Bpk Soegiono Wijono

ibadah raya 3 - soegiono wijono
Rekaman Khotbah : Bpk Soegiono Wijono
Ibadah Raya 3 – Minggu 29 Desember 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

15 Tuntunan Tuhan Dalam Memasuki Tahun Dimensi Baru

TAHUN KELAHIRAN BARU hampir berakhir

  • Mazmur 33:18
  • Mazmur 32:8
  • Kelahiran baru dari sesuatu yang tidak ada menjadi ada à Mujizat baru
  • Mujizat baru yang belum pernah dialami dalam hidup kita.
  • Apa yang belum pernah dilihat oleh mata, belum pernah didengar oleh telinga, belum pernah timbul dalam hati, semua disediakan bagi orang yang mengasihi Dia.
  1. BERSYUKUR
  2. Atas yang telah kita dapatkan sesuatu yang baru yang belum pernah kita alami
  3. Atas pun yang kita belum alami

2. MASIH ADA HARAPAN (AMSAL 23:17-18)

  • Firman Tuhan mengingatkan kita agar tidak iri hati terhadap orang-orang berdosa/jahat.
  • Sebaliknya, kita dinasihati agar takut akan Tuhan, sebab bagi kita masa depan masih ada dan harapan kita belumlah hilang. 
  1. EBEN-HAEZER: SAMPAI DI SINI TUHAN MENOLONG KITA (1 SAMUEL 7:12)

Maksud Nabi Samuel adalah bahwa sampai sejauh itu Tuhan sudah menolong mereka (masa lalu), maka dia percaya Tuhan pun akan menolong mereka lagi (masa depan).

Demikianlah hendaknya kita memandang tahun yang segera akan kita lalui dan tahun yang segera akan kita masuki.

Sampai sejauh ini Tuhan telah menolong kita (dari awal sampai akhir 2019), maka kita pun percaya bahwa Dia akan tetap menolong kita dari awal hingga akhir 2020.

 

  1. MELUPAKAN YANG LALU, MELIHAT YANG BARU (YESAYA 43:18-19)

Tuhan berkata agar umatNya jangan lagi mengingat hal-hal yang telah berlalu. Sebab Tuhan sudah membuat hal-hal baru yang sedang tumbuh, yakni jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.

Ini tentu adalah sebuah kiasan. Makna utamanya adalah bahwa bangsa Israel harus melupakan dosa-dosa mereka serta penghukuman mereka, sebab Tuhan telah menyediakan yang terbaik bagi umatNya.

Jika kita di tahun ini telah banyak mengalami kegagalan, penderitaan, dan masalah-masalah hidup, apakah itu karena kesalahan kita sendiri atau bukan, maka lupakanlah itu!

Pandanglah tahun baru 2020!

Pandanglah kepada Tuhan, berdoalah kepadaNya, sebab Ia telah menyediakan bagi kita pengampunan, pemulihan, kemenangan, dan berkat-berkatNya yang melimpah.

 

  1. MENGHITUNG HARI-HARI KITA YANG SINGKAT (MAZMUR 90:10-12)

Musa berdoa agar Tuhan kiranya mengajari umatNya untuk menghitung hari-hari mereka yang singkat tersebut sehingga mereka beroleh hati yang bijaksana.

Kita perlu meminta Tuhan mengajar kita untuk menghitung hari-hari kita yang sangat singkat tersebut, sehingga kita pun beroleh hati yang bijaksana, yakni hati yang mau hidup seturut kehendak Tuhan dan hati yang terfokus pada hidup kekal di surga, bukan pada hidup yang sementara di dunia ini.

  1. BERSANDAR PENUH PADA TUHAN (AMSAL 3:5-7)

Firman Tuhan ini mengajarkan kepada kita pentingnya mempercayai Tuhan dengan segenap hati kita dan tidak bersandar pada pengertian kita sendiri.

 

Percayalah kepadaNya dengan segenap hati mohonlah campur tanganNya sebelum semuanya terlambat!

  1. JANJI TUHAN BAGI ORANG YANG BERLINDUNG PADANYA (MAZMUR 91:1-16)

Janji-janji Tuhan tersebut berisi perlindungan dari berbagai marabahaya, malapetaka, kecelakaan, rencana orang jahat, dan penyakit.

 

Ataukah kita akan menjadikan Tuhan Yesus sebagai tempat perlindungan kita di tahun 2020 dan hati kita melekat kepadaNya?

Jika demikian maka kita boleh bersyukur, sebab kita akan mengalami janji-janji Tuhan dalam Mazmur 91 ini.

  1. RANCANGAN TUHAN SELALU YANG TERBAIK (YEREMIA 29:11)

Sesungguhnya, Tuhan itu maha baik, Dia tidak pernah merencanakan yangjahat bagi umatNya. Dia hanya merencanakan yang terbaik bagi umatNya, rancangan damai sejahtera.

Jika kita saat ini belum mengalami rancangan Tuhan yang penuh damai sejahtera, mungkin kita masih menjalani “masa hukuman” seperti bangsa Israel di pembuangan.

“Masa hukuman” tersebut boleh jadi karena dosa atau kesalahan kita. Tetapi bisa juga karena iman kita sedang diuji, dibentuk oleh Tuhan, agar kita lebih siap menerima berkatberkatNya di masa depan.

Mari yakini dan harapkan bahwa rancangan Tuhan yang terbaik akan kita alami di tahun baru ini. BiarIah tahun 2020 lebih baik lagi dari tahun 2020.

  1. JANGAN LUPAKAN TUHAN DALAM PERENCANAAN (YAKOBUS 4:13-17)

Dalam Yakobus 4:13-17, rasul Yakobus mengingatkan kita agar melibatkan Tuhan dalam setiap rencana yang kita buat.

Silakan share :