Bpk. Jesaja Mulja

Ibadah raya 3 - minggu, 11 november 2018
Rekaman Khotbah : Bpk. Jesaja Mulja
Ibadah Raya 3 – Minggu, 11 November 2018 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Bersyukur Karena Pertolongan Tuhan

Mazmur 138:1-8 Dari Daud. Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hatiku, di hadapan para allah aku akan bermazmur bagi-Mu. Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu. Pada hari aku berseru, Engkaupun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku. Semua raja di bumi akan bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, sebab mereka mendengar janji dari mulut-Mu; mereka akan menyanyi tentang jalan-jalan TUHAN, sebab besar kemuliaan TUHAN.  TUHAN itu tinggi, namun Ia melihat orang yang hina, dan mengenal orang yang sombong dari jauh.  Jika aku berada dalam kesesakan, Engkau mempertahankan hidupku; terhadap amarah musuhku Engkau mengulurkan tangan-Mu, dan tangan kanan-Mu menyelamatkan aku.  TUHAN akan menyelesaikannya bagiku! Ya TUHAN, kasih setia-Mu untuk selama-lamanya; janganlah Kautinggalkan perbuatan tangan-Mu!

Ayat 1 terjemahan Setuaginta, para allah = angelion = para malaikat atau mahluk sorga. Dalam beribadah kita harus melakukan dengan sungguh-sungguh atau sepenuh hati dan fokus disertai dengan bersyukur dan menyembah dan bermazmur atau memuji Tuhan karena disaksikan para malaikat dan penghuni sorga

Ayat 2 ke arah baitmu menggambarkan hadirat Allah. Dia maha hadir omni present. Kasih dan setia (terjemahan : kheset) adalah sifat-sifat Allah. 

Jika Allah berjanji, Dia pasti menepati karena mempertaruhkan nama-Nya yang agung dan besar melebihi segala sesuatu

Ayat 3 : Jika kita sungguh-sungguh berseru, Dia menjawab.

Yeremia 33:3 Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.

Ayat 4-5 : Semua raja akan bersyukur, oleh karena Tuhan memberi kesempatan seseorang menjadi raja/penguasa. Daud yang tidak pernah bermimpi menjadi raja tapi diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menjadi raja Israel, bahkan menjadi raja yg besar dan mashyur.

Ayat 6 : Tuhan itu tinggi tetapi melihat = menghargai orang hina atau rendah hati, tetapi membenci orang sombong. Orang rendah hati cendrung mengandalkan Tuhan, pasrah/berharap kpd Tuhan

Ayat 7 : Jika kita berada dalam kesesakan = kesulitan yang luar biasa, tapi Tuhan mempertahankan / menopang / membela hidup kita, tangan kanan Tuhan menyelamatkan.

Ayat 8 : Tuhanlah yang mampu menyelesaikan masalah kita dan Dia tidak meninggalkan kita karena kita adalah buatan Allah.

Efesus 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

 

Silakan share :