Pdt Eko Yulianto

Ibadah raya 1 & 2 - minggu, 11 Agustus 2019
Rekaman Khotbah : Pdt Eko Yulianto
Ibadah Raya 1 & 2 – Minggu, 11 Agustus 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Amanat Agung

IBADAH RAYA 1

Apa yang Tuhan lakukan ketika gerejanya dipenuhi Roh Kudus. Kepenuhan Roh Kudus  akan dilawat Tuhan. Peristiwa di Azusa Street membuat Ibadah diadakan setiap hari dari pagi sampai malam. Tuaian besar terjadi. Persiapkan semuanya dengan besar, tempat, hati dan pola pikir baru.

Kis 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Menjadi saksi bukan suatu pilihan, tapi otomatis akan menjadi saksi. Setelah percaya dan dibaptis, Roh Kudus berdiam dalam diri kita. Bersaksi beda dengan menginjil, karena selain menyampaikan kabar baik, juga melakukan sesuai yang Tuhan lakukan. 

Pertanyaannya bagaimana cara bersaksi?

Kis 4:29 Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian untuk memberitakan firman-Mu.

Siapakah di antara kita yang tahu dan percaya sudah penuh dengan Roh Kudus? 

Orang Kristen hidup oleh iman. Orang kurang beriman tidak mengalami mujizat.

Kisah 4:31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

Jika dibalik, jika kita tidak memberitakan Firman, maka belum penuh Roh Kudus. Oleh karena itu jadilah saksi Kristus dan memberitakan Firman dengan berani. 

Peran Roh Kudus dalam bersaksi :

  1. Keberanian bersaksi (witness courager)

Kisah 4:29,31 Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian untuk memberitakan firman-Mu.

31  Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

Dia mendorong kita untuk bersaksi, karena:

  1. Tidak datang kedua kali 

Kesaksian melayani di Bali. Tanya orang Yahudi pintar. Karena menolak Tuhan, jadi ke bangsa-bangsa, sehingga orang Kristen jadi pintar2 dan kaya. Anak cucu tidak akan meminta-minta 

  1. Pertanggungan jawab atas nyawa orang dan diri sendiri

Yehezkiel 3:18-21 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati!  —  dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu. 19  Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kejahatannya dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu. 20  Jikalau seorang yang benar berbalik dari kebenarannya dan ia berbuat curang, dan Aku meletakkan batu sandungan di hadapannya, ia akan mati. Oleh karena engkau tidak memperingatkan dia, ia akan mati dalam dosanya dan perbuatan-perbuatan kebenaran yang dikerjakannya tidak akan diingat-ingat, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu. 21  Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang yang benar itu supaya ia jangan berbuat dosa dan memang tidak berbuat dosa, ia akan tetap hidup, sebab ia mau menerima peringatan, dan engkau telah menyelamatkan nyawamu.”

Jika tidak memperingatkan akan menuntut pertanggungan jawab pada kita. Jika sudah memperingatkan tapi tidak mau berbalik, maka nyawanya tidak selamat, namun nyawa kita selamat 

 

  1. Membantu berkata-kata (inspirator) 

Lukas 12:12 Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan.”

Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Dia menciptakan keadaan nya

Yoh 4:3, 4,5-7 Iapun meninggalkan Yudea dan kembali lagi ke Galilea. 4 Ia harus melintasi daerah Samaria. 5 Maka sampailah Ia ke sebuah kota di Samaria, yang bernama Sikhar dekat tanah yang diberikan Yakub dahulu kepada anaknya, Yusuf. 7  Maka datanglah seorang perempuan Samaria hendak menimba air. Kata Yesus kepadanya: “Berilah Aku minum.”

Roh Kudus mengingatkan kita. Yesus meninggalkan Yudea (tempat pelayanan) dan kembali ke Galilea (tempat tinggal), melintasi Samaria (tempat berkumpul orang). Yesus ketemu perempuan Samaria di sumur (tempat berkumpul),  bertemu orang yg membutuhkan pertolongan, atau berdosa. Membuka percakapan, berilah aku minum. Akhirnya bertobat dan seisi kota bertobat. 

 

  1. Memperlengkapi dengan kuasa (devine empowerment)

Markus 16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,

Kesaksian gereja di Jateng jemaat 33 menjadi 700. Pergi ke Desa, beli minum di Warung, ada yang sakit, menawarkan mendoakan, orang ini ceritakan pada orang lain yang sakit juga dan didoakan sembuh, dan jadi Kristen, dan terus berulang

Kisah 10,29 Itulah sebabnya aku tidak berkeberatan ketika aku dipanggil, lalu datang ke mari. Sekarang aku ingin tahu, apa sebabnya kamu memanggil aku.”

Menginjil belum tentu percaya, tapi menerima mujizat akan lebih mudah menjadi percaya.

Kesaksian mengajar KOM, mau pelayanan, bingung, kasih pilihan, RS, Anak jalanan, penjara, masih bingung, akhirnya bawa 4 jiwa dalam keluarga 

Petrus dan Yohanes

  • Kisah 3:1-8 menyembuhkan orang lumpuh sejak lahir 
  • Kisah 5:15 menyatakan mujizat Tuhan 

 

  1. Mengubah hati menjadi percaya (life transformer)

Yohanes 6:44 Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

Kesaksian Ibadah di keluarga yang suaminya muslim khatam, dan saat Ibadah duduk di ruang tamu merokok, istri pendeta mendapat penglihatan akan berkhotbah, 2 tahun kemudian suami tersebut di baptis, melayani Tuhanb dan bahkan menjadi Gembala.

Persoalannya apakah kita sudah memulai, ladang menuai pasti turun di ladang, tidak mungkin tidak turun di ladang. Tuhan sudah tetapkan kita di Bumi Anggrek, alami penuaian, bersaksi di kadang. Genapi Kis 4:31

 

IBADAH RAYA 2

Matius 1-10 bicara tentang pengenalan Yesus. Matius 11-28  lebih mengenal lagi.

Matius 10:8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Yesaya 53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Kita sudah mendapatkan dari Tuhan : berkat, kasih, anugerah. Menjadi penyembuh, pemelihara, penjaga. Jika mau di sembuhkan maka pasti sakit dulu, keluarga yang diberkati, berantakan dulu, mau diberkati secara finansial akan morat marit dulu. Tapi orang yang mendoakan atau memberkati tidak perlu sakit dan bermasalah dulu. 

Kesaksian pelayanan KOM 100. Bagian kita mendoakan, yang menyembuhkan Roh Kudus.

Kusta = orang tersingkir

Usir setan, jangan sebaliknya setan yang membuat kita tersingkir

  1. Perintah untuk mengadakan mujizat

Kesaksian orang yang lumpuh datang ke KKR Healing Movement. Oleh keluarganya ditaruh di depan panggung. Sampai habis acara belum sembuh dan tidak ada yang mengangkat kembali. Usher datang 15 orang mendoakan, dan sembuh. Mujizat adalah suatu pekerjaan atau perbuatan yang ajaib dan mengandung kuasa yang tidak dapat dikerjakan oleh hukum alam, dan dalam hal ini sebagai memperlihatkan daya perantara daripada Allah. Mujizat dimaksud kan dengan maksud untuk memperlihatkan kuasa Kristus. 

Matius 4:23 Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.

Kitapun harus berkeliling mencari orang yang membutuhkan pertolongan 

Matius 28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Kuasa itu ada pada kita

Mazmur 103:3 Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,

Markus 5:34 Maka kata-Nya kepada perempuan itu: “Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!”

 

  1. Roh Kudus telah memberikannya dengan cuma-cuma
  • Minta agar kita penuh dengan roh
  • Turun di ladang penuaian 
  • Kisah 3:1 pola tuaian

Dipenuhi Roh Kudus. Melihat melakukan yang belum pernah dilihat. Jangan menyerah 

 

Silakan share :