IR 1, 2 & 3 – Minggu, 06 Mei 2018

Pdm Irwan Ambarita

Kasih Karunia dan Rahmat

(Untuk Kalangan Sendiri)

Rekaman Khotbah MP3

Ringkasan Khotbah

Hidup di dalam kasih Tuhan
1) Pentakosta pertama, 70% jadi Kristen, banyak orang tua sehingga 1000 tahun kegelapan
2) Pentakosta kedua, sehingga saat ini 30% dunia jadi Kristen
3) Yoel 2:32-38 mulai dari anak2 kecil sampai tua

Aniaya datang, kasih memudar. Yang tinggal hanya iman dan pengharapan. Semua telah tertulis dalam nubuatan kitab Wahyu.

Pentakosta ketiga, datang seperti radiasi. Secara diam2 di Ibadah anak, remaja, anak muda mendatangkan hadirat Allah. Demikian juga seperti radiasi nuklir, harus kuat menghadapi aniaya.

Keluaran 33:17-19 kasih karunia diberikan pada Musa dan bapa2 gereja, sedangkan dalam Efesus 2:4-10 diberikan oleh kematian Yesus pada semua orang karena anugerah.
Oleh karenanya semua yang kita lakukan harus untuk kemuliaan Nama Tuhan, bukan untuk urusan duniawi, pribadi dan kedagingan kita. Sehingga tidak ada gerutuan jika tidak ada penghargaan, penghormatan, pengakuan dll.

Kasih karunia adalah hak prerogratif Allah. Kita semua tidak layak, namun dilayakkan oleh karena kasih karunia tsb. Imam dalam perjanjian lama hanya satu kali setahun masuk dalam ruang maha Kudus dan wajib dalam keadaan Kudus. Jika tidak Kudus akan mati.

Karena kematian Yesus, tabir bait Allah telah terbelah, saat ini kita dapat setiap saat bertemu Tuhan di ruang Maha Kudus. Hanya dengan hati yang tulus dan murni. Kasih karunia Allah kita terima dengan respon kepada Yesus. Sehingga kemuliaan Tuhan akan melingkupi kita.

2 Korintus 6:1, jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah diterima. Terlihat pada respons saat hidup tertekan. Saat ini terlihat di posting medsos. Sebagai hamba Tuhan apalagi. Sesuai dengan destiny kita. Yudas 1:4 jangan menyalahgunakan kasih karunia dan menjadi pelampiasan. Roma 5:2 dalam kasih karunia (grace) kita berdiri dan bermegah dalam pengharapan akan kemuliaan Allah. Dan grace diberikan bersama2 rahmat (mercy) atau belas kasihan.

Kasih karunia (anugerah) bersifat umum, tergantung masing2. Kasih karunia khusus hanya yang percaya kepada-Nya, yaitu beroleh keselamatan. Respon :

1) Kis 4:12 percaya pada Yesus
2) Melakukan perbuatan baik sebagai rasa syukur kita Efesus 2:8-9

1 Kor 15:10 kerja keras, tetapi bukan karena aku, tapi karena kasih karunia Allah yang menyertai
Setiap orang telah diberikan destiny, namun bisa gagal jika kita menyia-nyiakan dan disalahgunakan
3) Bertumbuh dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan 2 Petrus 3:18
Mazmur 27:4 karena keputusan kita.

Kasih karunia yg dapat mengubahkan kita dari dosa. Karena tirai terbelah dan di belakang ada tabut Tuhan. Masuk ruang maha Kudus. Kepada kita diberikan kedahsyatan. Nikmati Ibadah agar kita bisa berhadapan dengan Tuhan. 1 Tawarikh 19:13

Silakan share :