Pdt. Leo Sitinjak

Ibadah raya 1 - minggu, 17 Maret 2019
Rekaman Khotbah : Pdt Leo Sitinjak
Ibadah Raya 1 – Minggu, 17 Maret 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

21 Tahun Pelayanan

Makna Angka 21

Kita hidup dalam Abad 21. Dan hari ini ada 21 orang yang berusia 21 tahun. Generasi Yeremia berusia 21 tahun, berarti gereja kita adalah Gereja Yeremia yang berdoa, menangis dan meratap untuk kota dan bangsa yang terhilang.

Daniel berdoa dan puasa selama 21 hari (Daniel 10:2-3). Ibu kita Kartini lahir tanggal 21 dan mendobrak hak asasi wanita. Ulat metamorfosis berubah menjadi kupu-kupu slema 21 hari, dan gereja kita saat ini siap berubah menjadi berkat buat jemaat Tuhan.

Telor ayam dierami selama 21 hari, maknanya Roh Kudus mengurapi gereja ini 21 tahun, dalam suka dan duka, dan saat ini gereja kita diurapi dengan kuasa Roh Kudus, untuk breakthrough menjadi gereja apostolik dan profetik.

Ketika menjadi ulat rakus makan terus, dan setelah menjadi kupu-kupu makan madu, yaitu madu Firman Tuhan. Anak ayam terus mencicit memuji Tuhan. 21 tahun adalah usia dewasa muda, dewasa dalam penginjilan, pelayanan meskipun masih muda usianya. Rohnya tetap muda seperti Daniel melayani Tuhan.

Tuhan Membukakan Mata Kita

Kejadian 21:14-20 Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba.  Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak,  dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya: “Tidak tahan aku melihat anak itu mati.” Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring.  Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kata-Nya kepadanya: “Apakah yang engkau susahkan, Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring.  Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.”  Lalu Allah membuka mata Hagar, sehingga ia melihat sebuah sumur; ia pergi mengisi kirbatnya dengan air, kemudian diberinya anak itu minum.  Allah menyertai anak itu, sehingga ia bertambah besar; ia menetap di padang gurun dan menjadi seorang pemanah.

Sarai tidak punya anak, ketika 91 tahun baru punya anak Iskak, sehingga Hagar dan Ismail diusir oleh Abraham. Dan covenant Allah untuk Ismail menjadi bangsa yang besar. Allah mendengar suara Ismail dan membuka mata Hagar sehingga melihat sumur, dan Hagar pergi mengisi kirbat.

Air menunjukkan berkat berlimpah dari Tuhan. Kesembuhan, mujizat, pentahiran, pemulihan, berkat berlimpah di usia 21 tahun. Tuhan melakukan perkara besar, jika senantiasa mendengarkan suara Tuhan, akan dipakai Tuhan secara luar biasa.

2 Raja 6:15 Ketika pelayan abdi Allah bangun pagi-pagi dan pergi ke luar, maka tampaklah suatu tentara dengan kuda dan kereta ada di sekeliling kota itu. Lalu berkatalah bujangnya itu kepadanya: “Celaka tuanku! Apakah yang akan kita perbuat?”

Pasukan Tuhan Mengelilingi Gereja Kita

Abdi Elisa melihat tentara berkuda dan kereta, dan menjadi kuatir. Elisa meminta Allah membuka mata bujangnya, dan melihat sepasukan tentara Tuhan kuda dan kereta berapi. Di ulang tahun ke 21 ini biar seluruh jemaat dibukakan mata untuk berkat dan mujizat yang luar biasa.

Dan kita punya pasukan Tuhan yang mengelilingi gereja kita, dan memiliki pasukan pengerja yang elite, sudah dewasa meskipun masih muda untuk melayani Tuhan dengan profetik dan apostolik. Berdoa agar hidup kita dialiri dengan kuasa Roh Kudus, sehingga kita akan melihat dan mengalami berkat mujizat supranatural. Buat Tuhan menjadi kagum melihat hidup dan pelayanan kita

Lukas 24:14-21  dan mereka bercakap-cakap tentang segala sesuatu yang telah terjadi.  Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka.  Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia.  Yesus berkata kepada mereka: “Apakah yang kamu percakapkan sementara kamu berjalan?” Maka berhentilah mereka dengan muka muram.  Seorang dari mereka, namanya Kleopas, menjawab-Nya: “Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?”  Kata-Nya kepada mereka: “Apakah itu?” Jawab mereka: “Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.  Tetapi imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin kami telah menyerahkan Dia untuk dihukum mati dan mereka telah menyalibkan-Nya.  Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi.

Sudah bicara dengan Tuhan tidak melihat bahwa itu Yesus, karena mata diselubungi. 21 tahun gereja siap menikah, penuaian jiwa beribu laksa, bergandengan tangan melayani Tuhan. Dan mata kita dibuka melihat Yesus dan berdoa dalam urapan memuji Tuhan, sehingga Tuhan tidak hanya memberi kirbat, tapi sumur yang berbual-bual, bukan hanya urapan tapi kemuliaan Tuhan.

Markus 10:47 Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!”

Immanuel Tuhan membuka mata kita dan beserta kita omni presence. Rabuni supaya aku dapat melihat. Mata orang buta sejak lahir itu dibukakan. Dan pertama kali ia melihat Yesus

Wahyu 3:18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.

 

 

Silakan share :