Pdm. Irwan Ambarita

Ibadah raya 1, 2 & 3 - minggu, 07 april 2019
Rekaman Khotbah : Pdm Irwan Ambarita
Ibadah Raya 1, 2 & 3 – Minggu, 07 April 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Keajaiban Dari Unity

Unity tidak mudah dikerjakan namun harus dilakukan, seperti Yesus juga unity. Kekekalan bergantung dari unity tsb. Dan pada unity juga bergantung kehidupan. Dan memperoleh harapan atas kehidupan kekal. Unity sangat penting.

Terutama unity dalam keluarga: (Maleakhi 4:6)

1) Dalam doa di dalam keluarga

2) Keputusan bersama di dalam keluarga

1 Korintus 1:10-17 Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.  Sebab, saudara-saudaraku, aku telah diberitahukan oleh orang-orang dari keluarga Kloe tentang kamu, bahwa ada perselisihan di antara kamu.  Yang aku maksudkan ialah, bahwa kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus.  Adakah Kristus terbagi-bagi? Adakah Paulus disalibkan karena kamu? Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?  Aku mengucap syukur bahwa tidak ada seorangpun juga di antara kamu yang aku baptis selain Krispus dan Gayus,  sehingga tidak ada orang yang dapat mengatakan, bahwa kamu dibaptis dalam namaku.  Juga keluarga Stefanus aku yang membaptisnya. Kecuali mereka aku tidak tahu, entahkah ada lagi orang yang aku baptis. Sebab Kristus mengutus aku bukan untuk membaptis, tetapi untuk memberitakan Injil; dan itupun bukan dengan hikmat perkataan, supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia.

Memang tidak mudah sehati sepikir dalam keluarga, apalagi di dalam gereja kota dan bangsa. Yesus dalam jam terakhir sebelum disalib mengajak kita untuk unity. Unity akan membawa mujizat.

Contoh Tim Sepak Bola Yunani yang tidak terkenal. Yang berasal dari klub berbagai kota dan universitas. Pelatih katakan bahwa sekarang harus membela Yunani. Masing-masing adalah berasal dari bintang, dan harus merendahkan hati sehingga banyak yang terlempar, akhirnya mereka jadi juara Eropa 2004. Sehingga banyak yang direkrut kesebelasan ternama di Eropa. Sehingga kejuaraan Eropa berikutnya mereka bermain individual dan gagal.

Banyak gereja yang mundur gembalanya. Karena tidak ada karunia Gembala. Meskipun beliau-beliau adalah pimpinan perusahaan ternama. Juga Indonesia yang terdiri dari banyak suku dan bangsa. Bahkan PM Malaysia Mahathir Mohammad pun katakan sangat kompleks dan sulit memimpin Indonesia.

Namun Yesus berdoa harus ada kesatuan hati. Kematian Kristus, unity dengan Allah, dikorbankan untuk penebusan dosa kita semua adalah karya mujizat keselamatan yang spektakuler. Waktu menciptakan bumi juga dikatakan “mereka” sebagai satu kesatuan Bapa, Putra dan Roh Kudus. Di gereja pun harus ada kesatuan agar tidak runtuh dan akhirnya menjadi pembicaraan orang dan tidak menjadi terang Kristus.

Yohanes 17:21-23 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.  Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:  Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Kesatuan hati merupakan kharakter Kristus, sehingga dunia akan tahu bahwa Kristus yang mengutus dan bahwa ada kasih. Ketika kita mengerjakannya akan mencerminkan kemuliaan Tuhan dan kharakter Illahi. Sehingga terjadi Yesaya 48:18

Kesaksian keluarga yang tidak unity, namun karena doa pujian penyembahan mengubah arah tujuan keluarga dan bersatu dalam Ibadah membuka tingkap langit. Ajarkan kasih kepada yang terluka dan benci kepada siapapun. Ada sifat magnetis yang menarik hadirat Allah.

Unity adalah sikap yang kita pilih untuk menjadi tindakan. Ketika tindakan yang akan kita ambil tidak unity baik dalam keluarga atau gereja jangan ambil. Karena akan ada mujizat meskipun akan tetap ada riak. Tapi Tuhan tetap bawa dalam perubahan.

Paulus katakan jangan ada perselisihan dalam jemaat, sehingga tidak ada kekosongan dalam salib Kristus. Persoalan utama adalah masalah dihormati. Keputusan spiritual bukan karena “siapa” tapi karena kebenaran rohani dalam Kristus. Jangan memandang muka. Yakobus 2:1 Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia, janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka.  Dan satu sama lain saling menghargai, sehingga kita tidak dipakai menjadi benih Iblis, roh pemecah belah. Kadang keputusan tersebut menjadi terlihat tidak baik dan seperti kejam. Dan ada saatnya kita harus mau dipimpin dan ada orang lain yang terpilih memimpin. Mereka yang berkarunia pemimpin sudah siap diikuti orang dan ada yang melempari dengan batu. Tapi harus kuat karena unity.

Post truth adalah kebenaran yang dilihat dari mata hati sendiri. Bahkan orang yang rajin ke gereja pun tidak melihat apa yang harus dilakukan untuk kemajuan gereja. Seharusnya ada gereja di dalam hati kita. Bukan untuk ketenaran kita pribadi. Latihan ketaatan. Terima kasih untuk unity kebersamaan jemaat dalam pembangunan gereja, sumbangan untuk Misi, doa bersama, Persepuluhan. Paulus mendesak jemaat untuk tidak terpecah dan selalu unity untuk amanat agung is a menyampaikan kabar baik menjangkau semua orang sebanyak-banyaknya.

Silakan share :