Pdt Leo Sitinjak

Ibadah raya 1 - minggu, 08 desember 2019
Rekaman Khotbah : Pdt Leo Sitinjak
Ibadah Raya 1 – Minggu, 08 Desember 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Natal Allah Menjadi Manusia

Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Natal adalah Allah menjadi manusia di dalam Yesus Kristus. Diberikannya anak-Nya yg tunggal supaya manusia tidak binasa. Maria mengikuti kehidupan Yesus dari kelahiran, di salib sampai kebangkitanNya, membuktikan Dia lah benar sang juru selamat itu. 

Matius 1:18-25 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. 19  Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. 20  Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. 21  Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” 22  Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: 23  “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel”  —  yang berarti: Allah menyertai kita. 24  Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, 25  tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

KETAATAN

Yusuf rendah hati dan tulus, artinya dia seorang yang taat. Pikullah kuk maka engkau akan mendapat berkat. Kita juga harus tulus hati untuk senantiasa menyembah Dia. 

Matius 11:29  Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

PERLINDUNGAN ROH KUDUS

Maria mendapatkan perlindungan penuh dari Roh Kudus sehingga tidak ada seorang pun yang memperkatakan Maria. Seperti juga gelora 3rd Pentecost meskipun ada riak2 tapi terus berjalan menyerbu sampai berbagai belahan dunia. Ada 365x kata “jangan takut” disebutkan di dalam Alkitab. Gereja yang bergerak di dalam aliran Roh Kudus juga pasti ada dalam perlindungan dan kegerakan Roh Kudus. Jangan takut untuk bersaksi kepada semua orang karena ada Roh Kudus

NAMA YESUS

Nama YESUS disebutkan 2000x di dalam Perjanjian Baru. Pada akhirnya segala nama akan hilang, kecuali nama di atas segala nama. Dan nama Yesus disebutkan di dalam 66 Kitab di Alkitab dengan berbagai sebutan. 

Yohanes 1:3  Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

1 Petrus 1:18-19 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, 19  melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

 

Betapa mahalnya kita di dalam Allah sehingga dia menebus kita.

1 Petrus 2:11 Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa.

Keselamatan cuma-cuma namun harus diusahakan dengan sungguh-sungguh

MENYEMBAH 

Lukas 1:39-49 Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda. 40  Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. 41  Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus, 42  lalu berseru dengan suara nyaring: “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. 43  Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? 44  Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. 45  Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana.” 46  Lalu kata Maria: “Jiwaku memuliakan Tuhan, 47  dan hatiku bergembira karena Allah,  Juruselamatku, 48  sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, 49  karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus.

Maria: Jiwaku memuliakan Tuhan. Yesus senang disembah. Elisabeth, Gembala, Orang Majus menyembah Tuhan.

Lukas 1:67-79 Dan Zakharia, ayahnya, penuh dengan Roh Kudus, lalu bernubuat, katanya: 68  “Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya, 69  Ia menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba-Nya itu, 70   —  seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi-nabi-Nya yang kudus  —  71  untuk melepaskan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua orang yang membenci kita, 72  untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada nenek moyang kita dan mengingat akan perjanjian-Nya yang kudus, 73  yaitu sumpah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita, 74  supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut, 75  dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita. 76  Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya, 77  untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka, 78  oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengan mana Ia akan melawat kita, Surya pagi dari tempat yang tinggi, 79  untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera.”

Matius 1:23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel”  —  yang berarti: Allah menyertai kita.

Immanuel disebutkan 1x dalam Perjanjian Baru dan 2x dalam Perjanjian Lama = Allah menyertai kita 

Silakan share :