KATEKISMUS GBI – ALKITAB

INERRANCY ALKITAB

1. Apakah yang dimaksud dengan inerrancy Alkitab?

Keberadaan atau kondisi tidak mungkin salah yang dimiliki Alkitab sebagai akibat dari pengilmahan oleh Roh Kudus

 

2. Apakah pentingnya keyakinan bahwa Alkitab itu terbebas dari kesalahan?

Karena Alkitab mencerminkan sifat Allah yang sempurna, menjadi standar kebenaran di tengah maraknya ajaran palsu dan menjadi pedoman hidup bagi orang percaya.

 

3. Mengapa inerrancy Alkitab itu penting?

Ketidakkeliruan Alkitab adalah doktrin yang penting. Kalau disangkal atau diencerkan maka kekeliruan dalam doktrin dan kehidupan tidak akan terelakkan.

 

4. Apakah terjemahan / salinan Alkitab mungkin bisa keliru?

Ya. Tetapi naskah asli (autograph) tidak mungkin keliru. Naskah asli Alkitab kita memang sudah tidak ada. Namun ada beberapa salinan Alkitab tertua seperti Kodex (kumpulan kitab) Sinaiticus dari abad ke 4, Kodex Alexandrinus dari abad ke 5, Kodex Vatikanus dari abad ke 4.

 

SIFAT-SIFAT ALKITAB

 

1, Apa sajakah sifat-sifat Alkitab?

Alkitab memiliki authority 

2 Timotius 3:16 TB2 Seluruh Kitab Suci diilhamkan Allah dan bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Alkitab memiliki carity

Amsal 30:5 TB2 Semua firman Allah itu murni. Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung pada-Nya

Alkitab memiliki necessity

Mazmur.119:105 TB2 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku

Alkitab memiliki sufficiency

2 Timotius 3:16-17 TB2 Seluruh Kitab Suci diilhamkan Allah dan bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

 

2. Apakah pengertian dari Alkitab memiliki otoritas?

Artinya bahwa semua Firman dalam Alkitab adalah  Firman Allah, barang siapa tidak percaya dan tidak mentaatinya berarti tidak percaya dan mentaati Allah

Yohanes 1:1 TB2 Pada mulanya sudah ada Firman; Firman itu bersama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

 

3. Bukti-bukti apa sajakah yang menunjukkan bahwa semua tulisan dalam Alkitab adalah Firman Allah?

Pengakuan dari Alkitab itu sendiri

2 Petrus 1:19-21 TB2 Dengan demikian, kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu. Yang terutama harus kamu ketahui ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri, sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

Saat kita membaca Alkitab, kita diyakinkan oleh Roh Kudus mengenai kuasa Firman Allah

Roma 1:16 TB2 Sebab aku tidak malu terhadap Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani. 

Keakuratan dari bukti sejarah dalam Alkitab

1 Raja 14:29 TB2 Selebihnya dari riwayat Rehabeam dan segala yang dilakukanya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda

 

4. Hal-hal apa saja yang berhubungan dengan otoritas Alkitab?

Tentang kebenaran Firman Allah

Mazmur 12:6 TB2 Karena penindasan terhadap orang lemah, karena keluhan orang miskin, sekarang juga Aku bangkit, firman TUHAN; Aku akan memberi keselamatan kepada orang yang mendambakannya.
Yohanes 17:17 TB2 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; Firman-Mu itulah kebenaran.

Otoritas dalam mengubah hati setiap pembacanya

2 Timotius 3:16 TB2 Seluruh Kitab Suci diilhamkan Allah dan bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

 

5, Apakah pengertian dari Alkitab memiliki clarity?

Saat kita membaca Alkitab dengan sungguh-sungguh maka kita dapat memahaminya dengan jelas

Mazmur 19:8 TB2 Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman

Alkitab dengan jelas mengajarkan jalan keselamatan

Yohanes 14:6 TB2 Kata Yesus kepadanya, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak seorang pun  datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

 

6. Apakah pengertian dari Alkitab memiliki Necessity?

Kebutuhan bahwa Alkitab diperlukan untuk mengetahui jalan keselamatan

2 Timotius 3:15 TB2 Ingatlah juga bahwa sejak kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan melalui iman kepada Kristus Yesus. 

Kebutuhan untuk memelihara kerohanian

Yohanes 15:3 TB2 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. 

Kebutuhan untuk kita memahami dan mengetahui kehendak Allah

Mazmur 40:8 TB2 Lalu aku berkata, “Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;

Kebutuhan untuk mengetahui hukum-hukum-Nya

Yesaya 58:2 TB2 Hari demi hari mereka mencari Aku dan suka mengenal segala jalan-Ku. Seperti bangsa yang melakukan yang benar dan tidak meninggalkan hukum Allahnya mereka menanyakan hukum-hukum yang benar kepada-Ku, mereka suka mendekat kepada Allah, katanya,

 

6 Mengapa Alkitab tidak bisa menjawab kebutuhan yang berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi?

Karena Alkitab bukanlah buku scientis namun buku yang membimbing kepada jalan keselamatan serta kehidupan moral yang sesuai dengan kehendak Allah

Mazmur 119:105 TB2 Firmanmu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku

 

8. Apakah pengertian Alkitab memiliki suffiency?

Kecukupan dalam karya keselamatan Allah lewat Yesus Kristus

Yohanes 1:14 TB2 Firman itu telah menjadi manusia, dan tinggal di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh anugerah dan kebenaran.

Kecukupan dalam memahami dan mengenal eksistensi Allah yang adalah Roh

Yohanes 4:24 TB2 Allah itu Roh dan siapa saja yang menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Kecukupan dalam memahami seluruh hukum-hukum dan peraturan yang diberikan oleh Allah

Yesaya 58:2 TB2 Hari demi hari mereka mencari Aku dan suka mengenal segala jalan-Ku. Seperti bangsa yang melakukan yang benar dan tidak meninggalkan hukum Allahnya mereka menanyakan hukum-hukum yang benar kepada-Ku, mereka suka mendekat kepada Allah, katanya,

Kecukupan dalam mengenal seluruh kaidah-kaidah moral yang Allah berikan kepada manusia

Keluaran 24:12 TB2 Tuhan berfirman kepada Musa, “Naiklah menghadap Aku di atas gunung, dan tunggulah di sana. Aku akan memberikan kepadamu loh batu berisi hukum dan perintah, yang telah kutuliskan untuk diajarkan kepada mereka,”

 

9, Apakah kita masih memerlukan adanya Alkitab yang baru pada jaman ini?

Kita tidak memerlukan adanya Alkitab yang baru pada jaman ini, karena kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang terdiri dari 66 kitab (39 PL dan 27 PB) sudah menjelaskan serta memberikan gambaran yang lengkap tentang karya keselamatan Allah bagi umat manusia

Wahyu 22: 18-19 TB2 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat kitab ini, “Jika seseorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. Jikalau seseorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan kitab nubuat ini, Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini.”

 

Sumber: Katekismus GBI – Alkitab

Silakan share :