Bapak Purwadi Siswo Saputro

Ibadah raya 3 - minggu, 24 MAret 2019
Rekaman Khotbah : Bapak Purwadi Siswo Saputro
Ibadah Raya 3 – Minggu, 24 Maret 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Hidup Dalam Ketentraman

Hidup tenteram tentu menjadi idaman bagi semua orang dan keluarga. Tenteram artinya memiliki ketenangan jiwa, hati dan pikiran. Bukan karena kita banyak harta, memiliki jabatan tinggi atau banyak uang.

Seperti halnya Daud. Daud bukannya hidup tanpa masalah. Bukannya hidup tanpa pergumulan. Tetapi Daud tahu harus melakukan apa saat masalah itu datang. Daud tahu harus berbuat apa ketika pergumulan itu datang. Daud hanya datang kepada Tuhan. Daud hanya menyembah Tuhan.

Tuhan tidak pernah janjikan, ketika kita dekat dengan Tuhan, hidup kita terlepas dari masalah. Tapi justru sebaliknya. Permasalahan begitu banyak. Tapi Tuhan janjikan bahwa Tuhan selalu menolong kita saat kita ada dalam masalah.

Mazmur 4:1-9 Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi. Mazmur Daud. Apabila aku berseru, jawablah aku, ya Allah, yang membenarkan aku. Di dalam kesesakan Engkau memberi kelegaan kepadaku. Kasihanilah aku dan dengarkanlah doaku! Hai orang-orang, berapa lama lagi kemuliaanku dinodai, berapa lama lagi kamu mencintai yang sia-sia dan mencari kebohongan? Sela Ketahuilah, bahwa TUHAN telah memilih bagi-Nya seorang yang dikasihi-Nya; TUHAN mendengarkan, apabila aku berseru kepada-Nya. Biarlah kamu marah, tetapi jangan berbuat dosa; berkata-katalah dalam hatimu di tempat tidurmu, tetapi tetaplah diam. Sela Persembahkanlah korban yang benar dan percayalah kepada TUHAN. Banyak orang berkata: “Siapa yang akan memperlihatkan yang baik kepada kita?” Biarlah cahaya wajah-Mu menyinari kami, ya TUHAN! Engkau telah memberikan sukacita kepadaku, lebih banyak dari pada mereka ketika mereka kelimpahan gandum dan anggur. Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.

 

Mazmur tersebut menceritakan bagaimana Daud akhirnya hidup dalam ketenteraman walaupun Daud tetap ada dalam masalah.

Ada 9 karakter Daud yang bisa kita teladani dalam kehidupan kita:

  1. Percaya sepenuhnya kepada Tuhan (1 Sam 17:45)
  2. Tidak pendendam (1 Sam 24:11)
  3. Senang berdoa
  4. Berpikir dengan rasional (2 Sam 12:23)
  5. Selalu mengandalkan Tuhan (1 Sam 17:46-47)
  6. Menghormati sebuah hubungan baik (1 Sam 24:5-7)
  7. Mau mendengar kritik orang lain (2 Sam 12:13)
  8. Bertobat dengan sungguh-sungguh (2 Sam 12:16)
  9. Menyukai Firman Tuhan (Maz 119:97)

 

Dari Mazmur 4 tersebut kita juga bisa mengambil pelajaran, apa yang harus kita lakukan agar kita memiliki hidup tenteram?

  1. Berseru dan berdoa kepada Tuhan (ay. 2)
  2. Tidak menyukai khayalan dan dewa palsu (ay. 3)
  3. Mencari kasih sayang Tuhan (ay. 4)
  4. Tidak berbuat dosa walaupun dalam kondisi marah sekalipun (ay. 5)
  5. Mempersembahkan korban yang benar (ay. 6)

Jika hal tersebut diatas yang kita lakukan, maka Allah juga akan memberikan kita sukacita dan Alah akan menyinari kita dengan wajah-Nya. Amin

Silakan share :