Pdm Irwan Ambarita

Ibadah raya 1, 2 & 3 - minggu, 01 Desember 2019
Rekaman Khotbah : Pdm Irwan Ambarita
Ibadah Raya 1, 2 & 3 – Minggu, 01 Desember 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Setia Dalam Segala Hal

Sudahkah kita mengalami kelahiran baru dalam hidup kita. Gereja kita GBI Bumi Anggrek secara fisik di awal tahun bertambah kapasitas ruangannya. Secara rohani banyak orang yang tidak kita duga dari berbagai asal datang ke gereja kita. 

Tahun depan adalah Tahun Dimensi Baru. Baik jasmani maupun rohani. Dimensi adalah suatu keadaan, tempat atau kondisi baru.

2 Korintus 3:18 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Ulangan 28:13-14 TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia, 14  dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya.”

Apakah yakin kita berasal dan menjadi warga Surga? Buktinya sebelum dunia diciptakan, kita sudah ditenun dan dirancang oleh Tuhan. Namun karena dosa, hati kita ditanam benih gandum dan ilalang. Adalah suatu kedewasaan rohani jika kita biarkan gandum tumbuh, dan ketika besar ilalang dipisahkan dan dibakar. Kita akan terus naik jika senantiasa mendengarkan perintah Tuhan dengan setia. Setia = tidak pernah meninggalkan Tuhan. Iman pengharapan dan kasih. Berbajuzirahkan iman dan kasih dan ketopong pengharapan. 

Yakinkah kita dapat setia dalam segala hal?Manusia hanya boleh mengandalkan Tuhan untuk tetap dalam kesetiaan. Sehingga kita bisa bertahan setiap saat. Mengalahkan nature manusia sebagai pemberontak dan melawan godaan Iblis.

Lukas 16:10 “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Matius 25:31-41 “Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya. 32  Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing, 33  dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya. 34  Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. 35  Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; 36  ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. 37  Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? 38  Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian? 39  Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau? 40  Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. 41  Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

 

Lukas 19:26 Jawabnya: Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ada padanya.

Yesus ada di Sorga, dan akan datang sampai pemulihan segala sesuatu. Injil diberitakan sampai penjuru bumi. Amanat Agung diselesaikan. Yang setia akan ikut diangkat ke awan kemuliaan (rapture). Pengajaran akhir zaman seperti hari kiamat, merupakan titik terang dalam kegelapan. Proses pengangkatan terjadi cepat sekali hanya sekejap mata. 

Matius 24:27  Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.

1 Korintus 15:25 Karena Ia harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakkan semua musuh-Nya di bawah kaki-Nya.

Banyakkah orang Kristen yang akan tertinggal dari pengangkatan? 

Wahyu 3:18  maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.

Wahyu 3:16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

Memuji Tuhan setiap saat seperti kasih yang mula-mula. Jangan hanya ketika sakit dan perlu pertolongan Tuhan saja. Banyak orang Kristen yang tertinggal karena banyak bermain dengan dosa, tdk hidup kudus. Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia dan diri sendiri, hendaknya kita hanya berharap pada Tuhan saja. 2 Petrus 3:14 Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.  Ada usaha yang sungguh sehingga kedapatan tidak bercacat dan bernoda di hadapan Tuhan, sehingga kita berani menyatakan “selidiki aku” 

 

Siapa orang yang setia yang ikut dalam pengangkatan :

  1. Orang yg percaya kepada Yesus

Yohanes 14:1-3 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. 2  Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 3  Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

  1. Jemaat yg menantikan dan hidup dalam kekudusan

Ibrani 9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

1 Korintus 15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.

Silakan share :