KATEKISMUS GBI – PROPER

ALLAH TRITUNGGAL

1. Apakah arti “Tritunggal” atau “Trinitas” itu? 

Istilah “Trinitas” atau “Tritunggal” merujuk kepada doktrin Kristen yang memiliki konsep bahwa Allah adalah satu dalam tiga Pribadi yang berbeda yakni: Allah Bapa, Allah Anak (Yesus Kristus), Allah Roh Kudus. Tiga oknum ini dikenal sebagai tiga Pribadi Allah. Ketiganya adalah kesatuan yang merupakan satu kebenaran yang Esa.

Kata “Trinitas” tidak secara eksplisit ada dalam Allatab, namun prinsip-prinsip dan pengajaran yang menjadi dasar dari konsep itu terdapat dalam Alkitab.

Trinitas mengajarkan bahwa ketiga Pribadi tersebut bersama-sama adalah Allah: ketiga Pribadi itu memiliki sifat-sifat ilahi yang sama, ketiga Pribadi itu satu dengan yang lain tidak terpisahkan.

Dalam Trinitas dipahami bahwa Allah Bapa bukan Allah Anak dan bukan Allah Roh Kudus. Mereka semua adalah Allah dalam tiga Pribadi yang berbeda.

Dalam sejarah Gereja, konsep Trinitas merupakan topik yang sulit dipahami dengan akal manusia, karena itu pulalah topik ini merupakan isu yang banyak diperdebatkan.

 

2. Bagaimana konsep Trinitas mendapat pengakuan dalan gereja?

Dalam sejarah Gereja, konsep Trinitas merupakan konsep yang lahir dari pergumulan panjang dan telah dirumuskan melalui konsili-konsili gerejawi.

Konsili Nicea pada tahun 325 merupakan konsili ekumenis yang sangat penting dalam sejarah gereja. Pokok penting dari konsili ini adalah penolakan terhadap pandangan Arius yang menganggap bahwa Yesus adalah mahluk ciptaan Allah, dengan demikian Ia bukan Allah. Melalui konsili Nicea ini ditegaskan kembali bahwa keilahian Yesus sebagai “homoousios,” yang berarti Yesus memiliki substansi ilahi yang sama dengan Bapa.

Konsili Konstantinopel pada tahun 381 telah merumuskan, mengklarifikasi dan menegaskan konsep Trinitas dari perspektif Kristen, khususnya tentang keilahian Roh Kudus. Konsili ini menegaskan keilahian Roh Kudus sebagai Pribadi yang terpisah dan setara dengan Bapa, terpisah dan Setara dengan Allah Anak.

Konsili Efesus tahun 431, Konsili Kalsedon tahun 451 fokus pada pembahasan natur kemanusiaan dan natur keilahian Yesus.

 

3. Bagaimana hirarki ke-Allah-an dalam Trinitas?

Dalam doktrin Trinitas dipahami bahwa tidak ada hirarki di antara ketiga Pribadi Allah itu.

Semua Pribadi adalah sama-sama Ilahi, semua Pribadi setara dalam martabat, kuasa dan kekekalan. Ketiganya ada dalam satu kesatuan yang, sempurna, Allah itu Esa.

Keluaran 15:11 Siapakah yang seperti Engkau, di antara para allah, ya Tuhansiapakah seperti Engkau, mulia karena kekudusan-Mu, menakutkan karena perbuatan-Mu yang masyhur, Engkau pembuat keajaiban?
bnd. Ulangan 4:35 Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa Tuhanlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia. 
Ulangan 6:4 Dengarlah, hai orang Israel: Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu esa! 
Ulangan 32:39 Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia. Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorang pun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.
Galatia 3:20 Seorang pengantara bukan hanya mewakili satu orang saja, sedangkan Allah adalah satu.
Efesus. 4:5-6 satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, 6satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.
1 Timotius 2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

 

4. Siapa yang pertama kali menggunakan istuilah Trinitas?

Istilah Trinitas dalam kenyataannya tidak ditemukan dalarn Alkitab, tetapi sejak gereja ada, ungkapan yang menunjuk kepada ketiga Pribadi itu sudah digunakan oleh para rasul. Sekalipun demikian tidak ada pribadi tertentu sebagai yang pertama kali menemukannya.

Pada abad ke-2 dan ke-3, para teolog Kristen mulai menggunakan istilah itu untuk merujuk pada konsep bahwa Allah ada dalam Tiga Pribadi yang berbeda yaitu Bapa, Allah Anak dan Roh Kudus.

Tertulianus (tahun 160-225) menggunakan istilah Trinitas untuk menjelaskan konsep Allah adalah Satu dalam tiga Pribadi yang berbeda.

 

5. Apakah ada bukti-bukti Trinitas dalam Perjanjian Lama? Jelaskan!

Dalam Perjanjian Lama terdapat dukungan yang memperlihatkan kejamakan Allah misalnya dengan istilah “Elohim” (kata benda jamak maskulin dari kata dasar “el) yang berarti Allah.

Penggunaan kata “Kita” (yang bermakna jamak) yang menunjuk kepada Allah banyak digunakan dalam PL, seperti dalam kisah penciptaan manusia

Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: ”Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Allah mengusir manusia dari taman Eden

Kejadian 3:22 Berfirmanlah Tuhan Allah: ”Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

Tuhan mengacaukan bahasa manusia

Kejadian 11:7 Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing.” 

perkataan terakhir Daud

2 Samuel 23:2 Roh Tuhan berbicara dengan perantaraanku, firman-Nya ada di lidahku; hikmat
Amsal 30:4 Siapakah yang naik ke sorga lalu turun? Siapakah yang telah mengumpulkan angin dalam genggamnya? Siapakah yang telah membungkus air dengan kain? Siapakah yang telah menetapkan segala ujung bumi? Siapa namanya dan siapa nama anaknya? Engkau tentu tahu!

pengakuan nabi Yesaya

Yesaya 48: 16 Mendekatlah kepada-Ku, dengarlah ini: Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi dan pada waktu hal itu terjadi Aku ada di situ.” Dan sekarang, Tuhan Allah mengutus aku dengan Roh-Nya.
Yesaya 63:8-11 Bukankah Ia berfirman: ”Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang,” maka Ia menjadi Juruselamat mereka dalam segala kesesakan mereka. Bukan seorang duta atau utusan, melainkan Ia sendirilah yang  menyelamatkan mereka; Dialah yang menebus mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala. Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka. Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka;

Dalam PL ada kalanya pemakaian nama Ilahi berulang-ulang baik dalam puisi maupun narasi yang umumnya bertujuan untuk memberi penegasan terhadap Allah atau TUHAN. Misalnya, dalam ucapan berkat

Bilangan 6:24-27 Tuhan memberkati engkau dan melindungi engkau; Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera. Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka.” pemazmur menunjukkan kebesaran Allah dalam badai 
Mazmur 29:3-5 Suara Tuhan di atas air, Allah yang mulia mengguntur, Tuhan di atas air yang besar. Suara Tuhan penuh kekuatan, suara Tuhan penuh semarak. Suara Tuhan mematahkan pohon aras, bahkan, Tuhan menumbangkan pohon aras Libanon. dalam penglihatan nabi Yesaya
Yesaya 6:13 Dan jika di situ masih tinggal sepersepuluh dari mereka, mereka harus sekali lagi ditimpa kebinasaan, namun keadaannya akan seperti pohon beringin dan pohon jawi-jawi yang tunggulnya tinggal berdiri pada waktu ditebang. Dan dari tunggul itulah akan keluar tunas yang kudus!”

 

6. Apakah ada, bukti-bukti Trinitas dalam Perjanjian Baru? Jelaskan!

Dalam Perjanjian Baru dukungan terhadap Trinitas cukup banyak baik dalam Injil maupun dalam tulisan rasul-rasul.

Beberapa bukti dalam Injil, misalnya dalam Peristiwa baptisan Yesus

Matius 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, 
Markus 1:10-11 Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dari sorga: ”Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”

Penekanan nama yang ilahi dari Trinitas juga terdapat dalam baptisan orang percaya

Matius 28:19  Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Kutipan dari nabi Yesaya tentang Hamba Tuhan yang dipilih

Matius 12:18 ”Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa.

Dalam formula ucapan berkat

2 Korintus 13:13 Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.

janji tentang Roh Kudus

Lukas 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: ”Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. 

Yang diutus Allah

Yohanes 3:34 Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas. 

salam kepada jemaat

1 Petrus 1:2 yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.

persekutuan firman (Yesus) dengan Allah

1 Yohanes 1:1-3  Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup – itulah yang kami tuliskan kepada kamu. Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami. Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu pun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus. 

janji tentang Penolong yaitu Roh Kudus

Yohanes14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

janji tentang Penghibur

Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. 

Roh Allah yang membangkitkan Yesus

Roma 8:9-11 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

pengakuan Paulus tentang panggilannya

Roma 15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

 

7. Bagaimana peran Pribadi Allah dalam Tritunggal?

Allah Bapa Pemrakarsa, Allah Anak Perantara dan Allah Roh Kudus adalah,Pelaksana.

Masing-masing Pribadi memiliki kesadaran dan kebebasan penuh. Sekalipun demikian, masing-masing Pribadi yang satu tidak bertindak sendiri-sendiri dan tidak bertentangan satu dengan yang lain.

 

8. Bagaimana hubungan antar-Pribadi dalam Trinitas?

Hubungan antar Pribadi dalam Trinitas tampak dalam hal:

Allah Bapa sebagai Pribadi pertama dalam Trinitas adalah Allah Pencipta, Allah, Bapa yang mengutus Anak-Nya Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia.  Allah Bapa mengutus Roh-Nya. Hubungan Allah dengan Anak adalah kasih, pemeliharaan dan kepemimpinan.

Allah Anak, yaitu Yesus Kristus sebagai Pribadi kedua dalam Trinitas. Allah Anak berinkarnasi menjadi manusia untuk keselamatan umat manusia,

Roh Kudus adalah Pribadi ketiga dalam Trinitas, Roh Kudus adalah kuasa Allah yang hadir dalam dunia untuk menolong, menghibur, membimbing dan memberdayakan umat-Nya. Hubungan Roh Kudus dengan Allah Bapa dan Yesus Kristus adalah hubungan yang saling melengkapi dan bekerja bersama untuk menyatakan kehendak-Nya bagi dunia ini.

 

9. Bagaimana hubungan antar-Pribadi ke-Allah-an dalam Trinitas?

 

Hubungan Bapa dengan Anak.

Bapa tidak dilahirkan dan tidak berasal dari Pribadi manapun. Anak secara kekal berasal dari Bapa

Yohanes 1:18 Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
Yohanes 3:16; 18 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.
1 Yohanes 4:9 Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya.

Allah Anak diakui setara dengan Bapa dalam segala hal

Yohanes 5:21 23 Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya. Bapa tidak menghakimi siapa pun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak, supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.

Yesus setara dengan Bapa

Matius 10:40  Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.
Matius 11:27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.
Yohanes 3:35-36 Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.”
Yohanes 8:19 Maka kata mereka kepada-Nya: ”Di manakah Bapa-Mu?” Jawab Yesus: ”Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku.”
Yohanes 12:44 Tetapi Yesus berseru kata-Nya: ”Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku;

Yesus melakukan apa yang dilakukan Allah, antara lain: mengampuni dosa

Matius 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. 
bnd. Markus 2:1 Kemudian, sesudah lewat beberapa hari, waktu Yesus datang lagi ke Kapernaum, tersiarlah kabar, bahwa Ia ada di rumah. 
 Luk 7:48 Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: ”Dosamu telah diampuni.”

memberi hidup

Markus 5:41 Lalu dipegang-Nya tangan anak itu, kata-Nya: ”Talita kum,” yang berarti: ”Hai anak, Aku berkata kepadamu, bangunlah!”
bnd. Lukas. 23:42-43 Lalu ia berkata: ”Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.” Kata Yesus kepadanya: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”
Yohanes. 5:21-29 Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya. Bapa tidak menghakimi siapa pun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak, supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup. Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri. Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia. Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya, dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.
Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: ”Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

menghakimi

Yohanes 5:22 Bapa tidak menghakimi siapa pun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,
Yohanes 8:15 Kamu menghakimi menurut ukuran manusia, Aku tidak menghakimi seorang pun, 

melakukan mujizat

Matius 11:4-5 Yesus menjawab mereka: ”Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat: orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik. 
bnd, Yohanes 5:36 Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku. 
Yohanes 10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
Yohanes 15:24 Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku. 

Yesus melakukan kehendak Bapa

Lukas 22:42 ”Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.” 

 

Hubungan antara Roh dengan Bapa.

Beberapa sebutari yang mengungkap relasi antara Roh dan Bapa terlihat antara lain:

Roh-Nya

Bilangan 11:29 Tetapi Musa berkata kepadanya: ”Apakah engkau begitu giat mendukung diriku? Ah, kalau seluruh umat Tuhan menjadi nabi, oleh karena Tuhan memberi Roh-Nya hinggap kepada mereka!” 
bnd, Yesaya 34:16 Carilah di dalam kitab Tuhan dan bacalah: Satu pun dari semua makhluk itu tidak ada yang ketinggalan dan yang satu tidak kehilangan yang lain; sebab begitulah perintah yang keluar dari mulut Tuhandan Roh Tuhan sendiri telah mengumpulkan mereka.
Yesaya 48:16 Mendekatlah kepada-Ku, dengarlah ini: Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi dan pada waktu hal itu terjadi Aku ada di situ.” Dan sekarang, Tuhan Allah mengutus aku dengan Roh-Nya.
Zakaria 7:12 Mereka membuat hati mereka keras seperti batu amril, supaya jangan mendengar pengajaran dan firman yang disampaikan Tuhan semesta alam melalui roh-Nya dengan perantaraan para nabi yang dahulu. Oleh sebab itu datang murka yang hebat dari pada Tuhan.
1 Korintus 2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.
Galatia 3:5 Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?
Efesus 2:22 Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.
1 Tesalonika 4:8 Karena itu siapa yang menolak ini bukanlah menolak manusia, melainkan menolak Allah yang telah memberikan juga Roh-Nya yang kudus kepada kamu.

Roh-Ku

Kejadian 6:3 Berfirmanlah Tuhan: ”Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja.”
bnd. Yesaya 30:1 Celakalah anak-anak pemberontak, demikianlah firman Tuhanyang melaksanakan suatu rancangan yang bukan dari pada-Ku, yang memasuki suatu persekutuan, yang bukan oleh dorongan Roh-Ku, sehingga dosa mereka bertambah-tambah,
Yesaya 42:1 Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.
Yesaya 44:3 Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.
Yesaya 59:21 Adapun Aku, inilah perjanjian-Ku dengan mereka, firman Tuhan: Roh-Ku yang menghinggapi engkau dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulutmu tidak akan meninggalkan mulutmu dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, firman Tuhan.
Yehezkiel 36:27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.
Yoel 2:28  ”Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.
Zakaria 4:6. Maka berbicaralah ia, katanya: ”Inilah firman Tuhan kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman Tuhan semesta alam.

Roh Allah

Kejadian 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
bnd. Keluaran 31:13 ”Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah Tuhan, yang menguduskan kamu.
Bilangan 24:2 Ketika Bileam memandang ke depan dan melihat orang Israel berkemah menurut suku mereka, maka Roh Allah menghinggapi dia. 
1 Samuel 10:10 Ketika mereka sampai di Gibea dari sana, maka bertemulah ia dengan serombongan nabi; Roh Allah berkuasa atasnya dan Saul turut kepenuhan seperti nabi di tengah-tengah mereka.
1 Samuel 11:6 Ketika Saul mendengar kabar itu, maka berkuasalah Roh Allah atas dia, dan menyala-nyalalah amarahnya dengan sangat. 
1 Samuel 19:20 maka Saul mengirim orang-orang suruhan untuk mengambil Daud. Tetapi orang-orang ini melihat sekumpulan nabi kepenuhan, dengan dikepalai oleh Samuel. Dan Roh Allah hinggap pada orang-orang suruhan Saul, sehingga mereka pun kepenuhan seperti nabi. 
2 Tawarikh 15:1 Azarya bin Oded dihinggapi Roh Allah.
2 Tawarikh 24:20 Lalu Roh Allah menguasai Zakharia, anak imam Yoyada. Ia tampil di depan rakyat, dan berkata kepada mereka: ”Beginilah firman Allah: Mengapa kamu melanggar perintah-perintah Tuhan, sehingga kamu tidak beruntung? Oleh karena kamu meninggalkan Tuhan, Ia pun meninggalkan kamu!” 
 Ayub 33:4 Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup. 
Roma 8:9, 11 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.
1 Korintus 2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.
1 Korintus 3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?
1 Korintus 6:11 Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.
1 Yohanes 4:20 Jikalau seorang berkata: ”Aku mengasihi Allah,” dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. 

Roh yang membangkitkan Yesus dari kematian

Roma 8:11  Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

Roh Yahwe

Hakim 3:10 Roh Tuhan menghinggapi dia dan ia menghakimi orang Israel. Ia maju berperang, lalu Tuhan menyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya, sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim. 
bnd. Hakim 6:34 Pada waktu itu Roh Tuhan menguasai Gideon; ditiupnyalah sangkakala dan orang-orang Abiezer dikerahkan untuk mengikuti dia.
Hakim 11:29 Lalu Roh Tuhan menghinggapi Yefta; ia berjalan melalui daerah Gilead dan daerah Manasye, kemudian melalui Mizpa di Gilead, dan dari Mizpa di Gilead ia berjalan terus ke daerah bani Amon.
Hakim 13:25 Mulailah hatinya digerakkan oleh Roh Tuhan di Mahane-Dan yang terletak di antara Zora dan Esytaol.
Hakim 14:6 Pada waktu itu berkuasalah Roh Tuhan atas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing – tanpa apa-apa di tangannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada ayahnya atau ibunya apa yang dilakukannya itu.
Hakim 15:14 Setelah ia sampai ke Lehi dan orang-orang Filistin mendatangi dia dengan bersorak-sorak, maka berkuasalah Roh Tuhan atas dia dan tali-tali pada tangannya menjadi seperti batang rami yang telah habis dimakan api dan segala pengikatnya hancur tanggal dari tangannya.
1 Samuel 10:6 Maka Roh Tuhan akan berkuasa atasmu; engkau akan kepenuhan bersama-sama dengan mereka dan berubah menjadi manusia lain.
2 Samuel 23:2 Roh Tuhan berbicara dengan perantaraanku, firman-Nya ada di lidahku;
2 Raja 2:16 Mereka berkata: ”Coba lihat! Di antara hamba-hambamu ini ada lima puluh orang laki-laki, orang-orang tangkas. Biarlah mereka itu pergi mencari tuanmu, jangan-jangan ia diangkat oleh Roh Tuhan dan dilemparkan-Nya ke atas salah satu gunung atau ke dalam salah satu lembah.” Elisa menjawab: ”Janganlah suruh pergi!”
2 Tawarikh 20:14 Lalu Yahaziel bin Zakharia bin Benaya bin Matanya, seorang Lewi dari bani Asaf, dihinggapi Roh Tuhan di tengah-tengah jemaah, 
Yesaya. 11:2 Roh Tuhan akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan  keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan Tuhan;
Yesaya 40:13 Siapa yang dapat mengatur Roh Tuhan
atau memberi petunjuk kepada-Nya sebagai penasihat? 
Yesaya 63-11 Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka;
Yehezkiel 11:5 Maka Roh Tuhan meliputi aku dan Tuhan berfirman kepadaku: ”Katakanlah: Beginilah firman Tuhan: Kamu berkata-kata begini, hai kaum Israel, dan Aku tahu apa yang timbul dalam hatimu.
Yehezkiel 37:1 Lalu kekuasaan Tuhan meliputi aku dan Ia membawa aku ke luar dengan perantaraan Roh-Nya dan menempatkan aku di tengah-tengah lembah, dan lembah ini penuh dengan tulang-tulang.

Roh Allah yang hidup

2 Korintus 3:3 Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia.

Roh TUHAN

Yesaya 11:2 Roh Tuhan akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan Tuhan;
bnd. Lukas 14:18 Tetapi mereka bersama-sama meminta maaf. Yang pertama berkata kepadanya: Aku telah membeli ladang dan aku harus pergi melihatnya; aku minta dimaafkan.
Kisah 5:9 Kata Petrus: ”Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar.” 
Kisah 8:39 Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita. 

Roh Tuhan yang berdaulat/berkuasa

Yesaya 61:1  Roh Tuhan Allah ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, Roh Bapa-Mu
Matius 10:20 Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.

Roh-Mu

Nehemia. 9:20 Dan Engkau memberikan kepada mereka Roh-Mu yang baik untuk mengajar mereka. Juga manna-Mu tidak Kautahan dari mulut mereka dan Engkau memberikan air kepada mereka untuk melepaskan dahaga. 

 

Hubungan antara Roh dengan Anak.

Roh Kristus

Roma 8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
1 Petrus 1:11 Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.

Roh Anak-Nya

Galatia 4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: ”ya Abba, ya Bapa!”

Roh Yesus

Kisah 16:7 Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.

Roh Yesus Kristus

Filipi 1:19 karena aku tahu, bahwa kesudahan semuanya ini ialah keselamatanku oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus.

 

10. Berikan contoh ajaran yang bertentangan dengan Trinitas

Dalam sejarah gereja dan hingga kini ditemukan berbagai ajaran yang tidak sependapat dengan konsep Tritunggal, antara Jain:

Monarkhianisme modalistik/Sabellianisme. Sabelianisme dinyatakan bidat dalam Konsili Konstantinopel I tahun 381. Paham Sabelianisme menyatakan bahwa Allah Bapa, Allab Anak, dan Allah Roh Kudus bukanlah tiga Pribadi Ilahi, melainkan hanya merupakan tiga bentuk manifestasi (modes) dari Allah, yang sejatinya hanya terdiri dari satu Pribadi. Allah disebut sebagai “Bapa” dalam Tindakan-Nya sebagai Pencipta langit dan bumi serta sebagai Pemberi Taurat. Allah disebut sebagai “Anak” dalam inkarnasi-Nya menjadi manusia (Yesus Kristus). Allah disebut sebagai “Roh Kudus”, dalam zaman gereja. Jadi ada satu Pribadi Ilahi dengan tiga nama (manifestasi).

Monarhianisme dinamis/Adopsionisme. Theodotus (tahun 190) menganggap Yesus Kristus hanyalah manusia biasa. Ia menjadi Anak Allah melalui proses adopsi, yang terjadi pada saat Yesus dibaptis di Sungai Yordan. Pada saat Yesus dibaptis, Allah Bapa mengadopsi-Nya dan memberi-Nya kuasa dan hikmat-Nya, sehingga Ia bisa melakukan berbagai mujizat. Roh Kudus hanyalah kekuatan dari Allah Bapa, bukan pribadi Allah.

Modalisme memahami bahwa hanya ada satu Allah dengan tiga manifestasi yang beragam. Ketigaan Allah hanya dipahami sebagai sebuah wajah atau manifestasi yang jamak.

Subordinasionisme. Pandangan Subordinasionisme pertama-tama digagas oleh Tertulianus. Kemudian dikembangkan oleh Origenes dari Aleksandria (tahun 184-253). Pandangan ini mengajarkan bahwa Yesus Kristus dan Roh Kudus lebih rendah (dalam hakikat Mereka) daripada Bapa. Subordinasionisme memahami bahwa Anak bersifat subordinasi kepada Bapa atau Anak lebih rendah dari Bapa. Yesus ialah deuteros theos (allah kedua). Anak dan Roh Kudus memiliki unsur/zat (substance) yang berbeda dengan Bapa, Padangan Subordinasionisme juga diikuti Arius (tahun 250-336). Ia mengajarkan bahwa keilahian satu atau lebih adalah lebih rendah dari yang lain. Bagi Arius hanya Bapa yang tidak bermula. Sementara, Yesus Kristus (Allah Anak)  diciptakan oleh Allah Bapa. Oleh karena itu, Allah Anak tidak bersifat kekal. Allah Anak juga memiliki Unsur/zat yang berbeda dengan Allah Bapa. Namun ide ini ditolak di dalam pengakuan iman Nicea (tahun 325).

Pheumatomakhianisme/Macedonianisme. — Ajaran ini diajarkan oleh Macedonius (uskup Konstantinopel, tahun 342 -346, tahun 351-360) yang menolak keilahian Allah Roh Kudus.

Ebionirisme. Paham ini menolak keilahian Yesus Kristus Yesus Kristus hanyalah manusia biasa yang memiliki karunia untuk mengadakan mujizat.

Partialisme. Aliran ini mengajarkan bahwa Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus merupakan tiga komponen (bagian) dari satu Allah. Bapa, Anak, Roh Kudus, hanyalah bagian-bagian dari Allah, secara terpisah, Mereka tidak sepenuhnya Allah. Hanya ketika Mereka bergabung, Mereka baru menjadi Allah sepenuhnya.

Triteisme. Paham ini menyatakan bahwa Bapa, Anak, dan Roh Kudus adalah tiga Pribadi Ilahi yang independen (berdiri sendiri). Mereka memiliki: hakikat dan substansi yang sama, namun terpisah satu dengan yang lainnya, Triteisme mengajarkan bahwa ada tiga Allah yang benar-benar terpisah satu dengan yang lain.

Saksi Yehuwa/Jehovah’s Witnesses. Charles Taze Russell (tahun 1870) dan kelompoknya menolak doktrin Trinitas. Yesus adalah ciptaan Allah (Yehovah) yang pertama. Roh Kudus dipahami bukan sebagai pribadi Allah, melainkan hanya sebagai Kuasa Allah yang aktif.

Mormonisme. Joseph Smith (tahun 1830) dan kaum Mormon menolak ajaran tentang Allah Tritunggal. Yesus dianggap keturunan dari Allah Bapa dan Allah Ibu. Lucifer merupakan anak dari Bapa yang bersaudara dengan Yesus. Roh Kudus dipahami sebagai suatu makhluk yang kepada-Nya diberikan berbagai atribut dan kuasa Ilahi. Ia memberikan kesaksian mengenai Allah Bapa dan Yesus kepada umat manusia.

Ajaran Jesus Only atau Oneness Pentecostals, meyakini bahwa hanya ada satu Allah tetapi mereka menolak ajaran Tritunggal, Karena semua telah dimanifestasikan pada diri Yesus dan karenanya formula membaptis hanya dalam nama Yesus Kristus, yang mereka dasarkan pada

Kisah Rasul 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: ”Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Iman dan percaya hanya di dalam Yesus Kristus

Yohanes 17:3-5 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

 

Sumber: Katekismus GBI – Proper

Silakan share :