Pdt. Jacobus Wibowo

Ibadah raya 2 - minggu, 14 april 2019
Rekaman Khotbah : Pdt Jacobus Wibowo
Ibadah Raya 2 – Minggu, 14 April 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Reach Your Future

Allah yang hobby melakukan sesuatu yang baru bagi anak-Nya. Patokan tertinggi adalah kasih yang bersedia menyerahkan nyawaNya.

= Ilustrasi anak muda melayani Tuhan pencipta lagu – Dia Jamah, Pegang hari esok. =

Masa depan yang penuh harapan. Reach your future

3 langkah menatap masa depan. Hidup ini sebenarnya hanya ada 3 hari, yaitu Hari Kemarin, Hari Ini dan Hari Esok 

= Ilustrasi warteg yang memasang tulisan : hari ini makan bayar, besok gratis = artinya bahwa di luar Yesus hanyalah PHP

Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Hari depan yang penuh harapan. Where there is no future, there is no strength for today.

= Ilustrasi tikus di dalam ember berisi air dalam keadaan gelap dan terang = Tikus di dalam cahaya yang terang memiliki usia yang lebih panjang dari pada tikus yang di dalam gelap. Artinya di dalam terang ada pengharapan.

Amsal 23:18 Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

Filipi 3:13-14 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

1) Melupakan masa lalu Forget

= Ilustrasi Tono lupa =

  1. Ada hal yang perlu dingat-ingat. Seperti Taurat Tuhan, kasih dan pertolongan Tuhan
  2. Atau melupakan. Seperti masa lalu

Yeremia 31:34b   Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka.”

Sehingga membuat kita tidak mampu melesat ke masa depan. Yusuf melepaskan pengampunan. Anaknya diberi nama Manasye (lupa) dan Efraim (berbuah-buah/produktif) . Untuk mampu mencapai masa depan gemilang

= Ilustrasi Frank aliran minimalist yg akan memiliki terbaik di masa depan =

Jangan juga terjebak dalam kesuksesan masa lalu (old glory) tapi selalu move on

= Ilustrasi kaca depan mobil lebih besar dari kaca spion =

2) Melangkah maju Forward

Ibrani 12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

Perjanjian Baru membuat kita berlari, terus melayani Tuhan, cinta mati-matian. Tanggalkan beban dan dosa yang merintangi kita. Jika tidak tanggalkan jadi seperti komputer nge-hang. Pelayanan harus fokus. Jika sampah-sampah dibuang jadi enteng. Jika mau maju melayani tidak perlu neko neko, tapi lakukan sedikit lebih dari biasanya.

= Ilustrasi pacuan kuda =

Pujian, doa, persembahan sedikit lebih. Lakukan bagian kita biar Tuhan yang turun tangan memberkati. Sesuatu yang tidak berubah di dalam dunia ini adalah closet . Organisasi gereja juga tidak berubah. Ten years challenge

3) Berlari pada tujuan Menetapkan Fokus

= Ilustrasi Warren Buffet =

If you buy things you don’t need, soon you’ll have to sell you need

Ibrani 12:2a Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

Iblis yg membuat kita tidak focus. Fokuslah senantiasa pada Tuhan .

Silakan share :