KATEKISMUS – PROPER

EKSISTENSI ALLAH

1. Apa yang dimaksud eksistensi Allah?

Eksistensi Allah adalah keberadaan Allah yang memiliki kekuasaan, pengetahuan, dan kebijaksanaan mutlak, yang menciptakan dan mengendalikan alam semesta serta segala isinya sebagai dasar dan pusat iman Kristen, seperti terdapat dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru 

Kejadian 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
bnd. Keluaran 3:14  Firman Allah kepada Musa: ”AKU ADALAH AKU.” Lagi firman-Nya: ”Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu.”
Mazmur 90:2 Sebelum gunung-gunung dilahirkan, dan bumi dan dunia diperanakkan, bahkan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya Engkaulah Allah.
Yesaya 43:10 ”Kamu inilah saksi-saksi-Ku,” demikianlah firman Tuhan”dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.
Yohanes 1:1-3 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. 

 

2. Bagaimana menerima kebenaran tentang keberadaan Allah?

Menerima dengan iman berdasarkan bukti yang ada di alam semesta 

Roma 1:6 Kamu juga termasuk di antara mereka, kamu yang telah dipanggil menjadi milik Kristus.

Menerima dengan iman berdasarkan bukti tertulis yang ada di dalam Alkitab 

Ibrani 11:1, 6 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

 

3. Bagaimana keberadaan Allah itu?

Allah itu Roh yang tidak terbatas dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu 

Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Allah itu sempurna

Allah itu kekal

Allah itu tidak berubah-ubah dalam hakikat-Nya, kuasaNya, hikmat-Nya, kekudusan-Nya, keadilan-Nya, kebaikanNya, dan kebenaran-Nya.

Allah itu ada, hidup, berkarya dan membuat diri-Nya

Ayub 11:7-9 Dapatkah engkau memahami hakekat Allah, menyelami batas-batas kekuasaan Yang Mahakuasa? Tingginya seperti langit – apa yang dapat kaulakukan? Dalamnya melebihi dunia orang mati – apa yang dapat kauketahui? Lebih panjang dari pada bumi ukurannya, dan lebih luas dari pada samudera.
 bnd. Mazmur 90:2 Sebelum gunung-gunung dilahirkan, dan bumi dan dunia diperanakkan, bahkan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya Engkaulah Allah.
Yakobus 1:17 Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.
Keluaran 3:14 Firman Allah kepada Musa: ”AKU ADALAH AKU.” Lagi firman-Nya: ”Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu.”
Mazmur 147:5 Besarlah Tuhan kita dan berlimpah kekuatan, kebijaksanaan-Nya tak terhingga.
Wahyu 4:8 Dan keempat makhluk itu masing-masing bersayap enam, sekelilingnya dan di sebelah dalamnya penuh dengan mata, dan dengan tidak berhenti-hentinya mereka berseru siang dan malam: ”Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang.” 
Wahyu 15:4 Siapakah yang tidak takut, ya Tuhan, dan yang tidak memuliakan nama-Mu? Sebab Engkau saja yang kudus; karena semua bangsa akan datang dan sujud menyembah Engkau, sebab telah nyata kebenaran segala penghakiman-Mu.”
Keluaran 34:6 Berjalanlah Tuhan lewat dari depannya dan berseru: ”TuhanTuhan, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya,
Keluaran 3:14 Firman Allah kepada Musa: ”AKU ADALAH AKU.” Lagi firman-Nya: ”Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu.”
Keluaran 20:2 ”Akulah Tuhan, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
Yesaya 51:12 Akulah, Akulah yang menghibur kamu. Siapakah engkau maka engkau takut terhadap manusia yang memang akan mati, terhadap anak manusia yang dibuang seperti rumput,
Yeremia 4:4-10 Sunatlah dirimu bagi Tuhandan jauhkanlah kulit khatan hatimu, hai orang Yehuda dan penduduk Yerusalem, supaya jangan murka-Ku mengamuk seperti api, dan menyala-nyala dengan tidak ada yang memadamkan, oleh karena perbuatan-perbuatanmu yang jahat!” Yehuda mendapat ancaman dari utara Beritahukanlah di Yehuda dan kabarkanlah di Yerusalem: Tiuplah sangkakala di dalam negeri, berserulah keras-keras: ”Berkumpullah dan marilah kita pergi ke kota-kota yang berkubu!” Angkatlah panji-panji ke arah Sion! Cepat-cepatlah kamu mengungsi, jangan tinggal diam! Sebab Aku mendatangkan malapetaka dari utara dan kehancuran yang besar. Singa telah bangkit dari belukar, pemusnah bangsa-bangsa telah berangkat, telah keluar dari tempatnya untuk membuat negerimu menjadi tandus; kota-kotamu akan dijadikan puing, tidak ada yang mendiaminya. Oleh karena itu lilitkanlah kain kabung, menangis dan merataplah; sebab murka Tuhan yang menyala-nyala tidak surut dari pada kita. ”Pada waktu itu, demikianlah firman Tuhanraja dan para pemuka akan kehilangan semangat; para imam akan tertegun dan para nabi akan tercengang-cengang, sambil berkata: Ah, Tuhan Allahsungguh, Engkau telah sangat memperdayakan bangsa ini dan penduduk Yerusalem, dengan mengatakan: Damai kiranya ada padamu, padahal pedang telah mengancam nyawa kami!”
Yesaya 6:1-8 Dalam tahun matinya raja Uzia aku melihat Tuhan duduk di atas takhta yang tinggi dan menjulang, dan ujung jubah-Nya memenuhi Bait Suci. Para Serafim berdiri di sebelah atas-Nya, masing-masing mempunyai enam sayap; dua sayap dipakai untuk menutupi muka mereka, dua sayap dipakai untuk menutupi kaki mereka dan dua sayap dipakai untuk melayang-layang. Dan mereka berseru seorang kepada seorang, katanya: ”Kudus, kudus, kuduslah Tuhan semesta alam, seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya!” Maka bergoyanglah alas ambang pintu disebabkan suara orang yang berseru itu dan rumah itu pun penuhlah dengan asap. Lalu kataku: ”Celakalah aku! aku binasa! Sebab aku ini seorang yang najis bibir, dan aku tinggal di tengah-tengah bangsa yang najis bibir, namun mataku telah melihat Sang Raja, yakni Tuhan semesta alam.” Tetapi seorang dari pada Serafim itu terbang mendapatkan aku; di tangannya ada bara, yang diambilnya dengan sepit dari atas mezbah. Ia menyentuhkannya kepada mulutku serta berkata: ”Lihat, ini telah menyentuh bibirmu, maka kesalahanmu telah dihapus dan dosamu telah diampuni.” Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: ”Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: ”Ini aku, utuslah aku!”
Roma 1:20 Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih. 
Yohanes 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. 

 

4. Apakah Allah lebih dari satu?

Tidak! Allah hanya ada satu, yaitu Allah yang Esa (echad) 

Ulangan 6:4 Dengarlah, hai orang Israel: Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu esa!
bnd. Yeremia 10:10 Tetapi Tuhan adalah Allah yang benar, Dialah Allah yang hidup dan Raja yang kekal. Bumi goncang karena murka-Nya, dan bangsa-bangsa tidak tahan akan geram-Nya.
Yakobus 2:19 Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setan pun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar. 

 

5. Ada berapa Pribadi dalam diri Allah?

Dalam diri Allah ada tiga Pribadi, yaitu Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Ketiganya Allah yang Esa, sama dalam hal substansi-Nya, setara dalam hal kuasa dan kemuliaan-Nya 

1 Yohanes 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
bnd Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

 

6. Apa yang dimaksud Allah itu Roh?

Keberadaan Allah tidak memiliki tubuh jasmani, tidak dapa dilihat dengan mata jasmani dan menyatakan ketidakterbatasan Allah 

Yohanes 4:24 llah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”
bnd. 2 Korintus 3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan
Yohanes 1:14, 18 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

 

7. Apa bukti-bukti bahwa Allah itu hidup?

Allah memiliki kehendak, pikiran, perasaan, keputusan, bekerja, menolong, memelihara, menyelamatkan manusia dari dosa-dosa mereka 

Mazmur 40:8 Lalu aku berkata: ”Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;
Matius 6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
1 Timotius 2:3-4 Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.
Yesaya 55:8-9 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman Tuhan. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.
Yesaya 40:28 Tidakkah kautahu, dan tidakkah kaudengar? Tuhan ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya.
Kejadian 6:6 maka menyesallah Tuhan, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.
Yesaya 61:8 Sebab Aku, Tuhan, mencintai hukum, dan membenci perampasan dan kecurangan; Aku akan memberi upahmu dengan tepat, dan akan mengikat perjanjian abadi dengan kamu.
Mazmur 33:11 tetapi rencana Tuhan tetap selama-lamanya, rancangan hati-Nya turun-temurun.
Roma 11:33 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!
Kejadian 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
Yohanes 5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: ”Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga.”
Yesaya 41:13 Sebab Aku ini, Tuhan, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: ”Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.” 
Mazmur 54:4 Ya Allah, dengarkanlah doaku, berilah telinga kepada ucapan mulutku!
Mazmur 46:1 Untuk pemimpin biduan. Dari bani Korah. Dengan lagu: Alamot. Nyanyian.
Matius 6:25-34 ”Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu? Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya? Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal,  namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu. Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya? Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”
Matius 10:29-31 Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekor pun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.
Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Titus 2:11-12 Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini 
Titus 3:5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

 

8. Apakah Allah memiliki nama?

Ya, Allah memiliki nama di antaranya: YHWH, Elohim, Adonai, Theos, dan Kurios 

Keluaran 3:15 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: ”Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: Tuhan, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.
bnd. Kejadian 1:27-28 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 28Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: ”Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”
UIangan 6:4  Dengarlah, hai orang Israel: Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu esa! 
Matius 7:21-22 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. 22Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

 

9, Apa arti nama YHWH?

YHWH dikenal dengan sebutan Tetragrammaton, yaitu empat huruf nama Allah. YHWH ditulis lebih dari 6.800 kali dalam kitab-kitab Perjanjian Lama dan diterjemahkan dengan kata “TUHAN”. 

Yesaya 42:8 Aku ini Tuhan, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung. 
bnd. Zefanya 3:9 ”Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, supaya sekaliannya mereka memanggil nama Tuhan, beribadah kepada-Nya dengan bahu-membahu.

Nama YHWH sangat disegani untuk disebut oleh orang Ibrani atau orang Israel, sehingga mereka menggunakan kata Adonai yang artinya “Tuan atau Tuanku” saat wembaca tulisan YHWH di dalam kitab suci.. 

 

10. Apa arti nama Elohim (Allah)?

Elohim berarti Allah yang Mahatinggi, yang menyatakan bahwa hanya ada satu Allah yang Mahatinggi dan benar, 

Kejadian 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Bilangan 33:19 Mereka berangkat dari Ritma, lalu berkemah di Rimon-Peros.

Elohim adalah Allah pencipta alam sernesta, yaitu Allah yang disembah oleh Abraham, Ishak, dan Yakub,

 

11. Apa arti nama Adonai (Tuhan)?

Nama Adonai yang artinya “Tuan atau Tuanku” sering digunakan sebagai nama pengganti saat membaca tulisan YHWH di dalam kitab suci.

Nama YHWH sangat disegani untuk disebut oleh orang Ibrani atau orang Israel. Mereka takut bersalah ketika menyebut nama YHWH, sehingga mereka menggunakan nama Adonai.

 

10. Apa arti nama Theos?

Kata Theos jika digunakan untuk Tuhan, diterjemahkan Allah, jika untuk dewa, diterjemahkan allah. 

Yohanes 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
bnd. Galatia 4:8 Dahulu, ketika kamu tidak mengenal Allah, kamu memperhambakan diri kepada allah-allah yang pada hakekatnya bukan Allah.
1 Korintus 8:5 Sebab sungguhpun ada apa yang disebut ”allah”, baik di sorga, maupun di bumi – dan memang benar ada banyak ”allah” dan banyak ”tuhan” yang demikian –
Kisah 7:40 Kepada Harun mereka berkata: Buatlah untuk kami beberapa allah yang akan berjalan di depan kami, sebab Musa ini yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir – kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia.

 

13. Apa arti nama Kurios?

Kata Kurios berarti Tuan atau Penguasa. Dalam Perjanjian Baru diterjemahkan Tuhan yang mengacu kepada Allah. 

Lukas 1:32  Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
Lukas 2:9 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.
bnd. Kisah 5:9 Kata Petrus: ”Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar.”

Kata Kurios juga dikenakan untuk Yesus, maka menyatakan bahwa Yesus adalah Tuan dari segala tuan, Penguasa dari segala penguasa. 

Roma 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
bnd. 1 Korintus 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: ”Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: ”Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus.
Filipi 2:11 dan segala lidah mengaku: ”Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

dengan demikian ayat-ayat tersebut menyatakan bahwa Yesus adalah Allah.

 

14. Seperti apakah sifat-sifat Allah?

Sifat-sifat Allah terdiri dari:

Sifat-sifat yang dapat diberikan Allah kepada manusia.

Sifat-sifat yang tidak dapat diberikan Allah kepada manusia.

 

15. Seperti apakah sifat-sifat yang dapat diberikan Allah kepada manusia?

Sifat-sifat intelektual, di antaranya: pengetahuan pengertian, hikmat dan kebenaran. Semua manusia memiliki sifat-sifat tersebut di dalam diri mereka, meskipun mereka tidak menyadari bahwa sifat-sifat itu berasal dan Allah.

Sifat-sifat moral, di antaranya: kebaikan, kasih, kemurahan hati, kasih karunia, panjang sabar, kekudusan, kebenaran 

Roma 3:22  yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan. 
bnd. Filipi 3:9 dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.
1 Petrus 1:16  sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.
Imamat 11:44 Sebab Akulah Tuhan, Allahmu, maka haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus, sebab Aku ini kudus, dan janganlah kamu menajiskan dirimu dengan setiap binatang yang mengeriap dan merayap di atas bumi. 

 

16. Seperti apakah sifat-sifat yang tidak dapat diberikan Allah kepada manusia?

Kekekalan, artinya bahwa Allah tidak mempunyai Awal dan tidak mempunyai Akhir.

Imanensi, artinya Allah hadir di dalam dunia-Nya, tetapi bukan merupakan bagian dari dunia manusia. KehadiranNya adalah imanensi-Nya, lawan dari kemahatinggian-Nya (transendensi), Alkitab berbicara juga tentang Kemahatinggian Allah dan juga tentang imanensi-Nya. 

Yesaya 57:15 Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: ”Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk.

Sifat tidak dapat diubah: kebakaan. Allah tidak mungkin menjadi lebih baik, karena itu akan berarti bahwa Is sekarang tidak sempuma. Jelas Ia tidak mungkin menjadi lebih buruk.

Sifat bebas dari emosi dan penderitaan. Allah tidak dapat menderita.

Berdiri sendiri, bahwa Allah tidak bergantung pada siapapun dalam hal eksistensi dan kehadiran-Nya.

Keadaan tak terbatas, menyatakan bahwa Allah tida terbatas dalam hal apa pun.

Mahakuasa berarti Allah Mahakuasa di mana Ia dap melakukan segala sesuatu.

Mahahadir artinya bahwa Allah hadir di mana-mana.

Mahatahu, menyatakan bahwa Allah mengetahui sega sesuatu.

Transendensi artinya kemahatinggian Allah, berarti Allah lebih tinggi dari pada dunia ciptaan-Nya dan terpisah dari dunia, bukan bagian dari dunia.

 

Sumber: Katekismus GBI – Proper

Silakan share :