Pdt. Fess Montezuma (Monty)

Ibadah raya 1 - minggu, 30 desember 2018 jam 07.00 - 09.00
Rekaman Khotbah : Pdt Fess Montezuma (Monty)
Ibadah Raya 1 – Minggu, 30 Desember 2018 Jam 07.00 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

BADAI BAWA DAMAI

Badai = Bawa Damai.

Manusia butuh damai. Ada yang mengejar damai dengan mengejar harta, posisi, kekuasaan, cepat menikah karena butuh kasih sayang dll. Tapi ketika keadaan berubah, terjadi goncangan ekonomi, bisnis bankrut, harta hilang, kekuasaan berganti dan situasi memburuk karena ulah manusia lain, dan uang habis, maka terbukti tahun ini terjadi 350.000 perceraian di Indonesia. Akhirnya semuanya hanya membawa pada kegagalan dan kekecewaan. Jadi damai sejahtera yang sejati dan kekal hanya ada pada Yesus saja.

Yohanes 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Damai sejahtera Kristus itu menuntun kita mengambil langkah yang benar (bukan baik). Sudahkah kita mengalami damai sejahtera Allah, yang sudah mengalami akan terlihat dengan mudah mengampuni, dengan berbuat baik, dan tidak berbuat hal yang jahat.

Lukas 28:18-20 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.  Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Melakukan Amanat Agung untuk damai sejahtera Allah. Gereja yang tidak menginjil dan memuridkan adalah gerjea yang tidak punya kontribusi Kerajaan Allah. Setan tidak takut pada banyaknya gereja dan orang rajin ke gereja, setan hanya takut ketika gereja taat dan setia melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus. Karena janji Yesus akan menyertai gereja sampai akhir zaman. Bagi Tuhan tidak ada perkara yang mustahil.

 

Bagaimana cara mewartakan kabar baik:

 

1) Siapa saja

Mulailah dari yang dekat (rumah, teman-teman, yang kita kenal), mulailah dari satu (berdoa boleh jutaan tapi mulai dulu), jangan pilih-pilih orang karena setiap orang perlu menerima kabar baik, karena Injil adalah kekuatan yang menyelamatkan setiap orang. Sehingga orang mengalami metanoia = perubahan pola pikir, sehingga memiliki belas kasih Allah. Sehingga tidak terbawa emosi. Salvation adalah misi Tuhan, bukan misi manusia, karena manusia sebenarnya tidak ada keinginan menyelamatkan manusia, kecenderungannya hanya menyakiti orang lain, dan bahkan mencibir yang pernah menyakiti dia. Kecuali manusia yang telah memiliki ciptaan baru.

Yesaya 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Mengapa yang disebut pertama adalah Penasihat Ajaib atau Wonderful Counselor. Karena syarat menjadi seorang konselor adalah harus memiliki belas kasihan. Tidak bisa dilakukan oleh seorang investigator atau bahkan provokator. Dan Yesus memiliki belas kasihan itu.

Yohanes 4 seorang perempuan Samaria yang saat itu mengalami self rejection gambar diri yang rusak, Yesus menyapanya untuk menaikkan harga dirinya dengan tidak menuduh. Akhirnya pemulihan gambar diri terjadi dan perempuan tersebut menceritakan kebesaran Tuhan Mighty God kepada seluruh kota.

Beda pendeta dan pencuri, pendeta adalah pencuri yang telah bertobat dan pencuri adalah pendeta yang belum bertobat. Melihat seorang positif saja, jangan menghakimi, karena penghakiman adalah haknya Tuhan. Kabarkan Bapa yang kekal everlasting God. Bersikap ramah agar orang tidak marah. Dan ketika Roh Kudus bekerja dengan dahsyat dia akan mengalami pemulihan.

Makan satu buah pepaya memberikan kekuatan, satu orang percaya seiisi rumah diselamatkan.

 

2) Dimana saja

Bagikan berita damai Allah di rumah, di sekolah/kampus, di kantor, di social media. Seperti Yesus mengabarkan kabar baik bagi perempuan Samaria adalah di sumur.

Jangan langsung membawa orang yang baru diselamatkan datang ke gereja, tapi ada komunitas cool yang menyiapkannya lebih lanjut. Sifat khas Allah adalah omni present maha hadir. Kita harus sensitif tapi jangan sensi-an.

Kesaksian ketika SD 1977 mendapatkan stiker dari Amsal 14:26 Dalam takut akan TUHAN ada ketenteraman yang besar, bahkan ada perlindungan bagi anak-anak-Nya. Stiker tersebut ditempel di lemari dan setiap hari membaca kata-kata dalam stiker tersebut. Dan akhirnya 20 tahun kemudian 1997 saya menerima damai yang sejati, karena Raja Damai mengambil alih hidup saya. Firman yang diberitakan tidak akan kembali dengan sia-sia. Ke kota lembang cari pasir, tanya sana-sini siapa yang punya. Beritakan injil jangan bimbang dan kuatir, Tuhan membuat indah pada waktunya.

 

3) Kapan saja

2 Timotius 4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

Christmas is not about Santa Claus is coming to town, but Jesus is coming soon. Makna Natal Tuhan datang segera. Beritakan kabar baik, baik atau tidak baik waktunya.

Kesaksian ibu yang harus dikuret karena jika dibiarkan saat melahirkan ibunya akan meninggal. Namun ibu tersebut setelah konseling dengan seorang ibu gembala, memutuskan meneruskan kehamilannya, rela agar anaknya tetap hidup biarpun dia meninggal secara mulia. Makan kue sus makan kue ketan, di dalam Yesus ada kekuatan.

Jangan hanya merayakan Natal tapi juga mencintai pribadi Yesus, mencintai bukan hanya perkataan tapi perbuatan.

Yesaya 48:18 Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,

Silakan share :