Soegiono Wijono

Ibadah raya 3 - minggu, 26 januari 2020
Rekaman Khotbah : Soegiono Wijono
Ibadah Raya 3 – Minggu, 26 Januari 2020 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Moving Into a New Dimension

A. TAHUN KELAHIRAN BARU

1) Kelahiran baru dari sesuatu yang tidak ada menjadi ada

2) Mujizat baru yang belum pernah dialami dalam hidup kita.

3) Apa yang belum pernah dilihat oleh mata, belum pernah didengar oleh telinga, belum pernah timbul dalam hati, semua disediakan bagi orang yang mengasihi Dia

Mazmur 33:18 Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya,

Mazmur 32:8 Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu  jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu

Sudahkah Anda mengalaminya ?

  1. BERSYUKUR

Mazmur 136:1 Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya

1 Tesalonika 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

  1. EBEN HAEZER

1 Samuel 7:12

Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: “Sampai di sini TUHAN menolong kita.”

B. TAHUN PEY 5780

Yesaya 50:4a “Tuhan Allah telah memberikan kepadaku lidah seperti seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu.”

Efesus 4:29 “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”

Efesus 4:32 “Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

Matius 12:36-37 “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.” 

Mazmur 40:4 Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada Tuhan

Mazmur 71:8 Mulutku penuh dengan puji-pujian kepada-Mu, dengan penghormatan kepada-Mu sepanjang hari

Yesaya 42:10 Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN dan pujilah Dia dari ujung bumi! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya.

 C. TAHUN DIMENSI BARU

KBBI : dimensi /di·men·si //diménsi/ n ukuran (panjang, lebar, tinggi, luas, dan sebagainya); matra

  1. GAMBAR 1 DIMENSI
  2. GAMBAR 2 DIMENSI
  3. GAMBAR 3 DIMENSI
  4. GAMBAR 4 DIMENSI
  5. GAMBAR 5 DIMENSI

D. SETTING THE COURSE TO ENTER HIGHER DIMENSION – CARA UNTUK MASUK DIMENSI YANG LEBIH TINGGI

1. HARAPAN

a. MASIH ADA HARAPAN

Amsal 23:18 Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

b. MELUPAKAN YANG LALU MELIHAT YANG BARU

Filipi 3:13-14 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

  1. UPAYA

a. MILIKI CARA BERPIKIR BARU

Roma 12:2 “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

b. MILIKI CARA HIDUP YANG BARU

Roma 6:4 “Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.”

c. MASA HIDUP KAMI TUJUH PULUH TAHUN

Mazmur 90:10 Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap

d. AJAR KAMI MENGHITUNG HARI-HARI KAMI

Mazmur 90:12 Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana

 

  1. ANTUSIASME

a. DENGAN SEGENAP HATIMU

Kolose 3:23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia

b. BERJALAN BERSAMA TUHAN

Keluaran 33:15-16 15  Berkatalah Musa kepada-Nya: “Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini. 16  Dari manakah gerangan akan diketahui, bahwa aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, yakni aku dengan umat-Mu ini? Bukankah karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami, aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini

 

  1. ENERGI

a. PENTINGNYA IMAN DALAM MEMASUKI TAHUN DIMENSI YANG BARU

Bilangan 14:1-38 22 Semua orang yang telah melihat kemuliaan-Ku dan tanda-tanda mujizat yang Kuperbuat di Mesir dan di padang gurun, namun telah sepuluh kali mencobai Aku dan tidak mau mendengarkan suara-Ku, 23  pastilah tidak akan melihat negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka! Semua yang menista Aku ini tidak akan melihatnya. 24  Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya

b. BERSANDAR PENUH PADA TUHAN

Amsal 3:5-7 5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 6  Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 7 Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan

c. RANCANGAN TUHAN SELALU YANG TERBAIK

Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

  1. PENCERAHAN

a. HIDUP SEPERTI KRISTUS HIDUP

1 Yohanes 2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup

b. MENJADI SERUPA DENGAN KRISTUS

Roma 8:29-30 29 “Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.  30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.” 

c. The Three Tenses of Salvation

  1. Justification
  2. Sanctification
  3. Glorification

d. KERAJAAN ALLAH (SORGA)

  • Allah yang datang ke dunia
  • untuk menyatakan kuasa, kemuliaan dan hak-hakNya
  • melawan kekuasaan iblis dan garis haluan dunia yang sekarang ini

e. POLA HIDUP KERAJAAN ALLAH

1 Petrus 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

f. Kerajaan Allah (Kerajaan Sorga)

  • Identik dengan penyelamatan, namun maknanya jauh lebih luas dari penyelamatan dan gereja-Nya
  • Mempunyai aspek masa kini dan masa datang
  1. Masa kini merupakan suatu kenyataan di dalam dunia ini, meskipun pemerintahan dan kuasa Allah belum benar-benar diwujudkan
  2. Masa datang adalah kemuliaan, kuasa dan Kerajaan Allah yang akan terjadi ketika Yesus kembali untuk menghakimi dunia

g. SOP KERAJAAN ALLAH 1

Matius 22:37-38 LOVE GOD

37  Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.  Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

MAtius 22:39-40 LOVE PEOPLE

39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. 40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

 

  1. DAYA TAHAN

a. HATI YANG SIAP

  1. Kita harus percaya bahwa mujizat itu ada.
  2. Jika TUHAN berbicara kita harus bertindak meskipun tidak masuk akal.
  3. Ada harga yang harus dibayar
  4. Kesombongan akan membuat mujizat tidak terjadi.

b. KUATKAN DAN TEGUHKANLAH HATIMU

c. MEMPERKATAKAN KITAB TAURAT DAN RENUNGKAN SIANG DAN MALAM SERTA BERTINDAK HATI-HATI SESUAI DENGAN SEGALA YANG TERTULIS DI DALAMNYA

 

  1. PERLUASAN

a. MESSENGER OF THE 3RD PENTECOST

Matius 28:19-20 19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,  20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

 

  1. Apa hasilnya jika memasuki Tahun Dimensi Baru dengan tuntunan Tuhan
  2. 2 Korintus 3:8 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar
  3. Ulangan 28:13-14 13 TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia, 14 dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya.”

 E. Ready Set Go Moving Into a New Dimension

 

Silakan share :