KATEKISMUS GBI – PROPER

KARYA-KARYA ALLAH

1. Apakah yang dimaksud dengan istilah “Pemeliharaan Allah”?

istilah “Pemeliharaan Allah” menunjuk pada pemerintahan Allah, di mana Ia dengan segala hikmat dan kasih-Nya, memperhatikan semua ciptaan-Nya. Allah berkuasa atas segala sesuatu dan Ia mengarahkan semua ciptaan-Nya di jagat raya ini, sehingga maksud dan tujuan-Nya terlaksana (Mzm. 103:19 bnd. Gal. 1:15, 16, Mat. 5:45).

 

2. Apakah jenis-jenis Pemeliharaan Allah?

Preservation, di mana Allah menjaga semua ciptaan-Nya agar mereka senantiasa memiliki sifat-sifat sebagaimana pada awalnya Ia menciptakan mereka.

Concurrence, di mana Allah “bekerja sama” dengan ciptaan-Nya, mengarahkan berbagai sifat mereka untuk menyebabkan mereka berlaku sesuai dengan kodratnya.

Government, di mana Allah memiliki maksud dalam semua hal yang Ia lakukan dalam dunia ini, mengarahkan segala hal sehingga mereka menggenapi tujuan-Nya (Ibr. 1:3; Ef. 1:11: Dan.4:35),

 

3, Apakah Allah mendengarkan doa dan seruan umat-Nya?

Allah senantiasa mendengarkan doa-doa orang yang berseru kepada-Nya, Ia akan menjawab permohonan umat-Nya seturut dengan kehendak-Nya (Mat. 6:9—13),

 

4, Apakah Allah itu baik?

Alkitab mengajarkan bahwa Allah itu baik. Kasih setia-Nya tiada pernah berkesudahan. Rahmat-Nya senantiasa baru setiap pagi (Rat. 3:22, 23),

 

5. Jika Allah itu baik, mengapa Ia mengizinkan hal-hal buruk terjadi pada orang-orang percaya?

Orang-orang percaya memang tidak selalu dapat memahami kehendak dan rencana Allah. Namun, mereka dapat yakin bahwa Allah senantiasa merancangkan yang terbaik bagi mereka (Yer 29:11: Rm. 8:28).

 

6. Apakah setiap manusia bertanggung jawab atas semua perbuatan yang dilakukannya?

Setiap manusia bertanggung jawab atas semua pilihan dan tindakan yang diperbuatnya. Ketika seseorang memilih untuk melakukan suatu hal, baik yang sesuai dengan Firman Allah maupun yang bertentangan dengan kehendak-Nya, maka ia akan memberikan pertanggungjawaban atas pilihannya tersebut serta menanggung segala konsekuensinya (2 Kor. 5:10).

 

7. Apakah mukjizat itu?

Mukjizat ialah tindakan Allah yang tidak sering terjadi, di mana Ia membangkitkan kekaguman manusia akan diri-Nya. Mukjizat juga merupakan tanda yang menjadi bukti kebesaran kuasa-Nya & serta kedatangan Kerajaan-Nya (Luk. 11:20).

 

8. Apakah predestinasi ganda (double predestination) itu?

Predestinasi ganda ialah paham yang berpendapat bahwa Allah telah menetapkan sebagian orang, sebelum dunia diciptakan, untuk diselamatkan dan sisanya ditetapkan untuk mengalami kebinasaas sesuai dengan kehendak-Nya yang misterius.

 

9. Apakah doktrin predestinasi ganda itu Alkitabiah?

Gereja Bethel Indonesia menolak paham predestinasi ganda karena fidak sesuai dengan ajaran Alkitab. Alkitab TIDAK pernah mengajarkan bahwa Allah telah memilih sebagian orang untuk diselamatkan dan sisanya untuk dibinasakan. Manusia yang menolak Allah akan binasa, sedangkan manusia yang menerima anugerah keselamatan akan hidup bersama Kristus untuk selama-lamanya (Rm 9:23), 

 

10. Apakah pandangan bahwa “sekall selamat, tetap selamat” itu Alkitabiah?

Gereja Bethel Indonesia menolak konsep “sekali selamat, tetap selamat” karena tidak sesuai dengan ajaran Alikitab. Alkitab mengajarkan bahwa orang percaya masih bisa kehilangan keselamatan mereka. Oleh karena itu, setiap orang percaya harus senantiasa bersungguh-sungguh dalam mengerjakan keselamatan mereka (Flp. 2:12).

 

Sumber: Katekismus GBI – Proper

 

 

Silakan share :