Pdp Gunawan Obaja

Ibadah raya 1 & 2 - minggu, 24 maret 2019
Rekaman Khotbah : Pdp Gunawan Obaja
Ibadah Raya 1 & 2 – Minggu, 24 Maret 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Kasih Setia Tuhan

Menaruh hati yang baru dan mengalami janji Tuhan.
Mazmur 33:18-22  Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya, untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan. Jiwa kita menanti-nantikan TUHAN. Dialah penolong kita dan perisai kita!  Ya, karena Dia hati kita bersukacita, sebab kepada nama-Nya yang kudus kita percaya.  Kasih setia-Mu, ya TUHAN, kiranya menyertai kami, seperti kami berharap kepada-Mu.
Mata Tuhan tertuju pada orang yang takut akan Dia dan berharap akan kasih setia Tuhan, sehingga Tuhan taruh hati yang baru sehingga mengerti apa rencana Tuhan dalam diri kita. Selalu ada harapan dalam hidup kita.
1) Kasih setia Tuhan
Keluaran 33:15-16 Berkatalah Musa kepada-Nya: “Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini. Dari manakah gerangan akan diketahui, bahwa aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, yakni aku dengan umat-Mu ini? Bukankah karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami, aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini?”
Kita umat yang dikasihi Tuhan. Perbedaannya adalah karena Tuhan berjalan bersama kita, menuntun dalam setiap langkah hidup kita. 
Ratapan 3:21-24 Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap: Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya,  selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! “TUHAN adalah bagianku,” kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya. 
Tak berkesudahan kasih setia Tuhan 

2) Setia artinya dapat dipercaya

Tuhan setia artinya dapat dipercaya. Jika Tuhan setia kepada kita maka kita juga harus setia pada Tuhan. Kunci utama menghadapi Tahun Kelahiran Yang Baru
Contoh :
– Tuhan memelihara janji nya
Ulangan 7:9  Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan,
Bahkan anak cucu kita, tidak akan mengingkari
– Tuhan memelihara kita dari yang jahat
2 Tesalonika 3:3 Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.
1 Korintus 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
– Tuhan menyelamatkan umat-Nya dari kebinasaan
Mazmur 98:3  Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.
Mazmur 91:3-4 Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk. Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.
Hendaknya kita menyatakan Mazmur 91 setiap pagi. Kita adalah jemaat yang setia berarti yang dapat dipercaya.
– Tuhan mengampuni, menyucikan dan menyelamatkan kita dari dosa
1 Yohanes 1:9  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
Mazmur 103:18 bagi orang-orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan yang ingat untuk melakukan titah-Nya.
– Yang lama biarlah berlalu dan yang baru
Ilustrasi Gajah dan Anjing
Jangan kurang percaya kita jika belum menerima berkat karena waktunya belum tiba
Silakan share :