MENGAMPUNI

Sabtu, 7 Oktober 2023

Oleh: Bapak Ricky Sitinjak

Matius 6:12 (TB) dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;

Mengampuni bisa menjadi hal yang sukar ketika orang-orang yang menyakiti ada disekitar kita atau orang yang terdekat sama kita selama ini.

Suatu hari teman saya berbuat kesalahan fatal, karena ia buat kesalahan dimana semua data pekerjaan saya terhapus disaat saya mau memberikan laporan keatasan, dimana saya tidak ada ditempat saat itu.

Dimana data saya semua hilang saat saya mau berikan laporan, dan saya dapat teguran dari manager atau atasan dengan keras dan tegas.

Saya sempat kecewa kepada atasan dan teman saya, dan sempat berimbas kepada istri dirumah karena masih kecewa dengan sikon yang ada kemarin.

Saya menjadi kecewa karena besoknya teman saya jujur bahwa ia yg melakukan, dan saya sempat tidak menegor dan menyapa teman itu selama di kantor dengan teman saya itu.

Suatu saat anak saya ingatkan jangan lupa untuk Doa Bapa kami, dan saya baru sadar ayat diatas yakni ayat 12 untuk saya mengampuni orang yang salah kepada kita selama ini.

Dan hari itu Tuhan bicara pada saya lewat PD Kantor dimana pembicaranya bicara soal pengampunan seperti ayat dibawah ini, ayat 6:14-15

Matius 6:14-15 (TB) Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.”

Dari ayat diatas, kita bisa belajar untuk mengampuni kesalahan orang kepada kita.

Karena ketika mengampuni orang yang bersalah pada kita maka Bapa di Sorga mengampuni kesalahan kita.

Sebaliknya ketika kita tidak mengampuni maka Bapa di Sorga juga tidak mengampuni kesalahan kita.

Markus 11:26 (TB) [Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.]

Biarlah kita belajar untuk saling mengampuni dan memaafkan setiap orang yang membuat kita marah dan kecewa, namun kita perlu waktu untuk berdiam diri dan mengampuni orang itu sesuai dengan FirmanNya.

Kolose 3:13 (TB) Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Tuhan ingatkan pagi ini kata sabarlah kita kepada orang yang berbuat jahat sama kita lalu ampunilah orang yang salah sama seperti Tuhan telah mengampuni kesalahan kita.

Tuhan mau kita menahan diri dari emosi dan bertahan tidak mengeluh saat kondisi tidak baik atau tidak enak baginya.

Amsal 14:29 (TB) Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan.

Tuhan Yesus Memberkati Kita

   

Silakan share :