KATEKISMUS GBI - EKLESIOLOGI

NATUR DAN
EKSISTENSI GEREJA

Eklesiologi (dari bahasa Yunani ἐκκλησια, ekklesiagereja; dan λογος, logos: perkataan, firman, atau ilmubahasa Inggrisecclesiology) merupakan salah satu sub-disiplin ilmu teologi yang membahas mengenai hakikat dan fungsi gereja, berkaitan dengan identitas dan misi gereja di dalam dunia. Dalam ranah gerejawi, eklesiologi adalah rumusan teologis-sistematis mengenai pemahaman gereja tentang dirinya. (Wikipedia)

Dalam Katekismus GBI, Eklesiologi akan membahas:

A. Natur dan Eksistensi Gereja

B. Tugas Gereja

C. Gambaran Tentang Gereja

D. Sistem Pemerintahan Gereja

E. Sakramen Baptisan Air

F. Sakramen Perjamuan Kudus

 

 

NATUR DAN EKSISTENSI GEREJA

 

1. Apakah arti dari gereja itu? 

Secara etimologis, istilah gereja berasal dari bahasa Yunani ἐκκλησια (ekklesia) yang terdiri dari kata ek yang berarti “keluar dari” dan kata kalein yang berarti “mengumpulkan atau memanggil.” Berdasarkan pengertian ini, gereja dapat diartikan sebagai perkumpulan orang yang dipanggil Tuhan. Definisi tersebut tidak menunjukkan gereja sebagai sebuah bangunan, tapi kumpulan orang atau organisme.

Ada beberapa penggunaan kata gereja sebagai organisme dalam Perjanjian Baru, seperti orang-orang yang dipanggil dari antara mereka yang belum diselamatkan ke dalam sekumpulan orang percaya

1 Petrus  2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

dan persekutuan jemaat/orang percaya, baik dalam bentuk kelompok maupun gereja lokal

1 Korintus 12:28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.
Efesus 1:22 Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada.

Selain itu, Paulus juga memaknai istilah gereja sebagai sekumpulan orang yang dipanggil ke dalam persekutuan dengan Kristus

Galatia 1:22 Tetapi rupaku tetap tidak dikenal oleh jemaat-jemaat Kristus di Yudea.
Roma 8:29-30 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.
Roma 16:16 Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus.

 

2. Apa saja yang merupakan natur gereja?

Gereja mempunyai dua natur, di antaranya adalah: 

Gereja yang Tidak Kelihatan (Universal)

Gereja yang tidak kelihatan adalah gereja yang hanya dapat dilihat oleh Allah. Jadi, natur ini berarti orang percaya yang kehidupan rohaninya dilahirkan kembali. Kita dapat melihat seseorang yang menghadiri ibadah secara lahiriah, tapi kita tidak dapat melihat hati dan keadaan spiritualnya karena hanya Tuhan yang dapat melihatnya

2 Timotius 2:19 Tetapi dasar yang diletakkan Allah itu teguh dan meterainya ialah: ”Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya” dan ”Setiap orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan.”

Gereja yang tidak kelihatan terdiri dari semua orang yang ditebus serta bersifat  rohani dan surgawi, bukan dari dunia ini

Lukas 17:20-21 Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, kata-Nya: ”Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah, juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu.”

Karena itu gereja yang tidak kelihatan adalah perkumpulan orang percaya sepanjang zaman

Gereja universal (Am) adalah sekumpulan orang percaya di seluruh dunia dari segala suku bangsa dan bahasa

2 Timotius 2:19 Tetapi dasar yang diletakkan Allah itu teguh dan meterainya ialah: ”Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya” dan ”Setiap orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan.”
Ibrani 12:23 dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna, 

Mereka tidak terhubung dengan suatu lokasi atau organisasi tertentu karena Yesus adalah Kepala gerejanya

Efesus 5:23 karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. 

 

Gereja yang Kelihatan (Lokal)

Gereja yang kelihatan terdiri dari manifestasi dan penampilan dari mereka yang mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Kristen. Penampilan luar ini terdiri dari denominasi, gedung gereja, pendeta khotbah, baptisan, dan sebagainya. Berdasarkaynpengertian ini, gereja yang kelihatan mencakup semua orang yang mengaku beriman kepada Kristus dan menunjukkan bukti iman itu dalam hidup mereka.

Gereja lokal adalah sekumpulan orang beriman yang dipersatukan dengan Yesus Kristus yang berada di suat lokasi tertentu. Contohnya adalah gereja di Korintus, gereja di Tesalonika dan lain-lain.

1 Korintus 1:2 kepada jemaat Allah di Korintus, yaitu mereka yang dikuduskan dalam Kristus Yesus dan yang dipanggil menjadi orang-orang kudus, dengan semua orang di segala tempat, yang berseru kepada nama Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Tuhan mereka dan Tuhan kita. 
1 Tesalonika 1:1 Dari Paulus, Silwanus dan Timotius kepada jemaat orang-orang Tesalonika yang di dalam Allah Bapa dan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu.

 

3. Apa yang dimaksud dengan gereja misional?

Yesus Kristus diutus oleh Bapa ke dalam dunia. Kemudian, Kristus juga mengutus gereja ke dalam dunia dengan kuasa Roh Kudus

Yohanes 17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;
Yohanes 17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;
Yohanes 20:21 Maka kata Yesus sekali lagi: ”Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.” 

 

4. Apakah gereja global itu?

Gereja global adalah gereja di seluruh dunia, yaitu semua orang yang telah ditebus, diselamatkan, dan percaya kepada Yesus Kristus

Wahyu 7:9-10 Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Dan dengan suara nyaring mereka berseru: ”Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!”
Galatia 3:26-28 Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus. Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus. Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.
Kolose 1:15-20 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. 
Kolose 3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.

Namun, anggota gereja global dipisahkan oleh jarak sehingga mereka berkumpul dan beribadah di gereja Iokal masing-masing.

 

5. Dari sekian banyak denominasi yang ada, gereja manakah yang merupakan gereja yang benar? 

Sejatinya, gereja yang benar adalah kumpulan orang yang telah lahir baru dan yang terpanggil untuk menjadi milik Kristus

Roma 1:6 Kamu juga termasuk di antara mereka, kamu yang telah dipanggil menjadi milik Kristus.
1 Korintus 1:24 tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

 

Gereja yang memiliki doktrin yang Alkitabiah

1 Timotius 4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.
Titus 2:7 dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu, 

 

Gereja yang melaksanakan tugas dan panggilan

Efesus  4:11-16 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, – yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota – menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih

 

Gereja yang melaksanakan sakramen perjamuan kudus dan sakramen baptisan air

1 Korintus 11:23-26 Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: ”Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!”  Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: ”Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!” Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.

 

6. Apakah gereja penuh dengan orang berdosa?

Gereja dipenuhi dengan orang-orang yang bergulat dengan berbagai dosa dalam hidup mereka. Dengan menjadi orang percaya, maka kita mengenali dosa-dosa kita, berupaya untuk berpaling darinya, dan berjuang untuk menjadi serupa dengan Kristus. Jadi, gereja tidak hanya terdiri dari orang-orang kudus/suci saja, tapi juga orang berdosa yang sedang memperbaiki hidupnya sebagai manusia baru sesuai dengan firman-Nya

 

Efesus 4:17-32 Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka. Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran. Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus. Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus, yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya. Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota. Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis. Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan. Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia. Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

 

7. Ada banyak gereja yang tutup saat ini, ada jemaatnya yang pindah, dan ada juga persembahan yang kurang sehingga operasional gereja tidak tercukupi. Bagaimana mengatasinya?

Pertama, jika jemaat pindah gereja karena alasan pekerjaan, pendidikan, dan pernikahan, maka gereja tidak dapat melarang mereka. Namun, jika mereka pindah karena gerejanya tidak melayani dengan benar, maka gembala dan seluruh pelayan-Nya wajib mengevaluasi pelayanan mereka.

Kedua, jika persembahan kurang sehingga gereja harus ditutup, maka gereja perlu mengajarkan makna persembahan kepada jemaatnya. Walaupun mereka tidak dipanggil sebagai pelayan fulltime, namun mereka juga harus melayani dengan memberikan persembahan untuk mendukung pelayanan fulltime itu. Alasannya karena Tuhan mengajarkan salah satu bentuk kekudusan hidup, yaitu menyokong pelayanan gerejawi

Imamat 27:30-33 Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik Tuhan; itulah persembahan kudus bagi Tuhan. Tetapi jikalau seseorang mau menebus juga sebagian dari persembahan persepuluhannya itu, maka ia harus menambah seperlima. Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi Tuhan. Janganlah dipilih-pilih mana yang baik dan mana yang buruk, dan janganlah ditukar; jikalau orang menukarnya juga, maka baik hewan itu maupun tukarnya haruslah kudus dan tidak boleh ditebus.”
Bilangan 18:1-32 Kewajiban dan penghasilan imam dan orang Lewi
UIangan 14:22-29  ”Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun. Di hadapan Tuhan, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan Tuhan, Allahmu. Apabila, dalam hal engkau diberkati Tuhan, Allahmu, jalan itu terlalu jauh bagimu, sehingga engkau tidak dapat mengangkutnya, karena tempat yang akan dipilih Tuhan untuk menegakkan nama-Nya di sana terlalu jauh dari tempatmu, maka haruslah engkau menguangkannya dan membawa uang itu dalam bungkusan dan pergi ke tempat yang akan dipilih Tuhan, Allahmu, dan haruslah engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk anggur atau minuman yang memabukkan, atau apa pun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan Tuhan, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu. Juga orang Lewi yang diam di dalam tempatmu janganlah kauabaikan, sebab ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau. Pada akhir tiga tahun engkau harus mengeluarkan segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu dalam tahun itu dan menaruhnya di dalam kotamu; maka orang Lewi, karena ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau, dan orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu, akan datang makan dan menjadi kenyang, supaya Tuhan, Allahmu, memberkati engkau di dalam segala usaha yang dikerjakan tanganmu.”

Jadi,  persembahan itu harus dikumpulkan agar tidak ada yang mengalami kekurangan dalam gereja

Keluaran 16:16-18 Beginilah perintah Tuhan: Pungutlah itu, tiap-tiap orang menurut keperluannya; masing-masing kamu boleh mengambil untuk seisi kemahnya, segomer seorang, menurut jumlah jiwa.” Demikianlah diperbuat orang Israel; mereka mengumpulkan, ada yang banyak, ada yang sedikit. Ketika mereka menakarnya dengan gomer, maka orang yang mengumpulkan banyak, tidak kelebihan dan orang yang mengumpulkan sedikit, tidak kekurangan. Tiap-tiap orang mengumpulkan menurut keperluannya.bnd. 2 Korintus 8:15 Seperti ada tertulis: ”Orang yang mengumpulkan banyak, tidak kelebihan dan orang yang mengumpulkan sedikit, tidak kekurangan.”

 

8. Jika ada gereja yang memindahkan/menarik jemaat lain bukan menarik petobat-petobat baru, bagaimana respon gereja?

Untuk menanggapi persoalan ini, kita perlu melihat dari beberapa sudut pandang. Jika ada gereja menarik jemaat dari gereja sesat, maka tindakan ini dapat dibenarkan karena mereka menyelamatkan jemaat itu dari ajaran yang salah Namun, jika suatu gereja menarik jemaat dari sesama gereja yang benar, maka tindakan ini jelas salah karena gereja tersebut biasanya memiliki maksud tertentu ketika “mencuri’ jemaat lain. Misalnya, gereja ingin memanfaatkan kekayaan atau ketenarannya sehingga dia “diculik” untuk beribadah di sana. Jika ada jemaat yang pindah, maka gereja tidak boleh menuduh gereja lain karena semua jemaat adalah milik Tuhan bukan gembala.

Yohanes 10:14-15 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. 

Seharusnya, gereja introspeksi diri apakah telah melayani dan memberi makan seluruh dombanya dengan baik atau belum. Jadi, hal yang terpenting untuk gereja lakukan adalah meningkatkan kualitas jemaat terlebih dahulu. Dengan demikian, kuantitas jemaatnya pun juga ikut meningkat.

 

9. Apakah gereja dapat dianggap sebagai franchise atau bentuk sa sama usaha antar pemilik merek dagang?

Jika pelayan-pelayan gereja menganggap gereja sebagai tempat berbisnis, maka mereka sedang melanggar firman Tuhan. Di dalam suratnya, Petrus melarang para pengurus gereja untuk mencari keuntungan pribadi

1 Petrus 5:2 Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.

Mereka harus mengabdi kepada Tuhan, bukan mengambil kesempatan untuk berbisnis tanpa sepengetahuan jemaat. Sama halnya dengan Paulus yang menegaskan bahwa gembala dan pelayan lainnya tidak boleh menjadi hamba uang

1 Timotius. 3:3 bukan peminum, bukan pemarah melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang, 

Karena uang dapat menjauhkan mereka dari kebenaran

1 Timotius 6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Seharusnya, setiap pengurus gereja mencerminkan ajaran Kristus dalam seluruh aspek kehidupannya.

 

10. Apakah gereja merupakan identitas kumpulan orang-orang percaya atau hanya sebagai bangunan dari suatu institusi?

Istlah gereja mengacu pada identitas kumpulan orang-orang percaya dan sekaligus bangunan dari suatu institusi. Sebagai institusi, gereja merupakan bangunan atau gedung tempat orang percaya beribadah, seperti yang dipahami oleh banyak orang. Berbeda dengan itu, sebagai identitas, gereja juga merupakan perkumpulan orang percaya dari seluruh dunia yang telah diselamatkan dan dipanggil Allah untuk bersekutu bersama sebagai jemaat di bangunan gereja itu

Matius 16:18 Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
1 Korintus. 1:9 Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.

Jadi, istilah gereja dapat dipahami sesuai dengan konteks yang sedang dibahas, baik sebagai tempat Ibadah maupun komunitas orang percaya.

 

 

Sumber: Katekismus GBI – Eklesiologi

 

 

Silakan share :