INTERMEZZO

 

AMAZING GRACE DI TRC

Amazing Grace di TRC

 Adegan tersebut adalah ruang sidang di Afrika Selatan:

 Seorang wanita kulit hitam yang lemah berusia sekitar tujuh puluh tahun perlahan bangkit berdiri. Di seberang ruangan dan berhadapan dengannya ada beberapa petugas polisi kulit putih. Salah satunya adalah Tn. Van der Broek, yang baru saja diadili dan ditemukan terlibat dalam pembunuhan anak perempuan dan suaminya beberapa tahun sebelumnya. Van der Broek datang ke rumah wanita itu, membawa putranya, menembaknya dari jarak dekat dan kemudian membakar tubuhnya, sementara dia dan para petugas ada di dekatnya.

 Beberapa tahun kemudian, Van der Broek dan anak buahnya kembali untuk mengambil suaminya juga. Selama berbulan-bulan dia tidak tahu keberadaannya. Kemudian hampir dua tahun setelah suaminya menghilang, Van der Broek kembali untuk menjemput wanita itu sendiri. Betapa dia ingat dengan sangat jelas malam itu, pergi ke suatu tempat di samping sungai di mana dia ditunjukkan kepada suaminya, diikat dan dipukuli, tetapi masih kuat dalam roh, berbaring di atas tumpukan kayu. Kata-kata terakhir yang dia dengar dari bibirnya ketika para petugas menuangkan bensin ke tubuhnya dan menyalakannya adalah, “Bapa, ampuni mereka …” Sekarang wanita itu berdiri di ruang sidang dan mendengarkan pengakuan yang diucapkan oleh Tuan Van der Broek.  Seorang anggota Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Afrika Selatan menoleh padanya dan bertanya, “Jadi apa yang Anda inginkan? Bagaimana seharusnya keadilan dilakukan pada pria ini yang telah dengan brutal menghancurkan keluarga Anda? ” “Aku ingin tiga hal,” wanita tua itu memulai dengan tenang, tetapi dengan penuh percaya diri. “Saya ingin pertama-tama dibawa ke tempat di mana tubuh suami saya dibakar sehingga saya dapat mengumpulkan debu dan menguburkan jenazahnya dengan layak.

 “Dia berhenti, lalu melanjutkan. “Suami dan putra saya adalah satu-satunya keluarga saya. Karena itu, saya ingin agar Tuan Van der Broek menjadi anak saya. Saya ingin dia datang dua kali sebulan ke ghetto dan menghabiskan satu hari dengan saya sehingga saya bisa mencurahkan padanya apa pun cinta yang masih tersisa dalam diri saya. “Dia juga menyatakan bahwa dia menginginkan hal ketiga,” Ini juga keinginan suamiku. Dan dengan demikian, saya dengan tulus meminta seseorang untuk datang ke sisi saya dan menuntun saya melintasi ruang sidang, sehingga saya dapat memeluk Tuan Van der Broek dan merangkulnya dan memberi tahu dia bahwa dia benar-benar diampuni. ”Ketika asisten pengadilan datang untuk menuntun wanita tua itu ke seberang ruangan, Tuan Van der Broek, yang terkejut dengan apa yang baru saja ia dengar, pingsan. Ketika wanita itu melakukannya, mereka yang berada di ruang sidang, keluarga, teman, tetangga – semua korban penindasan dan ketidakadilan selama puluhan tahun – mulai menyanyi dengan lembut tetapi pasti,  “amazing grace, how sweet the sound, that saved a wretch like me.” Meskipun nampaknya wanita tua itu telah mengalami kehilangan yang begitu menyakitkan, namun ia sanggup melakukan kebaikan besar kepada Tuan Van der Broek – dan memang benar – dia sebenarnya melakukan lebih banyak untuk dirinya sendiri daripada untuknya. Karena tindakannya, masa lalunya tidak memiliki wewenang atas masa depannya. Dia tidak membiarkan rasa sakit masa lalu meracuni sikapnya. Sikapnya memuliakan Tuhan.

Silakan share :