Pdt. Leo Sitinjak

Ibadah raya 1 - minggu, 20 Januari 2019
Rekaman Khotbah : Pdt Leo Sitinjak
Ibadah Raya 1 – Minggu, 20 Januari 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Firman Allah Yang Sempurna

Ada 3 binatang yang bisa ditunggangin  Iblis atau setan

  1. Ular
  2. Babi
  3. Ular Naga

Ketiga binatang ini unik

  1. Ular binatang yang lemah. Ular kalau dia mau ganti kulit atau sisik. Dia tetap juga ular. Beda dengan ulat kalau ganti kulit dia metamorfosis menjadi kupu-kupu
  2. Babi walapun sudah mandi air bersih, tetap saja dia kembali kepada kubangan, itulah sifat babi

2 Petrus 2:22  Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: “Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya.”

  1. Naga – si ular Tua. Binatang yang unik.

Wahyu 12:3 Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.

Wahyu 13:4 Dan mereka menyembah naga itu, karena ia memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: “Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?”

Wahyu 20:2, 3, 7 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya. Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya,

Ada 3 hal yang mau kita pelajari hari ini :

  1. Masa penciptaan

Allah menciptakan Langit dan Bumi serta segala Isinya. 2 pasal dari kitab Kejadian adalah tentang penciptaan : Pasal  1 dan pasal 2 dari kitab Kej adian. Tetapi di dalam 2 Petrus 3:9-13 dikatakan “Langit dan bumi dan segala isinya akan Lenyap …..”

Tetapi ayat 13 dari 2 Petrus 3 tersebut, sesuai  dengan janji-Nya. Kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, dimana terdapat kebenaran (ayat 14).  Sambil menantikan semuanya itu kita harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam pendamaian dengan Dia

 

2 pasal dalam kitab Wahyu akan disempurnakan yaitu Wahyu pasal 21 dan Wahyu pasal 22 . Wahyu pasal 21:1-2 tentang Langit yang Baru dan Bumi yang Baru. Wahyu 21:1-8  tentang Yerusalem yang Baru. Wahyu 21:9-22 . Contoh dalam Kitab Kejadian 1:14 -17  Benda2 penerang utk siang dam malam. Tetapi kitab Wahyu  21 :22-25 sebab malam tidak ada lagi, penerangnya adalah ALLAH sendiri.

Penciptaan Manusia. Manusia dan Taman Eden. Kejadian 2:8-25. Ayat 9 Lalu Tuhan Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya.

  1. Dan pohon Kehidupan di tengah-tengah taman itu.
  2. Serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

Kejadian 2:16-17 larangan  Allah tentang buah pohon yang baik dan yang jahat tidak boleh dimakan.

Manusia Jatuh Dlm Dosa  Kej 3:21-24. Ayat 24 Allah mengusir manusia itu ke sebelah timur Taman Eden dan dijaga oleh beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala. Kalau tidak di usir oleh Allah maka  manusia itu akan mengulurkan tangannya untuk mengambil buah kehidupan itu dan memakannya maka  manusia itu akan hidup dalam kekekalan di dalam dosa kekal.

Yesus menggenapi hukum Taurat. Kelahiran-Nya dan kematian-Nya di kayu Salib

Mat 2:11  Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

Galatia 3 :13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”

Galatia 2:19 Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus;

Galatia 5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

Galatia 6: 14  Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia.

Lukas 9 : 23 Kata-Nya kepada mereka semua: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.

Lukas 14 :27 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Tetapi kita semua adalah milik Tuhan Yesus Tuhan sebagai Juru Selamat.

Dan mau PIKUL SALIB, maka kita akan hidup selamanya. Amin

Silakan share :