntun, dan menolong serta menguatkan kita semua dalam kehidupan.

Roh Kudus berperan penting tidak hanya dalam PB namun sejak Penciptaan bumi dan seisinya Roh Kudus sudah berperan penting dan hadir bahkan lewat para Nabi dan hamba-hambaNya lewat Nubutan dan Mazmur yang dinaikan.

Jadi Roh Kudus senantiasa ada dalam kehidupan kita dari awal sejak penciptaan sampai Yesus turun kedunia dan disalibkan bahkan ketika Yesus naik ke Sorga dan sampai selamanya.

Tuhan Yesus Memberkati Kita

Silakan share :