Pdt. dr Elizabet Subrata

Ibadah raya 1 & 2 - minggu, 28 Juli 2019
Rekaman Khotbah : Pdt Elizabet Subrata
Ibadah Raya 1 & 2 – Minggu, 28 Juli 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Help Your Body Heal Its Self

IBADAH RAYA 1

Dunia kedokteran membuktikan bahwa body heal its self.  Keluaran 15:26 firman-Nya: “Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku Tuhanlah yang menyembuhkan engkau.”  Ingat memperhatikan ketetapan Tuhan maka engkau akan dijauhkan dari penyakit dan akan sembuh.

Banyak ketetapan Tuhan. Di bidang ekonomi adalah Persepuluhan segera sisihkan saat menerima gaji atau penghasilan dan sisihkan untuk persembahan orang miskin dan pembangunan dll. Ketika kita memberi otak langsung mengeluarkan hormon endorfin / natural morfin yang membuat kita bahagia  = hormon bahagia. Setiap orang yang memberi maka dia akan bahagia.

Selain itu juga memberi ampun, Alkitab katakan mengampuni 70*7 kali. Membuat aktivitas imun kita meningkat, sehingga penyakit dikalahkan. Memberi senyum paling murah, bisa juga memberikan tenaga, senyum dan pengampunan, maka sel darah putih dalam tubuh kita akan naik dan tubuh menjadi sehat serta sembuh dari berbagai penyakit..

We are designed for giving, forgiving narturing/merawat, gembala pada domba,  merawat anak kita , merawat jemaat cool, merawat orang yang belum kenal Tuhan. Selama kita ikuti image Tuhan, maka kita akan cepat sembuh. Termasuk kanker, dokter berani kemo jika pasiennya beesemangat, menyayangi anak, seperti Daud berkata “aku tidak akan mati, karena waktuku belum selesai”. Tapi sebaliknya jika orang yang terus I, memikirkan diri sendiri, untung apa buat saya, berpikir orang selalu jahat buat saya. I = Illness. Lawannya adalah We = wellness, I vs We, We = together, hidup rukun bersama, maka kesitulah berkat dicurahkan.

Kata “saling” mengasihi, memberi, mengampuni ada banyak ratusan ayat di Alkitab, artinya Anda harus tertanam di gereja, cool atau komunitas, maka umur akan lebih panjang. Meskipun besi menajamkan besi, arguing, tidak apa-apa, karena hati tetap tertuju pada Kristus, tertanam dalam gereja lokal, we are designed for community 

SELF HEALING

1) Drink pure water, 80% tubuh dan otak serta lutut kita terdiri dari sebagian besar air. Jadi ketika sakit jangan lupa minum air. Dunia kedokteran berkata “You’re not sick but thirsty”, makan sayur dan buah yang mengandung banyak air, supaya tidak sakit, lutut kurang oil sehingga harus implant dengan biaya ratusan juta rupiah.  Air apa yang bisa diminum, jika air tidak bersih maka perlu filter.  Minimal minum 8 gelas rata2 jika tidak beraktivitas tinggi atau musim panas,  kecukupan minum air tandanya air kencing putih. Hoax terbanyak di bidang kesehatan. Orang Kristen harus mengetahui sumber berita sebelum viralkan.

2) Sayur dan buah. Tubuh kita didesign untuk makan sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Tanaman dari tanah, tumbuhan yang berbiji menjadi makananmu. Jangan beri pupuk, boleh organik.  Mindset jangan cari yang murah, banyak dan enak. Karena murah identik dengan imitasi. Tapi cari yang murni atau organik. Pestisida, herbisida dan fertilizer merampas kalium (mineral) dari makanan. Jika kalium drop bisa sudden death. Alkitab berkata umatku binasa karena kurang pengetahuan, mati sebelum menangkan pertandingan. Hati-hati makan obat untuk kurus, membuat kencing terus, akibatnya kalium drop, padahal kalium yang membuat jantung berdebar.

Mulailah makan sayuran hijau, organic tea, fresh coconut water, vegetable juices. Stop drinking soda, sports drinks, enhanced water and replace them with pure clean water. Alkitab berkata engkau akan pergi ke negeri yang penuh dengan anggur, buah ara. Biarlah daunnya menjadi obat. Seperti silantro daun ketumbar, kemangi, seledri adalah herbs, artinya lebih tinggi nutrisinya daripada sayur,  dan sayuran tersebut juga menurunkan darah tinggi.

Hati-hati makan bayam mentah karena banyak oksalat yang mengakibatkan kencing batu, Bayam perlu dimasak namun hanya light cooking. Juga sayuran harus dicuci sebelum dipotong, supaya vitamin dan mineral tidak larut dalam air. Brokoli, kubis, kembang kol, cale semuanya adalah anti kanker namun ingat hanya light cooking, dan di usus akan diubah jadi anti kanker, namun jika makan mentah akan jadi thyroid. Semakin tua semakin mudah sel kita bermutasi. Semakin mutasi menyebabkan kanker. Thiroid mengakibatkan gemuk. Gemuk ada 3 tingkatan : Gemuk saja over weight, Gemuk obesitas dan deathly obesitas. Your wrist is your life. Semakin lebar lingkar pinggang semakin tertarik usia kita. Baca Amsal 31:15 Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan.

Tomat juga jangan dimakan mentah akan problem alkaloid , jadi lebih baik dimasak pada suhu 88° selama max 30 menit, karena pada kondisi tersebut trans likopen naik 170%, dan supaya Vitamin tidak rusak, likopen adalah anti kanker prostat.  Let your food….  Dan tidak hanya itu Sislikopen yang mudah diserap tubuh akan naik 35%. Antioksidan naik 62%. Ingat gadget membuat radiasi cepat tua. Tomat sering dibilang apel cinta. Biter taste harus campur sour taste (nanas, kiwi, lemon) to give the good taste. Sehingga umur panjang ada di tangan kiri dan kehormatan serta kekayaan ada di tangan kanan. Hikmat dan pengertian mengelola gaya hidup kita menjadikan umur panjang. Hypokrates berkata let your food being your medicine.  Dalam zaman Pentakosta Ketiga siap diutus. Jadi harus sehat.

Kesaksian mama Billy Graham, dalam usia 90 tahun dan merasa sehat, serta menjadi pendoa syafaat bagi anaknya. Namun suatu ketika Tuhan bilang bahwa sudah waktunya kembali ke Tuhan. Mama protes karena merasa masih sehat dan masih menjadi pendoa, namun Tuhan bilang menurut Tuhan sudah sampai garis finish. Dan mama meninggal dalam keadaan tersenyum. Jadilah seperti wanita yang cukup minyaknya. Milikilah tujuan hidup.

IBADAH RAYA 2

Dunia kedokteran membuktikan bahwa body heal its self.  Keluaran 15:26 firman-Nya: “Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku Tuhanlah yang menyembuhkan engkau.”  Ingat memperhatikan ketetapan Tuhan maka engkau akan dijauhkan dari penyakit dan akan sembuh.

Tuhan sebagai penjunan dan kita tanah liat. Tanah liat lembut, dan Tuhan akan melembutkan hati kita agar mengikuti ketetapan Tuhan yang mungkin tidak kita sukai. Kadang kita tidak merasakan sakit, saya bisa datang ke gereja, bisa duduk, menyanyi, melompat, namun jika periksa ke laboratorium mungkin LDL atau asam urat kita tinggi. Apakah kita sehat ? Kita sakit, tapi menganggap diri sehat karena menganggap bisa melakukan aktivitas. WHO mendefinisikan “sehat adalah dilihat pada saat pagi hari, saat bangun tidur, fill full rested, merasa tidur pulas dan hilang segala capai, dan merasakan suka cita yang baru. Merasa sehat baik jasmani maupun rohani. Dan merasa siap mengarungi hidup hari ini. Sebaliknya jika bangun pagi merasa tidak sehat dan merasa kurang, artinya ada yang salah dalam tubuh kita karena banyak toksin yang masuk. Toksin tersebut akan masuk ke dalam mitochondria (power house), jika bersih maka hidup kita akan menjadi powerful.  Dapat memuji Tuhan dengan powerful, karena Dia layak dipuji dan disembah. John Maxwell berkata jika salah satu tubuhmu sakit bagian yang lain juga merasa sakit.

Men sana in corpora sano di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat. Tubuh, jiwa dan roh adalah saling interconnected 3 in 1. Jika tubuh sakit maka jiwa kita juga sakit. Jiwa sakit maka tubuh akan terganggu stress atau sakit maag. Gereja Tuhan tidak boleh pisahkan hal tersebut. Gereja kadang sering utamakan roh, namun lupa bahwa roh ada di mana, yaitu di dalam tubuh yang harus dijaga. Namun ingat selalu ada syarat bagi kebahagiaan Tuhan. Hikmat dan pengetahuan juga yang akan menjadikan umur panjang. Umur panjang harus masih produktif dan berbuah-buah lebat. Makanan juga ada perintah Tuhan. Jangan makan daging yang jorok dan menjadi illah lain. Jangan minum kopi pagi hari, tubuh kita belum perlu. Jangan mengandalkan kopi / kafein  untuk meningkatkan adrenalin, supaya pelayanan jadi bergairah. Jika pagi minum kopi, maka tidur tidak baik. Sehingga hidup tidak produktif.

3) Clean Your Brain With Sleep

Sleep adalah resting dan fasting. Itu adalah 2 hal terpenting yang dapat kita lakukan selain makanan untuk heal its self. Jika kita sakit maka kita perlu tidur. Namun tidur kita sering terganggu, karena sebelum tidur main gadget dan baca berita hoax. Seharusnya sebelum tidur baca Firman, karena besok jika kita bangun, disimpan di bawah alam bawah sadar, besok akan teringat Firman. Meskipun kita ngorok, belum tentu tidur pulas. Kedokteran harus melihat gelombang saat kita tidur. Tuhan memberikan tidur buat umat-Nya.

Mazmur 127:2 Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah  —  sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur. Namun lihat ayat tersebut dalam bahasa Inggris KJV It is vain for you to rise up early, To sit up late, To eat the bread of sorrows; For so He gives His beloved sleep.  Tidur karena sakit hatinya sehingga terbangun di pagi hari. Perintah Tuhan mengampuni 70*7 kali. Janganlah biarkan amarahmu sampai matahari terbenam.  Pola tidur yang jelek, akhirnya muncul lemak, inflamantasi, kortikoseron = hormon stress, hormon gralin juga keluar dan membuat lapar, sehingga makan menjadi rakus. We are design as GOD image. Gideon diminta mencari pasukan minta dipilih yang minum dengan tangan, bukan langsung dengan mulut. Jangan lupakan hal seperti ini. Jangan hanya mementingkan roh saja. What would Jesus do.  Selalu ingat akan hal ini.

Tidurlah dengan rapi, paling malam jam 23.00 karena saatnya lever kita membuang toksin, sehingga membuat kita marah setiap hari. Seperti kapas yang tidak bisa balik kembali. The tounge of the wise. Milikilah lidah orang bijak. Tidur yang jelek membuat amarah. Mati atau hidup tergantung lidah. Apa yang diingat sebelum tidur akan diingat besok pagi. Tidurlah setelah 3 jam makan. Buat altar keluarga setiap malam. Benyamin Franklin berkata early to bed early to rise, make a man happy, healthy, wealthy.  Jadi ketika cool jangan makan berat, cukup asinan dan sejenisnya, karean bisa membuat besok pagi jadi penuh amarah.

4) Fasting = reset its self

Seperti handphone jika problem perlu reset. Dunia kedokteran membuktikan, hanya satu kali saja dalam seminggu, maka akan mengerjakan perubahan yang luar biasa, help your body to reset  itself, and it start burn fat and sugar.  Gemuk overweight mengakibatkan lutut cepat aus karena keberatan tubuh.  Jika lapar makan buah dan sayur, ketimun, bengkoang, kedondong, hindari gorengan.  Sebelum datang ke rumah Tuhan jangan minta upah dulu.

Intermittent fasting.  Sebelum ibadah Minggu, maka Sabtu malam hari terakhir makan jam 18.00, tidur jam 21.00 dan besok pagi bangun tidak makan, biarkan perut kosong, untuk ikut ibadah sehingga energi tidak untuk mengunyah makanan di perut, sehingga energy untuk memuji Tuhan. Bahkan siapapun yang khotbah, masih belum pengalaman dan belepotan pun, tetap mendapat rhema dari Tuhan. Buat Ibadah kita haus akan Pujian dan Firman, karena Tuhanlah yang eager untuk memberikan anugerah bagi kita, sehingga kita akan dapat rhema bagi hidup kita.

Saat buka puasa juga jangan makan makanan berat / karbohidrat. Tapi berbukalah dengan buah-buahan. Saat perut kosong akan mengeluarkan zat BDNF brain-derived neurotrophic  factor, dan juga darah naik ke otak sehingga membuat kita cerdas dan mengerti Firman Tuhan, menangkap rhema Tuhan. Exercise while fasting to improve muscle regeneration and repair, also activate the brain.  Dan juga 80% xerotonin hormon peaceful dihasilkan di perut saat berpuasa. Alkitab berkata diamlah dan tenanglah, ketahuilah bahwa akulah Allah. Dan kita bisa dengar suara Tuhan sehalus apapun, dan membuat kita kuat untuk berperang seminggu ke depan.

Buat makan malam bersama keluarga, karena penelitian Kompas dan New York Times menyebutkan seorang anak yang makan malam bersama keluarga akan tidak mudah terjebak dalam seks bebas, narkotika, berpacaran bebas dst.

Silakan share :