Pdt. Agus Octavianus

Ibadah raya 1 - minggu, 31 maret 2019
Rekaman Khotbah : Pdt Agus Octavianus
Ibadah Raya 1 – Minggu, 31 Maret 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Penolongku Adalah Tuhan

Yesaya 41:8-16 Tetapi engkau, hai Israel, hamba-Ku, hai Yakub, yang telah Kupilih, keturunan Abraham, yang Kukasihi; engkau yang telah Kuambil dari ujung-ujung bumi dan yang telah Kupanggil dari penjuru-penjurunya, Aku berkata kepadamu: “Engkau hamba-Ku, Aku telah memilih engkau dan tidak menolak engkau”;  janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.  Sesungguhnya, semua orang yang bangkit amarahnya terhadap engkau akan mendapat malu dan kena noda; orang-orang yang membantah engkau akan seperti tidak ada dan akan binasa; engkau akan mencari orang-orang yang berkelahi dengan engkau, tetapi tidak akan menemui mereka; orang-orang yang berperang melawan engkau akan seperti tidak ada dan hampa.  Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.” Janganlah takut, hai si cacing Yakub, hai si ulat Israel! Akulah yang menolong engkau, demikianlah firman TUHAN, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel.  Sesungguhnya, Aku membuat engkau menjadi papan pengirik yang tajam dan baru, dengan gigi dua jajar; engkau akan mengirik gunung-gunung dan menghancurkannya, dan bukit-bukitpun akan kaubuat seperti sekam.  Engkau akan menampi mereka, lalu angin akan menerbangkan mereka, dan badai akan menyerakkan mereka. Tetapi engkau ini akan bersorak-sorak di dalam TUHAN dan bermegah di dalam Yang Mahakudus, Allah Israel

.Janganlah takut. Perkataan profetik mengakui eksistensi Tuhan. Kristen bukan slogan atau kata baik tapi iman bahwa hidup adalah keselamatan. Hidup akan lebih indah jika punya, rasa percaya diri. Namun setan tidak suka dan membuat berbagai upaya utk menjatuhkan harkat dan martabat buat kita tidak percaya diri. Ingat kita adalah anak Raja yang punya otoritas. Dan kita punya Tuhan yang menolong hidupku. Yang mampu menyediakan dari yang tidak ada jadi ada. Ini hak yang kita miliki.

4 hal yg perlu direnungkan ketika krisis percaya diri :

1) Ingat akan pengalaman panggilan Tuhan

Ayat 8. Jangan menjadi sombong sebagai hamba Tuhan yang hebat, tapi karena hamba Tuhan adalah yang merendahkan diri doulos siap jadi keset. Tuhan. Bukan karena kehebatan kita tapi karena kasih karunia. Jangan jadi lemah tapi bangkitlah hai jiwaku. Ingat kita pilihan dan biji mata Allah

 

1 Korintus 1:27  Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,

2) Percaya dan menghargai Firman Tuhan

Ayat 10. Tuhan akan mengubah setiap ketidakmampuan kita.

Kolose 3:23-24  Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.

Lakukan sesuai kehendak Tuhan maka dia akan diberi upah. Jangan andalkan diri sendiri dan jangan main2 dengan panggilan Tuhan atau bahkan tinggalkan Tuhan. Dan mujizat Tuhan akan terjadi luar biasa. Pilih dunia atau Tuhan. Tinggalkan warisan dunia pilih warisan kekal di Surga. Didik anak jadi takut akan Tuhan. Jika ada benturan kita bersyukur karena gereja adalah bengkel orang berdosa. Berdoa kirim jiwa-jiwa yang bermasalah yang stress dan belum tahu arah hidup maka mereka akan datang. Inilah masa penuaian.

 

3) Menjadikan Firman Tuhan sebagai dasar utk melangkah

Ayat 11 perlu perjuangan, tantangan terberat bukan dari luar tapi dari dalam, tidak bisa menjaga hati dan emosi. Jangan terkecoh, apalagi dengan penampilan, tapi lihat hati. Jaga panggilan itu, sekecil apapun pelayanan kita, pegang teguh jangan berbantah-bantahan, merasa diri hebat dan menyerang orang lain. Yang memilih kita adalah Tuhan. Pilih jodoh produk Surga.

 

4) Siap dan berani mengambil keputusan mengikuti rencana Allah

Ayat 14-16. Benar tidaknya kita dalam pelayanan tergantung pada buah kehidupan kita. Seperti cacing yang diangkat harkat menjadi biji mata Allah. Setia pada percaya kecil akan diberikan perkara besar. Ikuti panggilan Tuhan dengan taat. Pelayanan jangan lihat sekarang tapi janji nanti. Tuhan sediakan segala kebutuhan kehidupan kita.

 

Perkatakan senantiasa dengan Profetik : Penolongku adakah Tuhan. Dan Tuhan akan buktikan jati diri-Nya

 

Silakan share :