KHOTBAH GEMBALA

“TAHUN AYIN VAV (5776)”

Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan,

Dari tanggal 13 September 2015 yang lalu sampai dengan 3 Oktober 2016 menurut kalender bangsa Yahudi adalah tahun 5776 yang disebut dengan Ayin Vav. Ayin Vav berarti 76 di mana Ayin (70) adalah simbol sebuah mata.

AYIN

Early

Hebrew

Middle

Hebrew

Late

Hebrew

Modern

Hebrew


Memang yang pertama (dalam Early Hebrew) bentuknya adalah mata dan itu berbicara tentang mata Tuhan dan juga mata kita. Dalam Mazmur 32:8 maka dikatakan: “Aku hendak mengajar dan menunjukkan jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.” Mata Tuhan tertuju kepada kita semua, Dia mau mengajar, menasehati, dan menunjukkan jalan yang harus kita tempuh. Dan ini semua bisa kita tangkap kalau mata kita tertuju kepada-Nya. Setiap tahun Dia mau menuntun kita karena Dia sangat mengasihi Saudara. Saudara pegang baik-baik apa yang saya katakan; jangan lihat masalah Saudara! Saudara mungkin datang dengan bermacam-macam masalah, tetapi ingat! Tuhan Yesus sangat mengasihi Saudara. Dia mau menuntun, mengajar, menunjukkan jalan yang harus kita tempuh. Mata Tuhan tertuju kepada kita tetapi mata kita pun harus tertuju kepada Dia. Amin! Sekarang mari kita lihat apa tuntunan Tuhan dalam memasuki tahun Ayin Vav.

TAHUN AYIN VAV = TAHUN YOBEL

Tahun Ayin Vav, ini adalah tahun Yobel. Tahun Yobel adalah Tahun Pembebasan! Imamat 25:10, “Kamu harus menguduskan tahun yang kelima puluh, dan memaklumkan kebebasan di negeri itu bagi segenap penduduknya. Itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, dan kamu harus masing-masing pulang ke tanah miliknya dan kepada kaumnya.” Pada zaman itu setiap laki-laki orang Israel mendapat warisan tanah. Kalau dia jatuh miskin atau bangkrut dia boleh menjual tanahnya tetapi dengan catatan, tanah itu tidak selamanya menjadi milik pembelinya, sebab pada tahun Yobel harus dikembalikan kepada pemiliknya. Dan kalau sudah menjual tanah tetapi masih ada hutang, dia bisa menjual dirinya kepada pemberi hutangnya dan bersedia menjadi budak krediturnya tersebut. Tetapi sekali lagi, menjadi budak itu tidak selamanya, sebab pada tahun Yobel dia harus dilepaskan kembali dan menjadi orang merdeka. Dan mereka harus pulang ke keluarganya masing-masing.

Semua persoalan ekonomi, sosial dan keluarga yang menimpa mereka, sifatnya hanya SEMENTARA!

Jadi kalau Saudara memiliki masalah hari ini, apakah itu masalah ekonomi, sakit penyakit, ketergantungan kepada obat-obatan terlarang, keluarga dan masalah dalam bidang sosial, ingat baik-baik bahwa itu sifatnya SEMENTARA! Sebab pada tahun Yobel itu semua akan dibebaskan! Ada berapa banyak yang mau mengalami tahun pembebasan? Amin!

Kalau Saudara mempunyai masalah, ini yang harus dilakukan:

1. Bertobat

Artinya, kalau tadinya kita berjalan dalam dosa, lalu kita berbalik kepada Tuhan Yesus dengan penyesalan yang dalam, “Tuhan, ampuni saya…ampuni saya, Tuhan!”. Jadi bukan artinya kalau berbuat dosa lalu hanya berkata kepada Tuhan, “Tuhan, sorry ya..saya salah nih. Tapi saya percaya saya berada di bawah kasih karunia, jadi saya tidak dihukum. OK, terima kasih Tuhan”. Tapi posisinya masih berjalan ke arah dosa tersebut. Dan banyak yang terjadi seperti ini, itu bukan pertobatan! Bertobat artinya berbalik dari yang tadinya berjalan dalam dosa lalu dengan penyesalan yang mendalam dan tentunya juga penuh dengan penderitaan untuk melepaskannya, berbalik dari dosa kepada Tuhan Yesus. Kalau itu Saudara lakukan maka Tuhan Yesus pasti mengampuni! Pegang baik-baik, apa pun dosa yang Saudara lakukan, kalau Saudara lakukan pertobatan yang sungguh-sungguh seperti itu maka Tuhan Yesus pasti mengampuni Saudara.

2. Percaya kepada Tuhan Yesus

Saudara harus percaya bahwa Tuhan Yesus mau dan mampu menyembuhkan atau membebaskan Saudara. Kalau itu Saudara lakukan maka tahun ini adalah tahun pembebasan buat Saudara! Tahun Yobel buat Saudara. Saudara harus percaya hal ini sebab kalau tidak percaya maka hal itu tidak akan terjadi. Katakan kepada Tuhan,“Tuhan, saya percaya! Saya tidak melihat masalah saya tetapi saya percaya janji-Mu!”. Maka Saudara akan mengalami tahun pembebasan di tahun ini. Amin!

HEALING MOVEMENT CRUSADE DI SOE     

Saya baru pulang dari Soe dan Kupang. Bulan yang lalu saya sudah sampaikan kepada Saudara di mana 3 bulan yang lalu tiba-tiba Tuhan menyuruh saya ke Soe. Waktu itu saya berkata, “Lho Tuhan, saya kan harus ke Amerika”. Sebab memang seharusnya saya masih di Amerika dan belum pulang sampai hari ini, tetapi Tuhan tetap menyuruh saya ke Soe dan saya taat saja. Saya belum pernah ke Soe, beberapa tahun yang lalu memang pernah mau pergi tetapi tiba-tiba sakit. Sementara melakukan kontak dengan yang ada di sana, tiba-tiba saya diberi catatan atau cuplikan buku “The Revival In Indonesia” yang ditulis oleh Dr. Kurt Koch, seorang Jerman pada tahun 1971. Dalam buku tersebut, ia menulis: “Tanggal 26 September 1965 kebangunan rohani mulai pecah di Soe. Ini kebangunan rohani yang besar di mana mujizat-mujizat yang terjadi adalah paling lengkap setelah Kisah Para Rasul.” Bayangkan Saudara, kita banyak mendengar kebangunan-kebangunan rohani di negara-negara lain, tetapi justru hanya Indonesia yang mempunyai kebangunan rohani yang seperti itu. Haleluya!

Saya akhirnya diberikan jadwal tgl 25 September, yaitu malam terakhir dari festival tersebut. Mereka mempersilahkan saya untuk mengadakan KKR di sana dan saya baru tahu bahwa saya disuruh Tuhan ke Soe bertepatan dengan 50 tahun kebangunan rohani yang pernah terjadi di sana, itu Tahun Yobel! Tuhan memberikan tugas kepada saya, “Kamu pergi ke Soe dan nyalakan kembali api kebangunan rohani di Soe dan kamu bawa kembali api itu ke Jakarta, ke Indonesia dan ke bangsa-bangsa!” Saudara dengar baik-baik, Indonesia pernah mengalami kebangunan rohani yang menurut Dr. Kurt Koch ini merupakan kebangunan rohani yang terlengkap setelah Kisah Para Rasul! Karena itu saya percaya bahwa Indonesia bagi bangsa-bangsa. Amin!

Acara saya di sana memang sudah disusun, yaitu pertama saya datang ke Gereja Maranatha, tempat di mana kebangunan rohani tersebut dimulai. Di sana saya dipertemukan dengan saksi hidup yang kemudian bersaksi kepada kami. Waktu kami sedang berkumpul di Gereja Maranatha ternyata hari itu ada arak-arakan ±10.000 orang yang dibagi dalam kelompok-kelompok daerah, anak-anak muda, dsb. Mereka berjalan beberapa kilometer sambil memuji-mujii Tuhan. Rasanya Saudara belum pernah melihat yang seperti itu dan saya pun belum pernah melihatnya. Ketika saya melihat mereka, saya ke depan Gereja Maranatha di mana mereka harus berhenti di situ untuk didoakan dan setelah itu baru melanjutkan perjalanannya lagi. Saya melihat waktu itu terutama anak-anak muda, ada yang masih kecil dan yang agak besar, mereka semua mengangkat tangan, berlutut serta berbahasa roh! Melihat itu saya menangis, saya turun ke jalan dan menumpangkan tangan atas mereka, saya tidak tahan melihat itu. Dan pada waktu malam harinya di Soe, sekitar 17.000 orang dan ini belum pernah terjadi. Artinya KKR yang seperti ini belum pernah terjadi di Soe. Tetapi karena ini sesuatu yang special maka Tuhan adakan yang seperti itu.

Saudara, anak-anak muda baik yang di Soe maupun di Kupang, dilawat Tuhan dengan luar biasa. Ini yang sebetulnya menjadi jawaban atas doa dan kegalauan hati saya. Selama beberapa bulan terakhir hati saya galau melihat anak-anak muda yang sebagian sudah tidak mau berbahasa roh dan hidup bebas dengan adanya pengajaran-pengajaran yang salah hari-hari ini (hyper-grace) dan saya berdoa, “Tuhan, kalau anak-anak mudanya seperti ini, bagaimana ya Tuhan?” dan saya menangis di hadapan Tuhan. Tetapi malam itu di Kupang saya diperlihatkan oleh Tuhan, waktu secara khusus saya menyuruh anak-anak muda bangkit berdiri, ternyata ada ribuan anak-anak muda yang hadir dan mereka semua dilawat Tuhan. Mereka rebah dalam roh serta berbahasa roh dan saya tahu bahwa revival itu masih ada!

Saudara, sekarang saya membawa api ini dan saya percaya kalau saya mendapat api ini, maka Saudara pun juga mendapatkannya. Saya percaya setiap Saudara yang rindu juga akan melihat serta dipakai Tuhan! Ini Tahun Kebangunan Rohani! Tahun Pembebasan! Saudara akan dipakai untuk membebaskan orang-orang yang ditawan dengan berbagai macam persoalan, seperti ditawan masalah ekonomi, sakit-penyakit, ketergantungan kepada obat-obatan terlarang, dsb. Saudara akan dipakai Tuhan untuk itu. Amin!

Ketika saya berada di Soe dan Kupang, saya benar-benar belum pernah merasakan yang seperti itu, tetapi memang benar ini merupakan Tahun Yobel buat kebangunan rohani di Indonesia. Banyak orang yang tidak tahu akan hal ini termasuk orang-orang Indonesia sendiri. Demikian pula kalau saya tidak bercerita maka Saudara pun belum tentu tahu termasuk saya sendiri. Saya pernah mendengarnya tapi tidak tahu bahwa hebatnya di Indonesia sampai seperti itu! Bahkan pada waktu itu juga banyak bangsa-bangsa lain yang datang ke Indonesia! Saudara yang dikasihi Tuhan, ini adalah Tahun Pembebasan! Ini adalah Tahun Kebangunan Rohani Yang Besar! Amin!

Lihat foto HMC Soe : https://www.facebook.com/Pdt.DR.Ir.Niko.Njotorahardjo/photos_stream

TAHUN AYIN VAV ADALAH TAHUN GONCANGAN

Apakah Saudara setuju ini adalah tahun goncangan? AMIN! “Tuhan, goncangan boleh datang tetapi saya tahu Tuhan beserta saya!”, itu artinya amin! Tangga090915_1556_MariBerjuan5.jpgl 13 September adalah hari dimulainya Tahun Ayin Vav. Bertepatan dengan hari itu ada gerhana matahari partial. Dan pada tanggal 28 September yang lalu terjadi Super Tetrad yang terakhir yaitu bulan menjadi darah dan itu yang paling dekat dengan bumi. Seperti apa yang selalu saya katakan kepada Saudara kalau ada gerhana matahari maupun blood moon yang jatuh pada hari raya orang Yahudi, itu pasti akan ada sesuatu yang terjadi; biasanya pada orang Israel, dan itu dampaknya kepada dunia. Tetapi kalau gerhana matahari, itu dampaknya kepada dunia.

Jonathan Cahn penulis dari buku “The Harbinger” dan “The Mystery of The Shemitah” menjelaskan dalam bukunya bahwa pada tahun 2001 dan 2008, pada waktu tanggal 29 Elul dalam penanggalan orang Yahudi, 2 kali berturut-turut, saham di Amerika turun sehingga perekonomian di Amerika mengalami goncangan! Dan ini dampaknya kepada dunia. Jadi ada satu prediksi di mana kalau sampai tgl 29 Elul tahun 2015 yang jatuh pas pada tgl 13 September tersebut Tuhan memberikan pola yang sama, maka itu akan terjadi seperti dulu lagi, yaitu terjadi kegoncangan di dunia akibat Amerika mengalami kegoncangan. Tetapi ternyata di Amerika tidak terjadi yang seperti itu, namun yang jelas, dikatakan bahwa bulan September Bank Sentral Amerika tidak menaikkan suku bunga acuan. Ini akibatnya akan lebih dahsyat dari pada tahun 2001 dan 2008! Saya percaya kalau Saudara seorang pengusaha pasti akan berkata amin! Sekarang banyak ketidakpastian dan tidak tahu harus bagaimana karena tidak adanya patokan dan seperti dibiarkan mengambang begini. Sehingga perekonomian dunia goncang termasuk Indonesia dan masih ditambah lagi dengan RRC. Kemarin ada seorang hamba Tuhan yang bersaksi dan ini saya aminkan. Dia berkata misalnya ada sebuah kolam renang, lalu tiba-tiba ada seekor gajah masuk, kira-kira bagaimana? Air kolam itu pasti akan menyembur keluar dan air yang masih dalam kolam itu pun bergoncang. Dan sekarang ini bukan hanya satu ekor gajah yang masuk tetapi dua ekor gajah, kira-kira jadi apa?

Saudara, ini tahun goncangan dan ini tidak main-main terutama dalam bidang ekonomi. Dan kalau sudah dikatakan bahwa bidang ekonomi digoncang maka itu akan menyeret ke yang lain-lainnya dan Indonesia pun kena. Saya mau mengajak Saudara dan Saudara harus siap mengatakan amin, ayo berjanji setiap hari berdoa untuk Indonesia. Amin! Berapa menit pun Saudara harus mendoakan Indonesia setiap harinya. Katakan, “Tuhan, berkati Indonesia…berkati Indonesia!”. Saya percaya tidak ada cara lain dan tidak ada seorang pakar atau ahli yang bisa memecahkan masalah ini, hanya DOA! Hanya berdoa, memuji dan menyembah Tuhan bersama-sama dalam unity siang dan malam, itulah yang menjadi cara untuk memecahkan masalah yang terjadi. Amin!

Apakah Saudara percaya Tuhan akan menolong Indonesia? Amin! Itu hanya terjadi kalau kita berdoa. Saya sudah sampaikan, “Ayo berdoa untuk Indonesia!”. Jangan sampai lupa dan saya mau ingatkan ini kepada Saudara setiap kali bertemu sebab kita tidak tahu ini akan sampai kapan. Apakah tiba-tiba Tuhan Yesus akan datang, saya juga tidak tahu. Namun yang jelas kita semua sedang mengalami ini, tetapi seperti yang sering saya katakan, tiap kali mendengar kata goncangan Saudara harus aminkan dengan keras serta berkata, “Goncangan boleh datang tetapi saya tahu Tuhan beserta saya!”. Amin!

TAHUN AYIN VAV ARTINYA KEDATANGAN MESIAS SANGAT DEKAT

Tuntunan ketiga yang Tuhan berikan adalah tahun ini kita diingatkan bahwa kedatangan Mesias sudah sangat, sangat, sangat dekat! Saya tidak akan bosan-bosannya memberitahu Saudara akan hal ini. Mungkin ada di antara Saudara yang berkata, “Pak Niko selalu menyinggung hal itu”. Puji Tuhan! Karena memang itu isi hati-Nya Tuhan.

Di perumpamaan tentang sepuluh anak dara, dalam Matius 25:6 dikatakan, waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia! Jadi di tengah malam (waktu-waktu ini adalah tengah malam) ada suara orang yang berseru, “Mempelai datang! Songsonglah dia!”. Saya mau tanya kepada Saudara, pada waktu itu apakah mempelainya langsung datang? Tidak! Pada waktu itu semua gadis terbangun, tetapi 5 gadis bodoh kehabisan minyak. Lalu mereka meminta kepada yang membawa persediaan minyak, tetapi 5 gadis bijaksana berkata, “Tidak mungkin, nanti tidak cukup. Lebih baik beli saja!”. Lalu 5 gadis bodoh pergi mencari minyak dan itu di tengah malam. Saya percaya setiap toko yang menjual minyak pasti digedor-gedor dan waktunya itu cukup lama. Akhirnya mereka mendapatkannya juga, tetapi ketika mereka sudah dapat dan kembali mempelainya sudah datang dan pintu sudah ditutup. Mereka mengetok-ngetok pintu dan berseru, “Tuan, bukakan pintu! Bukakan pintu!”, namun apa yang Sang Mempelai katakan? “Aku tidak pernah kenal kamu! Enyahlah kamu!”.

Saudara yang dikasihi Tuhan, kisah itu berakhir dengan tragis. Saya mau beritahu Saudara satu hal, Saudara jangan sampai disesatkan dengan pemahaman bahwa setiap orang yang namanya Kristen pasti diangkat! Dari perumpamaan 5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh saja kita bisa tahu bahwa ada standar tertentu, yaitu harus punya persediaan minyak. Itu artinya Saudara harus dalam kondisi penuh Roh Kudus. Hari-hari ini sesungguhnya bagus, di samping saya prihatin dan kasihan khususnya di bidang ekonomi, saya percaya dan berterima kasih kepada Tuhan. Mengapa berterima kasih? Sebab saya dengar dari cabang-cabang kita bahwa sekarang jemaat lebih mudah kalau diajak berdoa. Pada waktu keadaan enak, ketika jemaat diajak berdoa hanya menjawab, “Ya puji Tuhan, amin!”, tetapi tidak pernah dilakukan. Tetapi sekarang tanpa harus ramai-ramai, begitu diajak berdoa langsung semua menurut. Dan itu juga menjadi bagus untuk mempersiapkan kita yang penuh dengan Roh Kudus. Ini perlu! Dalam keadaan seperti ini kalau Saudara sudah diberikan hati seperti itu, mari kobarkan terus. Sebab sekarang ini sudah terus diperdengarkan suara seperti ini, “Mempelai datang! Songsonglah Dia!”. Dan saya berdoa agar setiap Saudara penuh dengan Roh Kudus. Kalau tidak penuh Roh Kudus, artinya Saudara masih tidak bergairah, mari cepat-cepat dan jangan tunggu lama-lama sebab pada saat Dia datang maka hanya mereka yang mempunyai persediaan minyak yang akan diangkat! Dan saya berdoa agar setiap Saudara mempunyai persediaan minyak. Amin!

TAHUN AYIN VAV BERBICARA TENTANG PAKU ATAU PATOK TENDA

Tahun Ayin Vav, Vav itu berbicara tentang angka 6. Bentuk Vav ini seperti paku atau patok tenda. Paku itu digunakan untuk menetapkan dan memastikan sesuatu pada tempatnya. Demikian juga dengan patok tenda, untuk menetapkan dan memastikan tenda itu pada tempatnya. Tentang patok tenda, Yesaya 54:2-3 menuliskan, “Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi.”

Saudara, pada tahun 1993 Tuhan berikan ayat ini kepada saya, pada gereja ini. Lapangkanlah tempat kemahmu…kemah atau tenda berbicara tentang gereja ini. Bentangkan tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi. Jadi gereja ini disuruh berkembang pada tahun 1993 dan sampai sekarang itu sudah 22 tahun. Saya mau bertanya kepada Saudara apakah hal itu sudah digenapi? Amin! Dari satu gereja sekarang sudah lebih dari 900 gereja. Dari 400 orang sekarang sudah lebih dari 250.000 orang. Dan itu di dalam negeri, di luar negeri, di kota kecil dan kota besar, apa yang Tuhan berikan ini benar-benar sudah digenapi. Amin!

Sekarang Tuhan ingatkan kepada saya, “….pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu!”, ini berbicara tentang menegakkan doktrin yang benar yang sesuai dengan Alkitab yang seutuhnya. Hari-hari ini kita sedang berbicara ini dan saya akan terus menyampaikan hal ini. Barangkali ada yang bosan dan berkata, “Pak Niko sekarang bicara terus tentang hal ini?”. Ya, karena Tuhan menyuruh saya! Mungkin dalam waktu 1-2 tahun saya akan terus membicarakan hal ini sampai kita mendapatkan satu pengertian dan tidak diombang-ambingkan oleh angin pengajaran yang luar biasa dahsyatnya di akhir zaman ini. Kita harus mengokohkan doktrin yang benar sesuai dengan Alkitab yang seutuhnya. Sebab hari-hari ini bukan rahasia lagi kalau Alkitab dipotong, dikurangi, ditambah, ditambal-sulam, dsb.

BAHAYA PENGAJARAN HYPER GRACE

Yudas 1:3-4, “Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasihati kamu, supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus. Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah kamu, yaitu orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum. Mereka adalah orang-orang yang fasik, yang menyalahgunakan kasih karunia Allah kita untuk melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus.”

Saudara, ini peringatan buat kita semua. Hari-hari ini kita melihat orang menyalahgunakan kasih karunia Allah dengan intepretasinya sendiri, untuk keuntungannya sendiri dan membuat orang-orang kebingungan. Tetapi Firman Tuhan berkata, “Supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus!”. Amin! Berjuang di sini dalam bahasa Yunaninya adalah ‘epagonisomai’ yang menggambarkan pertempuran yang harus diikuti oleh orang percaya yang setia dalam rangka mempertahankan iman. Amin! Secara harafiah berjuang ini artinya bergumul, menderita, di bawah tekanan besar, berjuang dalam pertempuran, kita harus mengerahkan segala tenaga kita untuk mempertahankan Firman Allah dan iman kita sekalipun itu menuntut pengorbanan besar. Kita harus menyangkal diri dan apabila perlu bersiap mati syahid demi Injil!

Sekali lagi saya mau ulangi bahwa hari-hari ini ada satu pengajaran yang sedang ramai yang disebut dengan Hyper-grace atau kasih karunia overdosis. Pelajaran tentang kasih karunia itu sendiri indah dan saya sangat menyukainya. Sebab kasih karunia Allah ini akan memberikan kemurahan, pengampunan, keinginan dan kemampuan kita untuk melakukan Firman Tuhan. Dan selama hidup kita sebagai orang Kristen, kita akan berurusan terus dengan kasih karunia Tuhan. Tetapi apa artinya karunia yang overdosis? Michael Brown dalam bukunya menulis bahwa kasih karunia yang overdosis artinya anugerah yang dilebih-lebihkan, anugerah yang melebihi daripada apa yang Firman Tuhan katakan (jadi menambah Firman-Nya), anugerah di mana harus membuang dan atau menambal-sulam Firman Allah yang merupakan campuran dan tidak murni lagi dan merupakan anugerah yang dipolusi dan didistorsi.

Saudara, kasih karunia itu sendiri indah tetapi yang namanya overdosis, kalau tadinya menjadi obat akhirnya menjadi racun. Pada waktu Michael Brown ini diwawancara oleh Sid Roth di mana Sid Roth adalah pendiri dari acara program TV mingguan yang terkenal yang disebut It’s Supernatural di Amerika. Pada waktu diwawancara Sid Roth ini memberikan kata pengantar begini, “Pesan kasih karunia itu indah, tetapi kasih karunia overdosis merupakan penipuan akhir zaman yang menyebabkan jutaan orang percaya akan gugur imannya daripada Tuhan.” Saya berdoa dan ini bagian saya, yaitu harus selalu mengingatkan Saudara akan bahaya dari ajaran ini.

Saudara dengarkan baik-baik, pengajaran kasih karunia overdosis ini berkembang luar biasa seperti jamur di awal musim semi sejak sepuluh tahun terakhir ini di pelbagai negara barat dan sekarang juga masuk di Indonesia. Ini yang Saudara harus garis-bawahi, yaitu berkembang secara luar biasa! Pertanyaannya, mengapa hal ini bisa terjadi? Seharusnya ini tidak terjadi kalau kita membaca Alkitab!

PENYEBAB BERKEMBANGNYA PENGAJARAN HYPER GRACE

1. Kurang Membaca Alkitab

Kebanyakan orang Kristen tidak atau kurang membaca Alkitab! Bolehkah saya bertanya kepada Saudara, berapa banyak yang membaca Alkitab setiap hari? Bagi yang belum, mari kita baca Alkitab setiap hari!

2. Egosentris

Kebanyakan orang Kristen sikapnya berpusat pada dirinya sendiri atau kepada “aku.” Dikatakan bahwa di Amerika kebanyakan Injil yang dikhotbahkan selalu berpusat kepada, “Yesus mati buat saya supaya saya menjadi lebih besar, lebih baik, lebih kaya, lebih sukses….”. Jadi intinya, “Yesus mati buat saya supaya aku diberkati!”. Tidak banyak orang Kristen yang berkata, “Apa yang harus saya lakukan untuk menyenangkan hati-Mu?”

3. Tidak Lahir Baru

George Barna yang adalah President dari Barna Research Group Ltd, yaitu badan yang biasanya melakukan penelitian. Melalui penelitian yang komprehensif di tahun 1997 beliau tuliskan begini, “Kami membandingkan keyakinan, sikap, nilai-nilai dan tingkah laku orang percaya dan yang tidak percaya di Amerika Serikat, kesimpulannya, sangat sulit bagi orang non Kristen untuk memahami kekristenan karena hanya ada sedikit orang Kristen lahir baru yang meneladani iman yang Alkitabiah. Pengetahuan Alkitab orang-orang Kristen lahir baru adalah kombinasi dari unsur-unsur Alkitab dan hikmat duniawi yang dicampur menjadi bubur teologia yang menjijikkan!”. Itulah keadaan orang Kristen yang lahir baru di sana. Saya berdoa itu tidak terjadi di Indonesia. Meskipun saya tahu cukup banyak yang seperti ini. Namanya lahir baru atau pernah lahir baru tetapi keadaannya seperti ini.

4. Tenggelam dalam Berkat Materi

Orang Kristen yang diberkati luar biasa dalam materi:

•     Tidak suka membalas atau berinvestasi dalam prioritas-prioritas Tuhan.

•     Mau melayani orang lain jika harus, hanya sedikit yang melayani orang lain karena kasih.

•     Pandai berhubungan antar sesama orang Kristen tetapi bukan membicarakan hal-hal yang membuat kita dewasa dalam Tuhan, tetapi lebih sering untuk merasa bahagia, nyaman dan aman. Saya percaya kalau Saudara ada di Cool maka tidak akan terjadi seperti ini. Karena lebih banyak kita akan berdiskusi dan saling menguatkan supaya kita lebih dewasa. Jadi bukan hanya perkumpulan sosial yang seperti tadi hanya untuk merasa enak, aman dan nyaman.

•     Gaya hidup mereka tidak menunjukkan realitas praktis iman Kristen (jadi Saudara bisa lihat mengapa sekarang Hyper-grace gampang menyebar). Jadi selama ini ketika mereka dituntut untuk mengerjakan keselamatan kita dengan takut dan gentar dengan melakukan hukum moral Allah, mereka sangat tertekan dan ada yang acuh tak acuh. Karena orang Kristen modelnya seperti itu, ketika Tuhan menuntut untuk melakukan hukum moral Allah, mereka jadi frustrasi dan acuh tak acuh. Mereka banyak yang bergelimang di dalam dosa sehingga begitu ajaran dari Hyper-grace ini masuk, mereka menyambutnya dengan sukacita. Mereka berkata, “Ini pengajaran yang benar ternyata yang lama itu tidak benar!”.

INTI PENGAJARAN HYPERGRACE

1. Anti kekudusan

Berbuat dosa apa saja akan tetap masuk Sorga.

2. Melawan atau menentang kelaparan dan kehausan kita akan Tuhan

Tidak perlu melakukan apa-apa lagi, sebab Tuhan Yesus telah melakukan semuanya di atas kayu salib.

3. Menentang pertobatan

Tidak perlu bertobat sebab Tuhan sudah mengampuni semua dosa.

4. Menentang penemplakan akan dosa

Sekalipun melakukan dosa, akan tetap benar dan sempurna di hadapan Tuhan.

5. Tidak perlu mengaku dosa


Percaya sudah berada di bawah kasih karunia Tuhan, tidak akan dihukum dan tetap selamat.

Saudara yang dikasihi Tuhan, hati-hati! Sebab dosa sangat menghambat hubungan kita dengan Tuhan. Dan kalau kita terus melakukan dosa, meskipun kita tahu kebenaran jelas Firman Tuhan berkata bahwa itu tempatnya di mana? NERAKA! Ini yang ada di hati saya terus dan saya berdoa buat jemaat, “Tuhan, jangan sampai mereka mempunyai pengertian yang salah seperti itu!”. Michael Brown bersaksi bahwa tadinya dia melihat bahwa seorang Kristen yang tadinya baik, begitu dia menerima pengajaran ini dia berubah. Dia mengizinkan dosa masuk. Saya berdoa agar setiap kita mendapatkan keselamatan dari Tuhan.

MANUSIA AKHIR ZAMAN

Angka 6 atau VAV tadi juga berbicara tentang angka manusia. Manusia diciptakan pada hari yang ke-6. Dan di akhir zaman ini akan ada 2 type orang Kristen. Wahyu 22:11, “Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!”.

Saya berdoa agar Saudara yang mengerjakan kebenaran biar semakin benar, Saudara hidup dalam kekudusan dan bertambah kudus. Jangan menjadi yang pertama! Ini ada 2 tipe orang Kristen dan saya tahu memang tidak mungkin tidak terjadi yang seperti ini karena Firman Tuhan jelas berkata, “…sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya…” (Matius 7:14).

Biarlah yang sedikit itu adalah termasuk Saudara dan saya. Amin! Biarlah kita semua berkata, “Saya mau Tuhan! Saya mau hidup benar dan bertambah benar. Saya mau hidup kudus dan hidup makin kudus!”. AMIN!

Khotbah Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo, Minggu – 4 Oktober 2015 di Senayan.

Silakan share :