KATEKISMUS GBI – KRISTOLOGI

KEMANUSIAAN DAN KEILAHIAN

Kristologi adalah cabang ilmu teologi yang membicarakan tentang posisi Yesus Kristus di dalam agama Kristen

Katekismus GBI Kristologi terdiri dari:

  1. PRAEKSISTENSI YESUS
  2. INKARNASI
  3. KEMANUSIAAN DAN KEILAHIAN
  4. KARYA PENEBUSAN YESUS
  5. JABATAN-JABATAN YESUS
 

KEMANUSIAAN DAN KEILAHIAN

 

1. Bagaimana Alkitab membuktikan bahwa Yesus adalah benar-benar Allah ?

 

Ia menyandang gelar “Anak Allah”

Matius 4:3 TB2 Lalu datanglah si penggoda dan berkata kepada-Nya, “Karena Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.”

 

Ia adalah Firman, Firman itu adalah Allah

Yohanes 1: 1 TB2 Pada mulanya ada Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

 

Ia mampu mengampuni dosa manusia

Matius 9: 2 TB2 Lalu dibawalah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu, “Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, dosa-dosamu sudah diampuni.”

 

Setan mengakui bahwa Yesus adalah Allah

Matius 8:29 TB2 Mereka pun berteriak, “Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Apakah Engkau kemari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?”

 

Ia mati dan bangkit dari antara orang mati

Matius 28:6 TB2 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.

 

Pengakuan prajurit yang menjaga kubur tentang Yesus

Matius 27:54 TB2 Kepala pasukan dan prajurit-prajuritnya yang menjaga Yesus menjadi sangat takut ketika mereka melihat gempa bumi dan apa yang telah terjadi, lalu berkata, “Sungguh, Orang ini Anak Allah.”
 

 

2. Bagaimana Alkitab membuktikan bahwa Yesus adalah benar-benar manusia?

 

Ia dilahirkan dari seorang perawan Maria

Lukas 1:31 TB2 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. 

 

Ia adalah keturunan Adam

Lukas 3:38 TB2 anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah.

 

Ia adalah keturunan Abraham

Matius 1:1 TB2 Inilah daftar nenek moyang Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.

 

Ia adalah keturunan Daud

Roma 1:3 TB2 tentang Anak-Nya yang secara jasmani berasal dari keturunan Daud,
Wahyu 22:16 TB2 “Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk bersaksi tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Akulah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.” 

 

Ia memiliki stuktur fisik seperti manusia lain (memiliki darah dan air)

Yohanes 19: 34 TB2 tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.

 

Ia memiliki keadaan sama seperti manusia lainnya (lapar, haus, marah, sedih)

Matius 4:2 TB2 Setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus. 
Yohanes. 19:28 TB2 Sesudah itu, karena Yesus tahu bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia — supaya digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci — “Aku haus!”
Matius 10:14 TB2 Apabila seseorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu. 
Matius. 26:38 TB2 Lalu kata-Nya kepada mereka, “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.” 
 

 

3.  Apa yang membedakan Yesus dengan manusia lainnya ?

 

Ia sungguh-sungguh seorang manusia, sebagai manusia Ia tidak berbuat dosa

2 Korintus 5:21 TB2 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.
1 Petrus 2:22 TB2 Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya. 
Ibrani 4:15 TB2 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita. Sebaliknya sama seperti kita, Ia telah dicobai, hanya saja Ia tidak berbuat dosa.
 

 

4.  Mengapa Yesus tidak berdosa ?

 

Karena Dia adalah Allah

Yohanes 20:28 TB2 Tomas menjawab Dia, “Ya Tuhanku dan Allahku!”

 

Selama di dunia Dia menjalankan kehendak Bapa-Nya

Markus 14:36 TB2 Kata-Nya, “Ya Abba, ya Bapa, segala sesuatu mungkin bagi-Mu, ambillah cawan ini dari hadapan-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki.”

 

Dia penuh dengan Roh Kudus

Lukas 1:15 TB2 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus sejak dari rahim ibunya dan 
Lukas 4:1 TB2 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari Sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun. 
 

 

3. Gelar-gelar apakah yang dikenakan kepada Yesus?

Gelar Anak Manusia

Matius 8:20 TB2 Yesus berkata kepadanya, “Rubah mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.”
Matius 9:6 TB2 Tetapi supaya kamu tahu bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” — lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu —, “Bangunlah, angkat tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!”
Matius 12:8 TB2 Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.”
Markus 3:28 TB2 Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Semua dosa dan hujat apa pun yang diucapkan anak-anak manusia akan diampuni.
Lukas 12:8 TB2 Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah. 
Lukas 19:10 TB2 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.”
Yohanes. 3:13-14 TB2
Tidak ada seorang pun yang telah naik ke surga, selain Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia.
Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, 

 

Gelar Anak Allah

Matius 4:3 TB2 Lalu datanglah si penggoda dan berkata kepada-Nya, “Karena Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.”
Matius 14: 33 TB2 Orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya, “Sesungguhnya Engkau Anak Allah.”
Markus 1:1 TB2 Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah. 
Markus 5:7 TB2 dan dengan keras ia berteriak, “Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!”
Lukas 1:32 TB2 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapak leluhur-Nya, 
Yohanes 1:34 TB2 Aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah.”
Yohanes 1:49 TB2 Kata Natanael kepada-Nya, “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”
Kisah 9: 20 TB2 Ketika itu juga ia memberitakan Yesus di rumah-rumah ibadat, dan mengatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah.

 

Gelar Tuhan

Matius 21:3 TB2 Jikalau ada orang menegur kamu, katakanlah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya.”
Matius 24:42 TB2 Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.
Lukas 2:11 TB2 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. 
Kisah. 2:36 TB2 Jadi, seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus.”
1 Kor. 12:3 TB2 Karena itu, aku mau meyakinkan kamu bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata, “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorang pun yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus.
Filipi. 2:11 TB2 dan segala lidah mengaku, “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

 

Gelar Mesias

Matius 16:15-16 TB2 Lalu Yesus bertanya kepada mereka, “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Jawab Simon Petrus, “Engkaulah Mesias, Anak Allah yang hidup!” 
Lukas 4:17-21 TB2 Kepada-Nya diberikan kitab Nabi Yesaya dan setelah membuka kitab itu, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis: Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku  untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.” Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. 21Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya, “Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya.”
Yohanes 4:25-26 TB2 Jawab perempuan itu kepada-Nya, “Aku tahu bahwa Mesias yang disebut juga Kristus, akan datang; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami.” Kata Yesus kepadanya, “Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau.”
Yohanes 7:41-42 TB2 Yang lain berkata, “Ia ini Mesias.” Tetapi yang lain lagi berkata, “Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! Bukankah Kitab Suci mengatakan bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari desa Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal?”
Yohanes 11:47 TB2 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata, “Apa yang harus kita lakukan? Sebab Orang itu membuat banyak mukjizat.
Yohanes 20:31 TB2 tetapi hal-hal ini telah dicatat, supaya kamu percaya bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya karena percaya, kamu memperoleh hidup dalam nama-Nya.
Kisah 5:42 TB2 Setiap hari mereka mengajar di Bait Allah dan di rumah-rumah dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.
Kisah 8:5 TB2 Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.
Kisah 9:22 TB2 Akan tetapi Saulus semakin besar pengaruhnya dan ia membingungkan orang-orang Yahudi yang tinggal di Damsyik, karena ia membuktikan bahwa Yesus adalah Mesias.
Kisah 17:3 TB2 Ia menerangkan dan menunjukkan kepada mereka bahwa Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati, lalu ia berkata, “Inilah Mesias, yaitu Yesus, yang kuberitakan kepadamu.”
Kisah 18:5 TB2 Ketika Silas dan Timotius datang dari Makedonia, Paulus mulai dengan sepenuhnya memberitakan firman dan bersaksi kepada orang-orang Yahudi bahwa Yesuslah Mesias.
Kisah 18:28 TB2 Sebab dengan penuh semangat ia membantah orang-orang Yahudi di depan umum dan membuktikan dari Kitab Suci bahwa Yesuslah Mesias.
Kisah 26:22-23 TB2 Tetapi dengan pertolongan Allah aku dapat hidup sampai sekarang dan bersaksi kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar. Apa yang kuberitakan itu tidak lain dari yang telah diberitahukan sebelumnya oleh para nabi dan juga oleh Musa, yaitu bahwa Mesias harus menderita dan bahwa Dialah yang pertama yang akan bangkit dari antara orang mati, dan bahwa Ia akan memberitakan terang kepada bangsa ini dan kepada bangsa-bangsa lain.” 

 

Gelar Anak Daud

Matius 1:1 TB2 Inilah daftar nenek moyang Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. 
Matius 9:27 TB2 Ketika Yesus meneruskan perjalanan-Nya dari sana, dua orang buta mengikuti-Nya sambil berseru-seru dan berkata, “Kasihanilah kami, hai Anak Daud.”
Markus 10:48 TB2 Banyak orang menegurnya supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru, “Anak Daud, kasihanilah aku!” 
Lukas18:38 TB2 Lalu ia berseru, “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!”
 

 

Sumber: Katekismus GBI – Kristologi

Silakan share :