Pdt Brikson Hutapea

Ibadah raya 2 - minggu, 26 januari 2020
ggre
Rekaman Khotbah : Pdt Brikson Hutapea
Ibadah Raya 2 – Minggu, 26 Januari 2020 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Ciptaan Baru

2 Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Sisi hukum de jure : siapa yang ada di dalam Kristus, percaya dan menerima Yesus di dalam hidupnya, maka secara hukum menjadi anak Tuhan pribadi yang diciptakan ulang, dan ia menjadi ciptaan baru di dalam Tuhan.

Alkitab mengatakan bahwa utk melakukan ini tidak perlu berusaha atau berjuang, tetapi diselamatkan oleh iman, karena pemberian Allah.

Namun sebaliknya perlu dilihat juga dari sisi de facto. Jadi anak Tuhan, umat pilihan Tuhan, bukankah status, tetapi adalah sebuah pola hidup, yang harus digerakkan dan dihidupi dari hari ke hari dalam kehidupan kita. Jangan menjadi merasa aman, percaya diri tetap merasa menjadi ciptaan baru. Karena menjadi ciptaan baru adalah suatu pola hidup yang harus dihidupi terus menerus.

Kesaksian 27 tahun tidak bertemu keluarga. Memutuskan untuk berangkat menggunakan kendaraan ke Medan. Natal di daerah adalah “musim ke gereja” .

Ada sesuatu yang sudah terjadi di dalam ciptaan baru. Yaitu sesuatu yang baru sudah datang. Berikut ciri yang baru sudah datang :

  1. Seseorang tidak lagi hidup untuk dirinya, tapi hidup untuk pekerjaan yang baik untuk maksud dan tujuan bersama Allah.

 

 

Efesus 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Manusia lama bekerja untuk diri sendiri. Bukan sekedar mencapai cita-cita kita, namun untuk kepentingan Tuhan.

Persembahan yang baik bukan karena jumlahnya, tapi saat memberi bukan karena mau diberkati dan dilindungi; Dalam doa kita sering berdoa untuk diri sendiri, tidak berdoa untuk pelayanan yang harus kita lakukan.

Ketika kita ada dalam pencobaan, mungkin bahu kita lebih kuat daripada bahu orang lain.

  1. Karena kita sudah menjadi seorang yang berbeda, pikirkan lagi perkara di atas.

Kolose 3:1  Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah

Ketika sedang memuji Tuhan, ingat lirik ya apakah kita bisa melakukan lirik tersebut. Ketika kita menjadi ciptaan baru, maka mata kita harus menuju ke atas bukan ke bawah. Harta dunia sudah mulai menjauh.

Mau ke sorga tapi tidak mau jalan yang kecil dan berliku. Jauhkan diri dari perkara yang di bawah. Jangan kuatir apa yang kamu makan minum dan pakai, itu dicari oleh bangsa yang tidak mengenal Allah.

Sering kita tidak dapat apa-apa karena salah mencari. Ingat kita cari Tuhan bukan mau dapat bonus, seperti beli sabun colek dapat piring atau gelas.

Silakan share :