KATEKISMUS GBI – KRISTOLOGI

KARYA PENEBUSAN KRISTUS

Kristologi adalah cabang ilmu teologi yang membicarakan tentang posisi Yesus Kristus di dalam agama Kristen

Katekismus GBI Kristologi terdiri dari:

  1. PRAEKSISTENSI YESUS
  2. INKARNASI
  3. KEMANUSIAAN DAN KEILAHIAN
  4. KARYA PENEBUSAN YESUS
  5. JABATAN-JABATAN YESUS
 

KARYA PENEBUSAN KRISTUS

 

1. Apakah penebusan itu?

Penebusan adalah karya Yesus Kristus mengampuni dan menyelesaikan dosa-dosa umat manusia

Yohanes 1:29 TB2 Keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata, “Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
1 Korintus 15:3 TB2 Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, 
Markus 10:45 TB2 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

 

2. Bagaimana cara Yesus Kristus melakukan karya penebusan?

 

Ia menyerahkan diriNya, menderita, disalibkan dan mati untuk semua orang percaya

Roma 8:32 TB2 Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimana mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?
Matius 26:2 TB2 “Kamu tahu bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan.”
Yesaya 53:10 TB2 Namun, TUHAN berkehendak meremukkan dia, membuat dia sakit. Apabila jiwanya diserahkan sebagai kurban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.

 

Ia harus menderita karena dosa-dosa kita

Ibrani 9:26 TB2 Sebab jika demikian Ia harus berulang-ulang menderita sejak dunia ini dijadikan. Akan tetapi, sekarang Ia hanya satu kali saja menyatakan diri-Nya pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa dengan kurban diri-Nya.

 

Ia harus mati di kayu salib

Filipi 2:8 TB2 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
1 Petrus. 2:24 TB2 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

 

Ia menjadi korban penebusan dosa

Kolose 1:14 TB2 di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

 

Darah Yesus menyucikan dosa-dosa kita

1 Yohanes 1:7 TB2 Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari segala dosa. 

 

la menjadi Pengantara antara manusia dan Allah

1 Timotius 2:5 TB2 Karena Allah itu esa dan esa pula pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, 

 

3. Siapakah yang disebut sebagai umat tebusan Allah?

Umat tebusan Allah adalah mereka yang telah menerima pengampunan dosa dan didamaikan dengan Kristus

Lukas 23:34 TB2 [Yesus berkata, “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”] Lalu mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya. 
2 Korintus 5:19, 21 TB2 Sebab di dalam Kristus, Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya tanpa memperhitungkan pelanggaran mereka dan Dia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.
1 Petrus. 2:24 TB2 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

 

4. Bagaimana langkah menerima penebusan Yesus Kristus?

Untuk menerima penebusan Yesus Kristus setiap orang harus menerima pengampunan dosa dan pendamaian

Keluaran 23:7 TB2 Menjauhlah dari perkara dusta. Orang yang tidak bersalah dan orang yang benar tidak boleh kaubunuh, sebab pelaku kejahatan seperti itu tidak akan Kubenarkan
Roma 3:24-25 TB2 dan oleh anugerah-Nya telah dibenarkan dengan cuma-cuma melalui penebusan dalam Kristus Yesus. Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian melalui iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya. 
Roma 5:8 TB2  Akan tetapi, Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita dalam hal ini: Ketika kita masih berdosa, Kristus telah mati untuk kita. 

 

5. Apakah upah bagi orang-orang yang ditebus oleh Kristus?

 

Menjadi anak-anak Allah

Yohanes 1:12 TB2 Namun semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

 

Menjadi ahli waris Kerajaan Allah

Galatia 4:7-8 TB2 Jadi, kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh perbuatan Allah. Dahulu, ketika kamu tidak mengenal Allah, kamu memperhamba diri kepada ilah-ilah yang pada hakikatnya bukan Allah. 
Galatia 4:30 TB2 Tetapi apa kata nas Kitab Suci? “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba perempuan itu tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anak perempuan merdeka itu.”
Yakobus 2:5 TB2 Dengarkanlah, Saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada orang-orang yang mengasihi Dia?

 

Memperoleh hidup yang kekal

Yohanes 3:16 TB2 Karena Allah begitu mengasihi dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 
Roma 5:10 TB2 Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah melalui kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!
Roma 6:23 TB2 Sebab upah dosa ialah maut, tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

 

6. Apa karakteristik kehidupan orang yang telah ditebus oleh Yesus Kristus?

 

Diperdamaikan dengan Allah dan berkenan di hadapanNya

2 Korintus 5:19 TB2 Sebab di dalam Kristus, Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya tanpa memperhitungkan pelanggaran mereka dan Dia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.
1 Yohanes 1:9 TB2 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

 

Meninggalkan cara hidup yang sia-sia

1 Petrus 1:18 TB2 Sebab kamu tahu bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, 

Mengenal Allah

1 Yohanes 1:8 TB2 Jika kita berkata bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.

 

Menjadi kudus, tak bercacat, tak bercela dihadapan-Nya

Kolose1:22 TB2 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.

 

Memperoleh keselamatan

Roma 5:10 TB2 Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah melalui kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya! 

 

Dimerdekakan dari dosa

Roma 6:18, 22 TB2 Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran. Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.
Roma 8:21 TB2 tetapi dalam pengharapan, karena makhluk itu sendiri juga akan dimerdekakan dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan dan kemuliaan anak-anak Allah.

 

7. Bagaimana relasi penebusan dengan hidup kudus?

 

Penebusan pada dasarnya cara Tuhan membuat setiap orang mengalami hidup kudus

Roma 6:22 TB2 Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.
1 Korintus 6:11 TB2 Beberapa orang di antara kamu memang demikian dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.

 

Tanpa kekudusan tidak seorangpun dapat melihat Allah

Ibrani 12:14 TB2 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan. 

 

Hidup kudus sesuai dengan standar Allah

1 Petrus 1:16 TB2 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

 

Hidup dalam pembenaran

Roma 3:24 TB2 dan oleh anugerah-Nya telah dibenarkan dengan cuma-cuma melalui penebusan dalam Kristus Yesus.

 

Hidup dalam pengampunan dosa

Efesus 1:7 TB2 Sebab di dalam Dia kita beroleh penebusan oleh darah-Nya, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan anugerah-Nya, 
Kol 1:14 TB2 di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa. 

 

Diangkat menjadi anak Allah

Galatia 4:5 TB2 Ia diutus untuk menebus mereka yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak. 

 

Membebaskan kita dari segala kejahatan

Titus 2:14 TB2 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat milik-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik. 

 

8. Apakah hidup baru merupakan tanda orang mengalami karya penebusan?

Ya. Sebab setiap orang yang sudah ditebus harus menjalans hidup baru

Titus 3:5 TB2 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan benar yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya melalui permandian kelahiran kembali dan melalui pembaruan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,
Yohanes 3:5 TB2 Jawab Yesus, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, jika seseorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. 
Efesus 4:24 TB2 dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya. 
2 Korintus 5:17 TB2 Jadi, siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: Yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

 

9. Apakah penebusan berhubungan dengan keselamatan?

Ya. Penebusan adalah karya Tuhan mengampuni setiap orang percaya, sehingga mereka dapat memperoleh keselamatan

Titus 3:5,7 TB2 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan benar yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya melalui permandian kelahiran kembali dan melalui pembaruan yang dikerjakan oleh Roh Kudus, supaya kita, sebagai orang yang dibenarkan oleh anugerah-Nya, berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita. 
Roma. 5:18 TB2 Jadi, sama seperti melalui satu pelanggaran banyak orang beroleh penghukuman, demikian pula melalui satu perbuatan kebenaran, banyak orang beroleh pembenaran untuk hidup.
Efesus. 2:8-9 TB2 Sebab karena anugerah kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu, supaya tidak ada orang yang memegahkan diri.

 

10. Apakah dampak dari kematian Yesus bagi orang percaya?

 

Kita mengalami penebusan dosa

Kolose 1:4 TB2 karena kami telah mendengar tentang imanmu dalam Kristus Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus,
Efesus 5:2 TB2 dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan kurban yang harum bagi Allah. 

 

Dia memberi jaminan keselamatan kepada kita

Kisah 4:12 TB2 Tidak ada keselamatan di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.”

 

Bilur-bilur Yesus menyembuhkan kita

1 Petrus 2:24 TB2 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

 

11. Adakah nubuat tentang kematian Yesus?

Nabi Yesaya bernubuat tentang kematian Yesus

Yesaya, 53:7 TB2 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan dirinya disakiti dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan mereka yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
Lukas 24:44, 46 TB2 Ia berkata kepada mereka, “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.” Kata-Nya kepada mereka, “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, 
bnd. Kisah 13:35-38 TB2 Sebab itu Ia mengatakan juga dalam mazmur yang lain, Engkau tidak akan membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.  Sebab Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya, lalu ia mangkat dan dibaringkan di samping nenek moyangnya, dan ia memang diserahkan kepada kebinasaan. Tetapi Yesus, yang dibangkitkan Allah, tidak mengalami kebinasaan. Jadi, ketahuilah, Saudara-saudara, oleh karena Dialah maka diberitakan kepada kamu pengampunan dosa. Oleh hukum Musa kamu tidak dapat dibenarkan

 

12. Apakah yang membuktikan bahwa Yesus bangkit dari kematian?

 

a. Kubur kosong

Markus 16:4-6 TB2 etapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu itu sudah terguling. Batu itu memang sangat besar. Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Mereka pun sangat terkejut, tetapi orang muda itu berkata kepada mereka, “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia. 
Lukas 24:5-8 TB2 Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka, “Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea,  yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, tetapi akan bangkit pada hari yang ketiga.” Lalu teringatlah mereka akan perkataan Yesus itu. 
bnd Matius 28:5-8 TB2 Akan tetapi, malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu, “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. Segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.” Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.

 

b. Yesus menampakkan diri kepada murid-murid mereka

Markus. 16:14 TB2 Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kekerasan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya. 
Kisah 1:3 TB2 Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak bukti Ia menunjukkan bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.
bnd 1 Korintus 15:4-8 TB2 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;  bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya. Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal. Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul. Yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya. 

 

13. Bagaimana menjelaskan tentang konsep Yesus Sebagai pengantara antara manusia dengan Allah ?

Yesus sebagai domba Allah yang tak bercacat dan bercela yang dikorbankan untuk menebus dosa-dosa kita

1 Yohanes 2:1 TB2 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa. Namun jika seseorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara kepada Bapa, yaitu Yesus Kristus yang adil.
bnd 1 Timotius 2:5 TB2 Karena Allah itu esa dan esa pula pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,
1 Petrus 1:18-19 TB2 Sebab kamu tahu bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
Ibrani 8:6, 9:15 TB2 Tetapi sekarang Ia telah mendapat pelayanan yang jauh lebih agung, karena Ia menjadi Pengantara dari perjanjian yang lebih mulia, yang didasarkan atas janji yang lebih mulia pula.Karena itu, Dialah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima warisan kekal yang dijanjikan, sebab sudah ada yang mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama.

 

14. Apakah makna teologis dari kebangkitan Yesus ?

 

a. Kebangkitan Yesus memberi pengharapan bagi seluruh orang percaya

1 Korintus.15:22 TB2 Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.

 

b. Kebangkitan Yesus memberikan kehidupan baru

Efesus 2:5-6 TB2 telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita — oleh anugerah kamu diselamatkan — dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di surga,

 

c. Kebangkitan Yesus membuktikan bahwa Ia adalah Allah yang hidup yang menang atas kuasa maut

1 Korintus 15:54 TB2 Sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan digenapi firman yang tertulis: “Maut telah ditelan dalam kemenangan. 

 

d. Kebangkitan Yesus membuktikan penggenapan dari semua ucapan-Nya

Matius 16:21 TB2 Sejak itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.

 

e. Kebangkitan Yesus memposisikan diri-Nya sebagai pembela bagi kita

Roma 8:34 TB2 Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: Yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?

 

15. Apakah Yesus naik ke sorga secara jasmaniah atau rohaniah?

Yesus naik ke sorga secara jasmaniah

Kisah 1:9-11 TB2 Sesudah Ia mengatakan demikian, Ia diangkat ke surga disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.  Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih di dekat mereka, dan berkata kepada mereka, “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang diangkat ke surga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke surga.”

 

16. Apakah makna kenaikan Yesus bagi orang percaya?

 

a. Yesus tetap ada sampai saat ini walaupun Dia telah naik ke sorga, dan berjanji untuk tetap menyertai kita

Mat. 28:20 TB2 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.”

 

b. Kenaikan Yesus ke sorga berkaitan dengan pencurahan Rob Kudus

Yohanes 7-39 TB2 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

 

c. Kenaikan Yesus ke sorga berkaitan dengan janji kedatangan-Nya kembali

Kisah 1:11 TB2 dan berkata kepada mereka, “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang diangkat ke surga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke surga.”

 

d. Yesus naik ke sorga duduk di sebelah kanan Allah Bapa sebagai Pembela kita

Roma 8:34 TB2 ristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: Yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?

 

e. Kenaikan Yesus ke sorga adalah bagian dari pemuliaan-Nya

Kisah 1:6-11 TB2 Lalu kami bertolak dari Troas dan langsung berlayar ke Samotrake, dan keesokan harinya tibalah kami di Neapolis; 
Lukas. 24:51 TB2 Ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke surga.
Markus 16:19 TB2 Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke surga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.

 

Sumber: Katekismus GBI – Kristologi

Silakan share :