KATEKISMUS GBI – PNEUMATOLOGI

KEPRIBADIAN ROH KUDUS

Pneumatologi mengacu pada disiplin tertentu dalam teologi Kristen yang berfokus pada studi tentang Roh Kudus.

Dalam Katekismus GBI terbagi menjadi beberapa bagian sbb:

A. Kepribadian Roh Kudus

B. Buah Roh Kudus

C. Karunia Roh Kudus

D. Baptisan Roh

E. Bahasa Lidah

F. Peperangan Rohani

 

KEPRIBADIAN ROH KUDUS

1 Siapakah Roh Kudus itu?

Roh Kudus adalah Penolong yang diutus Tuhan Yesus untuk menyertai orang percaya. Ia adalah Roh Kebenaran yang diam di dalam diri orang percaya dan menyertainya

Yohanes 14:16-17 TB2 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Penghibur yang diutus Bapa dalam nama Yesus untuk mengajar segala sesuatu bagi murid Tuhan

Yohanes 14: 26 TB2 tetapi Penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Roh Kudus adalah Roh Kebenaran yang akan bersaksi tentang Yesus

Yohanes 15:26 TB2 Jikalau Penolong yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. 
Yohanes 16:7 TB2 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penolong itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

2. Mengapa Roh Kudus disebut sebagai Allah?

Roh Kudus adalah Allah. Ia adalah Pribadi ketiga dari Trinitas. Karena itu, Roh Kudus setara dengan Allah Bapa dan Allah Anak

Roh Kudus berbeda dengan Pribadi lain dalam Trinitas, Ia berbeda dengan Pribadi Allah

Matius 3:16 TB2 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
bnd. Matius 28:19 TB2 Karena itu, pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
Roma 5:16 TB2 Dan karunia itu tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi pemberian karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran. 
2 Korintus 1:21 TB2 Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi
Roh Kudus adalah Pribadi yang berbeda dengan Yesus 
Yohanes 14:16 TB2 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
bnd. Yohanes 15:26 TB2 Jikalau Penolong yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
Yoh. 16:7 TB2 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penolong itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

Pengenalan akan Roh Kudus sama dengan pengenalan terhadap kedua Pribadi Allah yang lainnya

Kisah. 5:3-4 TB2 Tetapi Petrus berkata, “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”

Sebagai Allah, Roh Kudus layak menerima penghormatan, penghargaan dan kemuliaan yang sama.

3. Seperti apa sifat keilahian Roh Kudus dalam kaitannya dengan ke-Allah-an?

Roh Kudus adalah Allah, karena itu keilahian Roh Kudus ada di dalam keberadaan diri-Nya.

Roh disebut Allah
Kisah 5:3-4 TB2 Tetapi Petrus berkata, “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”
Roh disebut Tuhan
2 Korintus 3:17 TB2 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Tuhan, di situ ada kemerdekaan. 
Roh disebut Roh
Bilangan 11:17 TB2 Aku akan turun dam berbicara dengan engkau di sana, lalu mengambi lsebagian dari Roh yang ada padamu dan menaruhnya pada mereka, supaya bersama engkau mereka akan memiklu tanggung jawab atas bangsa itu dan engkau tidak perlu lagi memikulnya seorang diri. 
bnd. 1 Tawarikh 12:18 TB2 Lalu Roh menguasai Amasai, pemimpin ketiga puluh orang itu, katanya, Kami ini di pihakmu, hai Daud, dan besertamu, hai Anak Isai! Damai sejahtera, damai sejahtera dan damai sejahtera bagi penolongmu, sebab Allahmu ialah penolongmu! Kemudian Daud menerima mereka dan mengangkat mereka menjadi kepala pasukan.
Yesaya 32:15 TB2 sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan, kebun buah-buahan akan dianggap hutan,
Yehezkiel 8:3 TB2 Dia mengeluarkan sesuatu yang berbentuk tangan dan dipegang-Nya jambul kepalaku. Lalu Roh itu mengangkat aku ke antara langit dan bumi serta membawa aku dalam penglihatan-penglihatan ilahi ke Yerusalem dekat pintu gerbang pelataran dalam yang menghadap utara, di mana terdapat berhala kecemburuan, yang menimbulkan cemburu.
Markus 1:12 TB2 Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun.
Yohanes 7:39 TB2 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.
Roh diidentikkan dengan Yahweh
Bilangan 24:2 TB2 Ketika Bilem melayangkan pandangnya dan melihat orang Israel berkemah menurut suku mereka, Roh Allah menghinggapi dia.
bnd. Bilangan 24:3-13
Kisah 7:51 TB2 Hai orang-orang yang keras kepala, yang keras hati dan tuli, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.
Kisah 28:25-27 TB2 Lalu bubarlah pertemuan itu tanpa ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan hal yang satu ini, “Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan Nabi Yesaya: Pergilah kepada bangsa ini dan katakanlah: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.
1 Korintus 2:12 TB2 Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. 
Ibrani 3:7-9 TB2 Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus, “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,  8janganlah keraskan hatimu seperti dalam pemberontakan pada waktu pencobaan di padang gurun, di mana nenek moyangmu mencobai Aku dengan menguji Aku, sekalipun mereka melihat perbuatan-perbuatan-Ku, empat puluh tahun lamanya.
Ibrani 10:15-17 TB2 Dan Roh Kudus juga memberi kesaksian kepada kita, sebab setelah Ia berfirman, “Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah hari-hari itu,” firman Tuhan lagi, “Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka, dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan pelanggaran mereka.”
2 Petrus 1:21 TB2 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.
Roh dikatakan sebagai Allah
Matius 12:32 TB2 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia berkata-kata menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak. 
bnd. Markus 3:29 TB2 Tetapi siapa saja yang menghujat Roh Kudus tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa yang kekal.” 
1 Korintus 3:16 TB2 Tidak tahukah kamu bahwa kamu sekalian adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?
1 Korintus 6:19 TB2 Atau tidak tahukah kamu bahwa tubuh kamu semua adalah bait Roh Kudus yang tinggal di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 
Efesus 2:22 TB2 Di dalam Dia kamu juga turut dibangun menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.

4. Bagaimana relasi atau hubungan Roh Kudus dengan Pribadi-pribadi Allah lainnya?

 

Roh dan Bapa.

Beberapa sebutan yang mengungkap relasi antara Roh dan Bapa terlihat antara lain:

Roh-Nya

Bilangan 11:29 TB2 Tetapi Musa berkata kepadanya,”Apakah engkau begitu giat mendukung diriku? Ah, kalau saja seluruh umat TUHAN menjadi nabi, karena TUHAN memberi Roh-Nya kepada mereka!”
bnd. Yesaya 34:16 TB2 Carilah di dalam kitab TUHAN dan bacalah: Tidak satu pun dari semua makhluk itu terlewatkan da tidak ada yang tanpa pasangannya; sebab demikianlah perintah yang keluar dari mulut TUHAN, dan Roh-Nya sendiri telah mengumpulkan mereka.
Yesaya 48:16 TB2 Mendekatlah kepada-Ku, dengarlah ini: Dari dahulu tidak pernah Aku berbicara dengan rahasia dan pada waktu hal itu terjadil Aku ada di situ.” Sekarang, Tuhan ALLAH mengutus aku dengan Roh-Nya
Zakaria 7:12 TB2 Mereka membuat hati mereka keras seperti intan, supaya jangan mendengar pengajaran dan firman yang disampaikan TUHAN Semesta Alam melalui Roh-Nya dengan perantaraan para nabi yang dahulu. Oleh sebab itu datanglah murka yang hebat dari TUHAN Semesta Alam
1 Korintus 2:10 TB2 Kepada yang seorang, Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mukjizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang, Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa lidah, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa lidah itu. 
Galatia 3:5 TB2 Jadi, bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan melakukan mukjizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?
Efesus 2:22 TB2 Di dalam Dia kamu juga turut dibangun menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.
1 Tesalonika 4:8 TB2 arena itu, siapa yang menolak ini bukanlah menolak manusia, melainkan menolak Allah yang telah memberikan juga Roh-Nya yang kudus kepada kamu.

Roh-Ku

Kejadian. 6:3 TB2 Berfirmanlah TUHAN, “Roh-Ku tidak akan tinggal di dalam manusia selamanya karena manusia itu daging. Umrnya hanya akan mencapai seratus dua puluh tahun saja
Yesaya 30:1 TB2 Sunguh celaka anak-anak yang suka memberontak, demikianlah firman Tuhan, yang melaksanakan rancangan yang bukan dari-Ku, yang memasuki persekutuan yang bukan oleh dorongan Roh-Ku, sehingga mereka menimbun dosa demi dosa.
Yesaya 42:1 TB2 Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang plihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku padanya, suaaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.
Yesaya 44:3 TB2 Sebab, Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tanah yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.
Yesaya 59:21 TB2 Inilah perjanjian-Ku dengan mereka, firman TUHAN, Roh-Ku yang menghinggapi engkau dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulutmu tidak akan meninggalkan mulutmu serta mulut keturunanmu dan keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, firman TUHAN.
Yehezkiel 36:27 TB2 Roh-Ku akan Kutaruh dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku serta melakukannya.
Yoel 2:28 TB2 Akan terjadi kemudian, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, taruna-tarunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.
Zakaria 4:6 TB2 Ia menjawab lagi, katanya kepadaku, “Inilah firman TUHAN, kepada Zerubabael, bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHANSemesta Alam.

Roh Allah

Kejadian 1:2 TB2 Bumi belum berbentuk dan kosong. Gelap gulita meliputi samudra semsata, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
Keluaran 31:3 TB2 dan memenuhi dia dengan Roh Allah, dengan hikmat, pengertian, pengetahuan, dan berbagai keahlian
Biangan 24:2 TB2 Ketika Bileam melayangkan pandangnya dan melihat orang Israel berkemah menurut suku mereka, Roh Allah menghinggapi dia.
1 Samuel 10:10 TB2 Ketika mereka sampai di Gibea dari sana, bertemulah serombongan nabi dengan Saul. Roh Allah tiba-tiba menguasainya dan ia mengalami kepenuhan bersama nabi-nabi, orang berkata satu sama lain, “Apa gerangan yang terjadi dengan anak Kis? apakah Saul juga termasuk nabi?”
1 Samuel 11:6 TB2 Ketika Saul mendengar perkataan itu, Roh Allah menguasai dia dan bangkitlah amarahnya dengan dahsyat
1 Samuel 19:20 TB2 Lalu Saul mengirim orang-orang suruhan untuk menangkap Daud. Tetapi, mereka melihat sekumpulan nabi sedang kepenuhan yang dipimpin oleh Samuel. Roh Allah juga menguasai orang-orang suruhan Saul, sehingga mereka pun kepenuhan seperti nabi.
2 Tawarikh 15:1 TB2 Azarya bin Oded dihinggapi Roh Allah
2 Tawarikh 24:20 TB2 Lalu Zakharia, anak Imam Yoyada, dikuasai roh Allah. Ia berdiri di hadapan rakyat dan berkata kepada mereka, “Beginilah firman Allah: Mengapa kamu melanggar perintah-perintah Tuhan, sehingga kamu tidak beruntung? Oleh karena kamu meninggalkan TUHAN, Ia pun meninggalkan kamu!”
Ayub 33:4 TB2 Roh Allah telah menjdikan aku, dan napas Yang Maha Kuasa membuat aku hidup
Roma 8:9 TB2 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah tinggal di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
Roma 11:1 TB2 Karena itu, aku bertanya: Mungkinkah Allah telah membuang umat-Nya? Sekali-kali tidak! Karena aku sendiri pun orang Israel, dari keturunan Abraham, dari suku Benyamin.
1 Korintus 2:11 TB2 Siapa di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.
1 Korintus 3:16 TB2 Tidak tahukah kamu bahwa kamu sekalian adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?
1 Korintus 6:11 TB2 Beberapa orang di antara kamu memang demikian dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.
1 Petrus 4:14 TB2 Berbahagialah kamu, jika kamu dihina karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.
1 Yohanes 4:20 TB2 Jikalau seseorang berkata, “Aku mengasihi Allah,” tetapi ia membenci saudara seimannya, maka ia adalah pendusta, karena siapa yang tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah yang tidak dilihatnya.

Roh yang membangkitkan Yesus dari kematian

Roma 8:11 TB2 Jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, tinggal di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya yang tinggal di dalam kamu.

Roh Yahwe

Hakim 3:10 TB2 Roh TUHAN menghinggapi dia dan ia menjadi hakim atas orang Israel. Ia maju berperang, lalu TUHAN menyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya, sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim
Hakim 6:34 TB2 Pada waktu itu, Roh TUHAN menguasai Gideon, lalu ia meniup sangkakala dan mengerahkan kaum Abiezer mengikuti dia.
Hakim 11:29 TB2 Lalu Roh TUHAN menghinggapi Yefta. Ia melintasi daerah Gilead dan daerah Manasye. Kemudian ia melintasi Mizpa di Gilead dan dari Mizpa di Gilead ia melintas ke daerah bani Amon
Hakim 13:25 TB2  Lalu Roh TUHAN mulai mengobarkan hatinya di Mahane-Dan yang terletak di antara Zora dan Estaol.
Hakim 14:6 TB2 Seketika itu Roh TUHAN menguasai Simson, sehingga singa itu dicabiknya seperti mencabik anak kambing, dengan tangan kosong. Tetapi, ia tidak menceritakan kepada ayah atau ibunya apa yang sudah dilakukannya.
Hakim 15:14 TB2 Ketika ia sampai ke Lehi, orang Filistin mendatangi dia sambil bersorak-sorai. Lalu Roh TUHAN menguasainya, sehingga tali-tali pada tangannya menjadi seperti batang rami yang habis dilalap api dan segala pengikatnya luluh dari tangannya.
1 Samuel 10:6 TB2 Roh TUHAN akan menguasai engkau dan engkau akan mengalami kepenuhan seperti nabi bersama mereka. Engkau akan berubah menjadi manusia lain.
2 Samuel 23:2 TB2 Roh TUHAN berbicara dengan perantaraanku, firman-Nya ada di lidahku;
2 Raja 2:16 TB2 Kata mereka kepadanya, “Lihat! Di antara hamba-hambamu ini ada lima puluh laki-laki yang tangkas, Biarlah mereka pergi mencari tuanmu, jangan-jangan Roh TUHAN mengangkat dan melemparkan dia ke atas salah satu gunung atau ke dalam salah satu lembah.
2 Tawarikh 20:14 TB2 Lalu Yehezkiel bin Zakharia bin Benaya bin Yeiel bin Mattania, seorang Lewi dari bani Asaf, dikuasai Roh TUHAN di tengah-tengah jemaah,
Yesaya 11:2 TB2 Roh TUHAN akan tinggal padanya, roh hikmat dan pengertian, roh perencanaan dan keperkasaan, roh untuk mengenal dan takut akan TUHAN;
Yesaya 40:13 TB2 Siapa yang dapat mengatur Roh TUHAN atau memberi petunjuk kepada-Nya sebagai penasihat-Nya?
Yesaya 63:11 TB2 Lalu teringatlah umat-Nya akan zaman dahulu, zaman Musa: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama dengan para gembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh-Nya yang kudus dalam diri mereka;
Yehezkiel 11:5 TB2 Roh TUHAN meliputi aku dan TUHAN berfirman kepadaku, “Katakanlah, beginilah firman TUHAN: Kamu berkata seperti itu, hai kaum Israel, dan Aku tahu apa yang timbul dalam hatimu.
Yehezkiel 37:1 TB2 Kuasa TUHAN meliputi aku, dan Ia membawa aku ke luar dengan perantaraan Roh-Nya. Ia menempatkan aku di tengah-tengah lembah, dan lembah ini penuh dengan tulang-tulang.

Roh Allah yang hidup

2 Korintus 3:3 TB2 Karena telah ternyata bahwa kamulah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia. 

Roh TUHAN

Yesaya 11:2 TB2 Roh TUHAN akan tinggal padanya, roh hikmat dan pengertian, roh perencanaan dan keperkasaan, roh untuk mengenal dan takut akan TUHAN;
Kisah 5:9 TB2 Kata Petrus, “Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar.” 
Kisah 8:39 TB2 Setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba membawa Filipus pergi dan pegawai istana itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.

Roh Tuhan yang berdaulat/berkuasa

Yesaya 61:1 TB2 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, karena TUHAN telah mengurapi aku. Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kelepasan dari penjara kepada orang-orang yang terkurung,

Roh Bapa-Mu

Matius 10:20 TB2 Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.

Roh-Mu

Nehemia 9:20 TB2 Engkau memberikan kepada mereka Roh-Mu yang baik untuk mengajar mereka. Juga manna-Mu tidak Kautahan dari mulut mereka dan Engkau memberikan air kepada mereka untuk melepaskan dahaga.

 

 

Roh dan Anak

Roh Kristus

Roma 8:9 TB2 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah tinggal di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
1 Petrus 1:11 TB2 Mereka pun meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya bersaksi tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.

Roh Anak-Nya

Galatia 4:6 TB2 Karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru, “Ya Abba, ya Bapa!”

Roh Yesus

Kisah 16:7 TB2 Setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.

Roh Yesus Kristus

Filipi 1:19 TB2 karena aku tahu bahwa kesudahan semuanya ini ialah keselamatanku oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus.

5. Bagaimana kesamaan kualitas Roh Kudus dalam ke-Allah-an?

Kualitas keilahian Roh  Kudus terlihat dalam banyak hal antara lain:

Kekal

Yohanes 14:16 TB2 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
bnd. Ibrani 9:14 TB2 erlebih lagi darah Kristus, yang melalui Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tidak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

Baik

Nehemia 9:10 TB2 Engkau telah memperlihatkan tanda-tanda dan mukjizat-mukjizat di hadapan Firaun dan semua pegawainya serta seluruh rakyat negerinya, karena Engkau mengetahui mereka berlaku angkuh terhadap nenek moyang kami. Dengan demikian Engkau sendiri telah membuat nama-Mu masyhur sebagaimana nyata hari ini.
Mazmur 143:10 TB2 Ajarlah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya Roh-Mu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!

Kudus

Mazmur 51:13 TB2 Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dariku!
bnd Yesaya 63:10 TB2 Namun, mereka memberontak dan mendukakan Roh-Nya yang kudus; maka Ia berbalik menjadi musuh, dan Ia sendiri berperang melawan mereka.
Markus 1:8 TB2 Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.”
Lukas 1:35 TB2 Jawab malaikat itu kepadanya, “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
Yohanes 14:26 TB2 tetapi Penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
Kisah 1.8 TB2 Tetapi kamu akan menerima kuasa bilamana Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” 
Kisah 7:51 TB2 Hai orang-orang yang keras kepala, yang keras hati dan tuli, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu. 
Roma 1:4 TB2 dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati bahwa Dialah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita.
Roma 5:5 TB2 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita. 
Roma 14:17 TB2 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita dalam Roh Kudus.
Roma 15:13 TB2 Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.
Roma 15:16 TB2 yaitu bahwa aku menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa lain sebagai imam dalam pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa lain dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.
1 Korintus 6:19 TB2 Atau tidak tahukah kamu bahwa tubuh kamu semua adalah bait Roh Kudus yang tinggal di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 
2 Korintus 6:6 TB2 dalam kemurnian hati, pengetahuan, kesabaran, dan kemurahan hati; dalam Roh Kudus dan kasih yang tulus ikhlas;
Efesus 1:13 TB2 Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.
Efesus 4:30 TB2 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. 

Satu Yang Kudus

1 Yohanes 2:20 TB2 Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya. 21Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahui bahwa tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran.

Kasih

Roma 15:30 TB2 Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih yang bersumber dari Roh, aku menganjurkan kamu, Saudara-saudara, untuk bergumul bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku,

Mahaada

Yohanes 14:16 TB2 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
Efesus 2:18 TB2 karena melalui Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.

Mahatahu

Yesaya 40:13 TB2 Siapa yang dapat mengatur Roh TUHAN atau memberi petunjuk kepada-Nya sebagai penasihat-Nya?
Yohanes 14:26 TB2 tetapi Penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
Yohanes 16:13 TB2 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
1 Korintus 2:10 TB2 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

Kuasa

Roma 15:13 TB2 Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.
bnd. 1 Korintus 12:4-6 TB2 Ada berbagai karunia, tetapi satu Roh.  Ada berbagai pelayanan, tetapi satu Tuhan. Ada pula berbagai perbuatan ajaib, tetapi Allah yang sama juga yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
2 Korintus 3:17 TB2 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Tuhan, di situ ada kemerdekaan.
1 Petrus 3:17 TB2 Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, daripada menderita karena berbuat jahat.

Kuasa yang Mahatinggi

Lukas 1:35 TB2 Jawab malaikat itu kepadanya, “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. 

Roh kemuliaan

1 Petrus 4:14 TB2 Berbahagialah kamu, jika kamu dihina karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

Roh anugerah

Ibrani 10:29 TB2 Bayangkan betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas orang yang menginjak-injak Anak Allah dan menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan menghina Roh anugerah!

Roh kehidupan

Roma 8:2 TB2 Sebab hukum Roh yang memberi hidup telah memerdekakan engkau dalam Kristus Yesus dari hukum dosa dan hukum maut.

Roh kebenaran

Yohanes 14:16 TB2 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

6. Indikator-indikator apa sajakah yang membuktikan bahwa Roh Kudus adalah Pribadi?

Dalam Alkitab terdapat ayat yang menunjukkan pribadi Roh Kudus, antara lain:

Roh memiliki kecerdasan/pikiran

Yesaya 11:2 TB2 Roh TUHAN akan tinggal padanya, roh hikmat dan perngertian, roh perencanaan dan keperkasaan, roh untuk mengenal dan takut akan TUHAN;
bnd. Yohanes 14:26 TB2 tetapi Penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
Roma 8:27 TB2 Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, memohon untuk orang-orang kudus. 
1 Korintus 2:10 TB2 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 
1 Korintus 12:8 TB2 Sebab kepada yang seorang, Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. 

Roh memiliki emosi

Yesaya 63:10 TB2 Namun, mreka memberontak dan mendukakan Roh-Nya yang kudus; maka Ia berbalik menjadi musuh, dan Ia sendiri berperang melawan mereka.
bnd Roma 15:30 TB2 Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih yang bersumber dari Roh, aku menganjurkan kamu, Saudara-saudara, untuk bergumul bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku,
Efesus 4:30 TB2 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. 

Roh memiliki kehendak

1 Korintus 12:11 TB2 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

Roh menghibur

Kisah 9:31 TB2 Selama beberapa waktu jemaat di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan dan jumlahnya bertambah besar oleh pertolongan Roh Kudus.

Roh berbicara

Kisah 13:2 TB2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus, “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”

Roh berdoa

Roma 8:26 TB2 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri menyampaikan permohonan kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Roh mengajar

Yohanes 14:26 TB2 tetapi Penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
1 Korintus 2:3 TB2 Aku juga telah datang kepadamu dalam kelemahan dan dengan sangat takut dan gentar. 

Roh melarang

Kisah 16:6 TB2 Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.

Roh melakukan mujizat-mujizat

Kisah 19:6 TB2 etika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa lidah dan bernubuat. 

Roh mengetahui segala sesuatu

1 Korintus 2:10-11 TB2 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. Siapa di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.

Roh sedih karena manusia sering melakukan perbuatan dosa

Efesus 4:4 TB2 Satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, 

Roh memimpin kita ke dalam kebenaran dengan cara mendengar, berbicara, dan menunjukkan

Yohanes 16: 13 TB2 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Roh meyakinkan akan dosa

Yohanes 16:7-9 TB2 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penolong itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;

7. Sebagai Pribadi, perbuatan apa yang dapat diperlakukan manusia terhadap Roh Kudus?

Roh dapat dihujat

Matius 12:31 TB2 Karena itu, Aku berkata kepadamu: Semua dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni.
bnd. Markus 3:28 TB2 Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Semua dosa dan hujat apa pun yang diucapkan anak-anak manusia akan diampuni.

Roh dapat didukakan

Yesaya 63:10 TB2 Namun, mreka memberontak dan mendukakan Roh-Nya yang kudus; maka Ia berbalik menjadi musuh, dan Ia sendiri berperang melawan mereka.
Efesus 4:30 TB2 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

Roh dapat didustai

Kisah 5:3 TB2 Tetapi Petrus berkata, “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? 

Roh dapat dihina

Ibrani 10:29 TB2 Bayangkan betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas orang yang menginjak-injak Anak Allah dan menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan menghina Roh anugerah! 

Roh dapat ditaati

Kisah 10:19 TB2 Ketika Petrus sedang berpikir tentang penglihatan itu, berkatalah Roh kepadanya, “Ada tiga orang sedang mencari engkau.

Roh dapat dipadamkan

1 Tesalonika 5:19 TB2 Janganlah padamkan Roh, 

Roh dapat ditolak

Kisah 6:9 TB2 Tetapi tampillah beberapa orang dari jemaat Yahudi yang disebut Orang-orang Merdeka — mereka berasal dari Kirene dan Aleksandria — bersama dengan beberapa orang Yahudi dari Kilikia dan dari Asia. Mereka berdebat dengan Stefanus, 
Kisah 7:51 TB2 Hai orang-orang yang keras kepala, yang keras hati dan tuli, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu. 

Roh dapat diuji

Kisah 5:9 TB2: Kata Petrus, “Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar.” 

8. Apakah karya Roh Kudus memiliki moral dalam hidup manusia?

Roh Kudus memiliki kapasitas moral yang terlihat dalam karya-Nya dalam hidup orang percaya, antaral ain:

Roh menginsafkan dunia akan dosa

Yohanes 16:8-9 TB2 Kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;

Roh memuliakan Kristus

Yohanes 16:14 TB2 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari Aku.

Roh membimbing orang pada kebenaran

Yohanes 16:13 TB2 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Roh menjadi perantara

Roma 8:26 TB2 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri menyampaikan permohonan kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Roh melahirbarukan

Yohanes 3:3 TB2 Yesus menjawab, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, jika seseorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” 

Roh mengendalikan kejahatan

Kejadian 6:3 TB2 Berfirmanlah TUHAN, “Roh-Ku tidak akan tinggal di dalam manusia selamanya karena manusia itu daging. Umurnya hanya akan mencapai seratus dua puluh tahun saja

Roh menguduskan

Roma 15:16 TB2 yaitu bahwa aku menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa lain sebagai imam dalam pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa lain dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus. 

9. Hal apa saja yang dikerjakan Roh Kudus dalam hidup orang percaya?

Roh memberi amanat

Kisah 11:12 TB2 Lalu kata Roh kepadaku, ‘Pergilah bersama mereka tanpa membeda-bedakan!’ Keenam saudara ini pun menyertai aku. Kami masuk ke dalam rumah orang itu,
Kisah 13:2 TB2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus, “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”
Kisah 20:28 TB2 Sesudah mereka datang, berkatalah ia kepada mereka, “Kamu tahu, bagaimana aku hidup senantiasa di antara kamu sejak hari pertama aku tiba di Asia ini:

Roh berkomunikasi

2 Korintus. 3:3 TB2 Karena telah ternyata bahwa kamulah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia.
bnd Efesus 3:5 TB2 yang pada zaman orang-orang dahulu tidak diberitahukan kepada anak-anak manusia, tetapi sekarang dinyatakan di dalam Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus,

Roh memberi dorongan

Kisah 9:31 TB2 Selama beberapa waktu jemaat di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan dan jumlahnya bertambah besar oleh pertolongan Roh Kudus.

Roh memberi karunia

1 Korintus 12:7-11 TB2 Kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. Sebab kepada yang seorang, Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. Kepada yang seorang, Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. Kepada yang seorang, Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mukjizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang, Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa lidah, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa lidah itu. Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

Roh memimpin

Matius 4:1 TB2 Lalu Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.
bnd Kisah 8:29 TB2 Lalu kata Roh kepada Filipus, “Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!”
Kisah 16:6-7 TB2 Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia. Setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.
Roma 8:14 TB2 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

Roh berbicara

Matius 10:20 TB2 Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.
bnd Kisah 1:16 TB2 “Hai Saudara-saudara, haruslah digenapi nas Kitab Suci, yang disampaikan lebih dahulu oleh Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus.
Kisah 8:29 TB2 Lalu kata Roh kepada Filipus, “Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!” 
Kisah 10:19 TB2 Ketika Petrus sedang berpikir tentang penglihatan itu, berkatalah Roh kepadanya, “Ada tiga orang sedang mencari engkau. 
Kisah 21:11 TB2 Ia datang pada kami, lalu mengambil ikat pinggang Paulus. Sambil mengikat kaki dan tangannya sendiri ia berkata, “Demikianlah kata Roh Kudus: Beginilah pemilik ikat pinggang ini akan diikat oleh orang-orang Yahudi di Yerusalem dan diserahkan ke dalam tangan bangsa-bangsa lain.”
1 Timotius 4:1 TB2 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa pada waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan
Ibrani 3:7 TB2 Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus, “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, 
1 Petrus 1:11-12 TB2 Mereka pun meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya bersaksi tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu. Kepada mereka telah dinyatakan bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan orang-orang, yang oleh Roh Kudus yang diutus dari surga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.
Wahyu 2:7 TB2 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Siapa yang menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah.”

Roh menguatkan

Kisah 9:31 TB2 Selama beberapa waktu jemaat di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan dan jumlahnya bertambah besar oleh pertolongan Roh Kudus.
bnd Roma 8:26 TB2 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri menyampaikan permohonan kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. 
Efesus 3:16 TB2 Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan kamu dengan kuasa melalui Roh-Nya di dalam batinmu,

Roh mengajar

Lukas 12:12 TB2 Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan.”
Yohanes 14:26 TB2 tetapi Penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
1 Korintus 2:13 TB2 Karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang rohani, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. 
Ibrani 9:5 TB2 dan di atasnya kedua kerub kemuliaan yang menaungi tutup pendamaian. Tetapi hal ini tidak dapat kita bicarakan sekarang secara terperinci. 

Roh bersaksi

Yohanes 15:26 TB2 Jikalau Penolong yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
Kisah 5:32 TB2 Kamilah saksi dari peristiwa-peristiwa itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang menaati Dia.”
Roma 8:16 TB2 Roh itu sendiri bersaksi bersama-sama dengan roh kita bahwa kita adalah anak-anak Allah.
Ibrani 10:15 TB2 Dan Roh Kudus juga memberi kesaksian kepada kita, 
1 Yohanes. 4:2 TB2 Dengan inilah kita mengenal Roh Allah: Setiap roh yang mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
Yohanes 5:6 TB2 Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya, “Maukah engkau sembuh?”

10. Seperti apa ciri-ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus?

Orang yang dipenuhi Roh Kudus memiliki ciri ciri, antara Iain:

Menampilkan hidup yang taat kepada Allah

Menjaga hidup dalam kekudusan

Menghidupi firman Allah

Memberitakan Injil

Menjalankan kehendak Allah

Menghasilkan buah Roh

11. Bukti apakah yang menunjukkan bahwa Roh Kudus berdiam dalam diri seseorang?

Alkitab memberi penjelasan bahwa kehadiran Roh Kudus dalam diri orang percaya, karena Allah telah memilih untuk berdiam di dalam diri orang yang mengasihi dan menuruti firman-Nya

Yohanes 14:23 TB2 Jawab Yesus, “Jika seseorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan tinggal bersama-sama dengan dia. 
bnd. 2 Korintus 6:16 TB2 Apa hubungan bait Allah dengan berhala? Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup seperti firman Allah ini, “Aku akan tinggal bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku. 

Berdiamnya Roh Kudus dalam diri seseorang diterima oleh tindakan iman di dalam Yesus Kristus

Galatia 3:2, 7, 14 TB2 Hanya ini yang hendak kuketahui dari kamu: Apakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil? Jadi, kamu lihat bahwa mereka yang hidup berdasarkan iman, mereka itulah anak-anak Abraham. Yesus Kristus telah melakukan hal ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga melalui iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Orang yang sudah bertobat

Galatia 4: 6 TB2 Karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru, “Ya Abba, ya Bapa!”

Roh Kudus diberikan kepada orang percaya

Roma 5:5 TB2 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.
bnd. 1 Kor. 2:12 TB2 Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. 
2 Korintus 5:5 TB2 Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan sebagai jaminannya Dia mengaruniakan Roh kepada kita.

Bagi orang percaya salah satu tanda penting bahwa Roh Kudus berdiam dalam dirinya adalah berbahasa lidah, yaitu bahasa yang dapat hanya dapat dimengerti oleh Allah

Kisah 2:4 TB2 Lalu mereka semua dipenuhi dengan Roh Kudus dan mulai berbicara dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk dikatakan.

“Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah”

1 Korintus 14:2 TB2 Karena itu karunia bahasa lidah adalah tanda, bukan untuk orang yang beriman, tetapi untuk orang yang tidak beriman; sedangkan karunia untuk bernubuat adalah tanda, bukan untuk orang yang tidak beriman, tetapi untuk orang yang beriman.

12. Apa yang dimaksud dengan ungkapan “dimeteraikan Roh Kudus” itu? 

Pada masa Yunani kuno, meterai merupakan tanda kepemilikan yang sah terhadap benda atau barang, tanda keabsahan (sertifikasi), atau tanda untuk buku dan tanda kuburan.

Istilah itu digunakan dalam diri orang percaya dengan pemahaman bahwa Roh Kudus berdiam di dalam diri orang percaya sebagai meterai Roh

2 Korintus 1:22 TB2 memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.

Berdiamnya Roh Kudus dalam diri orang percaya sebagai tanda kepemilikan Allah

1 Korintus 6:19-20 TB2 Atau tidak tahukah kamu bahwa tubuh kamu semua adalah bait Roh Kudus yang tinggal di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?  Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

kita diberi kuasa menjadi anak-anak Allah

Yohanes 1:12 TB2 Namun semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Roh Kudus mensahkan iman kita, Ia adalah jaminan realita, iman yang meyakinkan bahwa kita menerima hidup kekal

Roma 8:16 TB2 Roh itu sendiri bersaksi bersama-sama dengan roh kita bahwa kita adalah anak-anak Allah. 

13. Apa yang dimaksud dengan ungkapan “tubuh sebagai bait Roh Kudus”? :

Bait Roh Kudus yang dimaksud bukanlah sebuah gedung yang dapat didiami melainkan Allah menjadikan setiap orang percaya menjadi tempat kediaman-Nya

1 Korintus 3:16 TB2 Tidak tahukah kamu bahwa kamu sekalian adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

Roh menjadikan gereja sebagai bait-Nya. Komunitas orang percaya yang terikat dalam persekutuan dihembusi oleh Roh Allah

2 Korintus 13:13 TB2 Anugerah Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.

14. Dosa-dosa apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap Roh Kudus?

Menghujat Roh

Markus 3:29 TB2 Tetapi siapa saja yang menghujat Roh Kudus tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa yang kekal.” 

Mendukakan Roh

Yesaya 63:10 TB2 Namun, mreka memberontak dan mendukakan Roh-Nya yang kudus; maka Ia berbalik menjadi musuh, dan Ia sendiri berperang melawan mereka.                                                                 
bnd. Efesus 4:30 TB2 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. 

Meremehkan Roh

Ibrani 10:29 TB2 Bayangkan betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas orang yang menginjak-injak Anak Allah dan menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan menghina Roh anugerah!

Mendustai Roh

Kisah 5:3, 9 TB2 Tetapi Petrus berkata, “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? Kata Petrus, “Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar.”

Memadamkan Roh

1 Tesalonika 5:19 TB2 Janganlah padamkan Roh,

Menolak Roh

Kejadian 6:3 TB2 Berfirmanlah TUHAN, “Roh-Ku tidak akan tinggal di dalam manusia selamanya karena manusia itu daging. Umurnya hanya akan mencapai seratus dua puluh tahun saja
bnd. Kisah 6:9-10 TB2 Tetapi tampillah beberapa orang dari jemaat Yahudi yang disebut Orang-orang Merdeka — mereka berasal dari Kirene dan Aleksandria — bersama dengan beberapa orang Yahudi dari Kilikia dan dari Asia. Mereka berdebat dengan Stefanus, tetapi mereka tidak sanggup melawan hikmatnya dan Roh yang mendorong dia berbicara. 
Kisah 7:51 TB2 Hai orang-orang yang keras kepala, yang keras hati dan tuli, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.

Sumber: Katekismus GBI – Pneumatologi

Silakan share :