HAKIM YANG TIDAK BENAR

Selasa, 9 Mei 2023

Oleh: Bapak Simon Seubelan

     Lukas 18 : 1 – 8  Perumpamaan tentang hakim yang tidak adil

1 Yesus menyampaikan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan bahwa mereka harus selalu berdoa tanpa jemu-jemu. 2Kata-Nya, “Dalam sebuah kota ada seorang hakim yang tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun. 3Di kota itu ada seorang janda yang selalu datang kepada hakim itu dan berkata: Belalah hakku terhadap lawanku. 4 Beberapa waktu lamanya hakim itu menolak. Tetapi kemudian ia berkata dalam hatinya: Walaupun aku tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun, 5 namun karena janda ini menyusahkan aku, baiklah aku membenarkan dia, supaya jangan terus saja ia datang dan akhirnya menyerang aku.” 6 Kata Tuhan, “Perhatikanlah apa yang dikatakan hakim yang tidak adil itu! 7 Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Apakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka? 8 Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, apakah Ia akan mendapati iman di bumi?”

 

Pasal dan perikop hari ini bicara tentang suatu perumpamaan kepada murid murid untuk selalu berdoa dengan tidak jemu-jemunya.

Perumpamaan ini menampilkan 2 tokoh yang menjadi peranan penting yakni:

1. Hakim yg tidak takut Allah dan tidak menghormati orang

Lukas 18:2 (TB) Kata-Nya: “Dalam sebuah kota ada seorang hakim yang tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun.

2. Seorang janda yg selalu datang minta dibela haknya.

Lukas 18:3 (TB) Dan di kota itu ada seorang janda yang selalu datang kepada hakim itu dan berkata: Belalah hakku terhadap lawanku.

Menjadi fokus dan pesan bagi kita lewat perumpamaan ini adalah bagaimana seorang janda itu tidak henti2nya datang kepada hakim itu untuk minta dibela haknya untuk melawan lawannya…

Sekalipun awalnya Hakim itu menolak janda itu namun karena janda itu tidak pernah berhenti atau menyerah bahkan menyusahkan sang Hakim akhirnya Hakim itu membenarkan janda itu…

Lukas 18:4-5 (TB) Beberapa waktu lamanya hakim itu menolak. Tetapi kemudian ia berkata dalam hatinya: Walaupun aku tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun, namun karena janda ini menyusahkan aku, baiklah aku membenarkan dia, supaya jangan terus saja ia datang dan akhirnya menyerang aku.”

Tuhan ingatkan kepada kita akan kisah ini yakni ada di ayat dibawah ini:

Lukas 18:6 (TB) Kata Tuhan: “Camkanlah apa yang dikatakan hakim yang lalim itu!

Suatu pesan penting atau camkan apa makna atau arti dari perumpamaan ini adalah:

Lukas 18:7 (TB) Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka?

1. Allah akan membenarkan kita yg berseru siang malam

2. Dan Allah tidak mengulur2 waktu untuk menolong kita

Dua hal inilah yang Tuhan ingatkan kita kembali lewat perumpamaan bahwa Allah akan membenarkan dan tidak mengulur2 waktu untuk menolong kita yang berseru siang dan malam kepada Allah

Sesuai dengan janji Tuhan di:

Matius 7:11 (TB) Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Bahwa Tuhan akan mengabulkan Doa kita yang kita naikan dihadapan Tuhan, karena Dia adalah Bapa kita di Sorga yang baik kepada kita anak2-Nya, kepada mereka yang meminta kepada-Nya…

Tuhan Yesus Memberkati Kita

Silakan share :