Pdt. Drs Welly Pandensolang Ph.D

Ibadah raya 1&2 - minggu, 14 juli 2019
Rekaman Khotbah : Pdt Drs Welly Pandensolang Ph.D
Ibadah Raya 1 & 2 – Minggu, 14 Juli 2019  di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Mendatangkan Mujizat Tuhan

Markus 1:40-45 Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: “Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku.”
41 Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: “Aku mau, jadilah engkau tahir.”
42 Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir.
43 Segera Ia menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras:
44 “Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan apa-apa tentang hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan, yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka.”
45 Tetapi orang itu pergi memberitakan peristiwa itu dan menyebarkannya kemana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. Ia tinggal di luar di tempat-tempat yang sepi; namun orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru.

Mujizat berhubungan dengan persoalan atau masalah
Kusta pada zaman Yesus identik dengan kematian karena tidak ada obatnya. Dan pada saat itu istri yang kusta hukumnya dipecat suami.

1. Langkah pertama yang tepat : datang pada Yesus, seorang pribadi yang mengasihi dia, setelah semua orang menyingkirkannya. Datang pada Yesus artinya melekat tidak terpisah kan, seperti 2 kertas yang dilem jadi satu. Suami yang dekat pada Yesus artinya rindu bersekutu dengan Tuhan mezbah doa. Ilustrasi jemaat datang awal ke gereja. Percaya Yesus sanggup memulihkan.

2. Langkah kedua : berlutut di hadapan Tuhan

Daniel 6:11 Lalu orang-orang itu bergegas-gegas masuk dan mendapati Daniel sedang berdoa dan bermohon kepada Allahnya.

Daud di Mazmur berdoa 7 jam sehari
1 Tawarikh 22:14 Sesungguhnya, sekalipun dalam kesusahan, aku telah menyediakan untuk rumah TUHAN itu seratus ribu talenta emas dan sejuta talenta perak dan sangat banyak tembaga dan besi, sehingga beratnya tidak tertimbang; juga aku telah menyediakan kayu dan batu. Tetapi baiklah engkau menambahnya lagi.

1 talenta 34 kg = 3.400.000 = 1700 triliun
Tapi Daud tidak pernah bangkrut atau kekurangan. Semakin Daud sibuk dengan Tuhan maka semakin diberkati hidupnya.
Ilustrasi : tepuk tangan sampai tangan bengkak. Ini karena sikap hati. Praise worship terbaik buat Yesus.

3. Langkah ketiga : “jika engkau mau” Buat Yesus mau melakukan buat kita.

Sehingga tergerak hati-Nya Yesus menjamah sang kusta, menjamah hati suami istri, anak milenial yang sulit diatur
Buat sampai Yesus tergerak dan terjamah hati-Nya, sehingga seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta itu, dan masalah kita semua.
Kesaksian istri kanker payudara dan 3 bulan divonis mati. Berdoa menuntut kegalauan dan meminta kesembuhan. Puasa 10 hari, praise & worship, sampai istri terjatuh, dan disembuhkan. Saat ini istri masih sehat dan bersaksi di mana pun Yesus sembuhkan saya. Jangan cengeng, seperti Yesus juga bahkan di salib pun mendoakan musuhnya

4. Akibatnya ada pada Ayat 44 setelah diberkati, mengalami perubahan, pergilah kepada imam dan persembahkan untuk pentahiran

Berubah = metamorfosa, dari tidak sempurna menjadi sempurna. Hidup dalam Yesus berubah menjadi sempurna seperti Yesus.

5. Dan otomatis dinyatakan pada ayat 45 yaitu memberitakan peristiwa itu. Sebelum diminta beritakanlah Injil kabar baik Yesus.

SUKA CITA DARI YESUS

Bahagia atau sukses luar biasa

Mazmur 1:1-3 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Kunci Sukses :

A) BERBAHAGIALAH

1) Suka cita di dalam Yesus
Tidak marah terhadap suami atau istri. Di luar Yesus bisa suka cita, tapi beda karena semu, sementara saja.
Ilustrasi parfum Shinta harga 1000, ada parfum harga 800.000 tapi jika tidak mandi 3 hari tetap bau, karena semu disemprot dari luar.
Tapi mawar biarpun ditanam di tempat mana pun dan pupuk apapun, tetap aroma wangi.
Jika naik gaji sukacita, tapi masuk ICU duka cita. Jika dalam Tuhan, diomelin suami/istri tetap suka cita. Jika dalam aniaya tetap mengampuni dan memberkati berarti sudah memiliki sukacita Yesus. Ini sesuatu yang luar biasa

2) Kasih. Nikmatilah sorga sebelum masuk sorga. Jangan malah neraka sebelum masuk neraka.

3) Iman. Daud tetap beriman meskipun mau dikudeta dan dibunuh
Definisi iman secara praktis : 1 Yoh 5:15 Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.

Sakit akut yakin sembuhkan
Setelah pensiun akan dapat berkat melebihi waktu aktif. Setelah tua akan diberikan berkat anak cucu.

Kisah 20:7-11 Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.
8 Di ruang atas, di mana kami berkumpul, dinyalakan banyak lampu.
9 Seorang muda bernama Eutikhus duduk di jendela. Karena Paulus amat lama berbicara, orang muda itu tidak dapat menahan kantuknya. Akhirnya ia tertidur lelap dan jatuh dari tingkat ketiga ke bawah. Ketika ia diangkat orang, ia sudah mati.
10 Tetapi Paulus turun ke bawah. Ia merebahkan diri ke atas orang muda itu, mendekapnya, dan berkata: “Jangan ribut, sebab ia masih hidup.”
11 Setelah kembali di ruang atas, Paulus memecah-mecahkan roti lalu makan; habis makan masih lama lagi ia berbicara, sampai fajar menyingsing. Kemudian ia berangkat.
21 jam KKR Paulus. Iman terlihat saat dengar FT dan suka praise worship.

B) 10b HIDUP DALAM KEKUDUSAN
7 pendayung juara dunia, merayakan dengan mabuk, perahu tidak jalan krn tali belum di lepas dari dermaga. Itu dosa yg harus dilepaskan.
Yoh 5:14 Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Allah lalu berkata kepadanya: “Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk.”
Ketemu Yesus di bait Allah dan jangan berbuat dosa lagi.

C) ayat 2 RENUNGKAN FIRMAN TUHAN siang dan malam, Firman sb di dalam kita, Firman sebagai kebutuhan bukan kegiatan.
Ruth Graham berkata, jangan biarkan ratusan ayat hilang dari pikiranku, tapi ambillah emas dan permata dari gudang.
Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Kesukaran pasti ada karena itu bagian dari sukses

D) APA HASILNYA? : ayat 3, apapun yang diperbuatnya berhasil.

Silakan share :