Pdt. Chandra Buana

Ibadah raya 3 - minggu, 17 maret 2019
Rekaman Khotbah : Pdt Chandra Buana
Ibadah Raya 3 – Minggu, 17 Maret 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Tahun Kelahiran Baru

Yehezkiel 36 :26-27 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Itu adalah Janji Tuhan. Nabi yang dipilih untuk menyatakan kebenaran, dan Israel saat itu dibuang ke Babel karena kejahatan dan dosa-dosanya. Seperti kehidupan kita sebelum terima Yesus, tapi ada inisiatif Tuhan terus menerus untuk menyelamatkan Israel dan kita.

Yehezkiel 29-32 Aku akan melepaskan kamu dari segala dosa kenajisanmu dan Aku akan menumbuhkan gandum serta memperbanyaknya, dan Aku tidak lagi mendatangkan kelaparan atasmu. Aku juga memperbanyak buah pohon-pohonanmu dan hasil ladangmu, supaya kamu jangan lagi menanggung noda kelaparan di tengah  bangsa-bangsa. Dan kamu akan teringat-ingat kepada kelakuanmu yang jahat dan perbuatan-perbuatanmu yang tidak baik dan kamu akan merasa mual melihat dirimu sendiri karena kesalahan-kesalahanmu dan perbuatan-perbuatanmu yang keji.  Bukan karena kamu Aku bertindak, demikianlah firman Tuhan ALLAH, ketahuilah itu. Merasa malulah kamu dan biarlah kamu dipermalukan karena kelakuanmu, hai kaum Israel.

Pada ayat 31 pertobatan Israel tidak lagi sengaja dan suka berbuat dosa, jadi mual mengingat kenajisan kekotoran masa lalu. Bukan karena kemauan kita, kebiasaan kita, Tuhan menjaga kekudusan dan memberi hati yang taat. Di mana hartamu berada hatimu berada, Amsal bagaimana hatimu itu menggambarkan dirimu. Perlu pemulihan hati. Tuhan tidak pernah memilih hamba Tuhan karena penampilan, prestasi, seperti Gideon yang sembunyi dan Daud yang hanya gembalakan 2-3 domba. Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Jadi jaga hati, karena menular kepada lingkungan.

1) Roh yang baru. Kita adalah bait Roh Kudus, yaitu di hati. Jika pusatnya dikuasai Roh Kudus dan bukan ego kita maka hidup kita akan terbawa ke suasana yang baik. Manusia diberikan freewill, ke mana kita akan bawa hidup kita. Jika roh kita dalam dosa, maka seperti Adam penuh dgn Roh Allah, kekal tapi diberi hak pilih. Apakah mau makan buah, ego muncul, dan dengar suara Iblis. Roh Allah tidak diberi kuasa, sehingga kita tidak mengalami apa-apa,  yang bekerja pikiran, kemauan dan bisa-bisa kita.

Ketika berbuat dosa, Roh Allah pergi dan hubungan dengan Allah mati. Tapi karena itikad baik Allah dikirimkan anak-Nya yang dikandung dari Roh Kudus. 1 Yohanes 5:13 Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.sehingga kita perokeh hidup yang kekal.

Chef Master mengejar sesuatu yang tidak kekal saja begitu bersemangat mati-matian. Tapi orang Kristen tidak merasa harus mengejar kekekalan tersebut. Padahal kekekalan is everything.

2) Hati yang taat. Musa dididik Tuhan 40 tahun di universitas padang gurun pun gagal dan tidak taat, emosi ketika diributkan oleh orang Israel, sehingga memukul batu keluar air. Jadi setinggi apapun sekolah kita, yang menentukan sukses adalah ketika lulus ujian sehari-hari di parkir dan warung. Jaga kestabilan hati. Ketaatan akan diuji setiap hari, yaitu ujian dengan Firman. Juga anak muda yang kaya dan tidak mau meninggalkan hartanya untuk mengikuti Tuhan. Yunus juga taat kepada Tuhan

Alasan orang tidak taat kadang karena melihat hanya yang enak2 saja, sehingga lebih memilih yang enak meskipun harus tidak taat. Tuhan tidak pernah menyuruh hambanya namun tidak enak, seperti Abraham taat diminta pergi ke Ur Kasdim, tempat yang tm tidak dikenal. Namun ketika taat maka Abraham memperoleh berkat menjadi Bapa segala bangsa. Apa yang kita pikirkan kadang tidak sesuai dengan pikiran Tuhan, jadi amannya jika hidup kita dipimpin oleh Roh. Dan ada perjanjian baru, aku tidak mengenal dosa2 mu lagi, yang lama sudah berlalu

Mungkin sekarang ini kita masih mempertahankan cara2 kita sehingga semua terasa sulit, jadi dalam tahun kelahiran yang baru ini, hendaknya kita mengikuti cara Tuhan. Anggur baru tidak bisa di dalam kirbat yang lama. Kolose 3:5-10 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,  semuanya itu mendatangkan murka Allah (atas orang-orang durhaka).  Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya.  Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.  Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya,  dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;matikan dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, ini adalah bagian kita 

Roh Tuhan ada di dalam kita bisa kita melakukan perbuatan jahat, karena menyingkirkan Roh Allah. Harus terus diperbarui utk menjadi serupa Kristus

3) Saling mengasihi. Yohanes 13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Berdoa, mengucap syukur senantiasa dan taat dalam segala hal. Berdoalah setiap hari agar kita dipenuhi Roh Kudus. Taat dan hilangkan sakit hati dan kekecewaan. Agar tidak merusak kan hidup kita. Dan menimbulkan segala dosa.

Silakan share :