Deklarasi Firman Tuhan dalam Doa

Pdt Leo Sitinjak

Wakil Gembala, Tim Profetik dan Teologia GBI Bumi Anggrek

Mazmur 24:7-10 TB
7Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang,
dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad,
supaya masuk Raja Kemuliaan!
8”Siapakah itu Raja Kemuliaan?”
”Tuhan, jaya dan perkasa,
Tuhan, perkasa dalam peperangan!”
9Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang,
dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad,
supaya masuk Raja Kemuliaan!
10”Siapakah Dia itu Raja Kemuliaan?”
”Tuhan semesta alam,
Dialah Raja Kemuliaan!”

Ayat ini menunjuk kepada Mesias, karena Raja Kemuliaan itu, adalah Tuhan Yesus.

Bandingkan dgn Yohanes 1:14 PTB2 Firman itu telah menjadi manusia, dan tinggal di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh anugerah dan kebenaran.

Angkatan orang-orang yang menanyakan Dia adalah orang yang percaya yang setia harus berdoa agar Raja Kemuliaan akan datang.

Doa ini untuk datangnya Kerajaan Allah mengantisipasi pemerintahan kekal Kristus dan kebinasaan terahir dari kejahatan.

Zak 9:9 Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

Mat 6:10 PTB2 10datanglah Kerajaan-Mu,
jadilah kehendak-Mu
di bumi seperti di surga.

Wahyu 19:1 PTB2 Setelah itu aku mendengar seperti suara yang nyaring dari himpunan besar orang banyak di surga, katanya,
“Haleluya! Keselamatan dan kemuliaan dan kekuasaan ada pada Allah kita,

Wahyu 22:21 PTB2 Anugerah Tuhan Yesus menyertai kamu sekalian! Amin.

Ada 4 klaim dalam janji Tuhan di dalam doa:

1. Pintu Terbuka.

Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.

Kolose 4:3 Berdoa jugalah untuk kami, supaya Allah membuka pintu untuk pemberitaan kami, sehingga kami dapat berbicara tentang rahasia Kristus, yang karenanya aku dipenjarakan.

Kita harus berdoa buat daerah yang masih tertutup untuk daerah penginjilan, supaya pintu-pintu yang tertutup untuk Injil terbuka dan boleh daerah itu mendengarkan berita keselamatan atau kabar baik.

Kita berdoa supaya para pemberita Injil diurapi Roh Kudus supaya berani untuk menyatakan rahasia Kristus.

Kolose 2: 1-3 1Karena aku mau, supaya kamu tahu, betapa beratnya perjuangan yang kulakukan untuk kamu, dan untuk mereka yang di Laodikia dan untuk semuanya, yang belum mengenal aku pribadi, 2supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian, dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus, 3sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan.

Ayat 2 supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus.

Ayat 3 sebagai di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan.

Ketika pintu terbuka untuk penginjilan kita harus berdoa supaya mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian dan mengenal Kristus Tuhan dan juru selamat mereka.

2. Pikiran Terbuka

Kisah 26: 17-18 17Aku akan menyelamatkan engkau dari bangsa ini dan dari bangsa-bangsa lain. Aku akan mengutus engkau kepada mereka, 18untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan.

Ayat 17b Dan Aku akan mengutus engkau kepada mereka.

Ayat 18 untuk membuka mata mereka supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang.

Dan dari kuasa iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepadaKu memperoleh pengampunan dosa dan mendapat mendapat bagian dalam apa yang di tentukan untuk orang yang dikuduskan.

Yes 29: 24 TB orang-orang yang sesat pikiran akan mendapat pengertian,
dan orang-orang yang bersungut-sungut akan menerima pengajaran.”

3. Hati Terbuka

2 Korintus 4:6 PTB2 6Sebab Allah yang telah berfirman, “Dari dalam gelap akan terbit terang!”, Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang tampak pada wajah Kristus.

Dari dalam gelap terbitlah terang Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.

4. Langit terbuka

Yesaya 45:8 TB 8Hai langit, teteskanlah keadilan dari atas,
dan baiklah awan-awan mencurahkannya!
Baiklah bumi membukakan diri
dan bertunaskan keselamatan,
dan baiklah ditumbuhkannya keadilan!
Akulah Tuhan yang menciptakan semuanya ini.”

Kita berdoa supaya langit di atas kota kita terbuka dan bangsa kita dan dicurahkan ya hujan awal hujan akhir dan orang orang suku kaum bangsa di lawat Tuhan dan mereka membuka daerah mereka membuka pikiran dan membuka hati mereka menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juru slamat mereka dan bumi penuh kemuliaan Tuhan maka bumi dituailah. Amin.

Tuhan Yesus Memberkati.

Silakan share :