IR1&2 – Minggu, 18 Februari 2018

Pdt. Jaliaman Sinaga

Belajar Dari Bapa Orang Beriman

(Untuk Kalangan Sendiri)

Rekaman Khotbah IR1

Rekaman Khotbah IR2

Slide Khotbah

Ringkasan Khotbah

Kejadian 12:1-4. Jadilah sesuai dengan iman mu. Tahun Permulaan Baru. Bisa jadi baru jika hidup terima Yesus. Pastikan anak kita terima Yesus. Menabur dengan cucuran air mata akan menuai dengan suka cita. Tuhan punya rencana yang indah dan besar bagi kita. Bersama Tuhan Yesus hari esok lebih baik dari hari ini.

1) Fokus pada perintah Tuhan

Abraham, Bapa orang beriman. Tiga generasi takut akan Tuhan, Abraham, Ishak dan Yakub. Jadikan Firman itu menjadi pengalaman pribadi. Fokus pada perintah Tuhan, Kej 12:1, bukan pada janji (berkat) Tuhan. Jangan fokus pada fasilitas.

Contoh perintah Tuhan. 653 hukum Taurat (moral, ceremonial, 10 perintah Allah)
1) Kasihilah istrimu, perlu urapan, dan merupakan perintah Tuhan. Efesus 5:25
2) Istri tunduk pada suamimu. Efesus 5:22
Simponio, selaras meskipun berbeda, selaras.

Pernikahan manajemen perbedaan. Menikah dengan yang kita cintai bukan tanpa masalah, bagaimana merajut cinta di tengah konflik itu seni pernikahan. Siap mencintai siap terluka, karena luka adalah bagian dari cinta. Belajar menyelesaikan perbedaan.

Efesus 4:26 kecewa, sakit hati, mampir boleh, nginap jangan, apalagi ngekost, mahal harganya. Efesus 6:4 Bapa janganlah bangkitkan amarah pada anak2. Efesus 6:1-3 perintah untuk anak2 agar panjang umurmu di bumi.

Mengasihi Tuhan = melakukan perintah-Nya Yoh 14:15. Jangan hanya mau JANJI tetapi tidak mau PERINTAH. The power of love, kasih pada Tuhan rela melakukan perintah Tuhan. Matius 6:33 carilah dahulu Kerajaan Allah maka semuanya akan ditambahkan kepadamu. 1 Timotius 6:6 Ibadah disertai rasa cukup.

2. Jangan salah fokus

Kejadian 13:6-10. Melangkahlah sesuai tuntunan Tuhan. Langkah pertama yang terpenting, maka Tuhan akan tunjukkan langkah selanjutnya. Tindakan iman. Berkat bisa membuat perpecahan. Abraham rendah hati meminta Lot memilih lebih dahulu.

Abram fokus pada perintah Tuhan, bukan pada berkat Tuhan. Kej 13:6-10. Allah minta mempersembahkan Ishak Kejadian 22:2.
Kej 12:2 menjadi bangsa yang besar
Kej 15:5 keturunanmu seperti bintang2
Kej 17:2-8 membuat engkau sangat banyaka
Bersabar akan janji Tuhan, 25 tahun menunggu sehingga Abraham sempat gagal dengan mengambil budaknya.

Silakan share :