Pdm Irwan Ambarita

Ibadah raya 1 - minggu, 21 Oktober 2018
Rekaman Khotbah : Pdm Irwan Ambarita
Ibadah Raya 1 – Minggu, 21 Oktober 2018 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Hati Nurani Yang Murni

Kisah 24:16 Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia.
2 Korintus 1:12 Inilah yang kami megahkan, yaitu bahwa suara hati kami memberi kesaksian kepada kami, bahwa hidup kami di dunia ini, khususnya dalam hubungan kami dengan kamu, dikuasai oleh ketulusan dan kemurnian dari Allah bukan oleh hikmat duniawi, tetapi oleh kekuatan kasih karunia Allah.
Bejana tanah liat adalah kita harus diisi dengan harta karunia Illahi yang baik, sehingga akan meluap hal yang baik dan indah. Kebaikan, kelemahlembutan bukan kedagingan amarah iri hati pertikaian.
Adam dan Hawa telah ternoda hati nuraninya, sehingga takut bertemu Tuhan. Sehingga hati nurani yang murni juga telah hilang pada manusia. Namun Yesus datang menebus dosa manusia untuk memulihkan hati nurani yang kudus.
Ibarat telur putih dan kuning, jika belum dipecah dan dicampur maka belum bisa bercampur. Setelah dipecahkan dan diaduk, maka kuning telur akan mempengaruhi warna seluruh telur sehingga akan berwarna kuning semua. Hati kita harus dipecahkan, hancur hati dan remuk hati dan menerima Roh Kudus hadir dalam hati kita, jangan bebal, sehingga ada ketenangan dan kedamaian dalam hidup kita.
Seperti Daud ketika merancangkan yang jahat, hatinya bergolak, dan ketika dikonfirmasi oleh Nabi Nathan, dia berseru kepada Allah Mazmur 51:10-14 tahirkanlah aku dan jangan ambil Roh-Mu yang kudus daripadaku,yapi lengkapilah dengan Roh yang rela. Rela dibentuk oleh Firman Tuhan, agar berbalik kepada Tuhan.
Hati nurani yang murni dan telah dipulihkan, maka kita tahu apa yang Tuhan rasakan dan mau di dalam hidup kita. Kita membawa suasana Kerajaan sorga di dalam hidup kita. Kemah sementara yang diisi dengan harta kekayaan Surgawi.
Ciri orang yang memiliki hati nurani murni:
1) Memiliki persekutuan dengan Tuhan. Tidak menjauhkan diri dari persekutuan. Tidak seperti yang lama, tapi telah dipulihkan berlari menuju Tuhan
2) Ada kepercayaan pada Tuhan. Memiliki hati yang murni. Seperti pohon jati semakin dewasa memiliki corak tertentu. Orang Kristen juga memiliki corak tertentu, penuh kasih yang timbul dari hati nurani yang murni. Yesus telah membebaskan kita dari ketakutan dan rasa malu. Dan buah Roh yang muncul dari diri kita.
Sehingga ada kharakter yang baik dalam orang yang telah ditebus hati nuraninya:
1. Kharakter orang Kristen adalah KASIH.
2. PENGORBANAN. Ada keadilan dalam pengorbanan.
3. Kekudusan
Kharakter dan jati diri tersebut dapat berubah seturut dengan pergaulan kita, namun akan tetap jika senantiasa dekat dengan Tuhan.
Silakan share :