KHOTBAH GEMBALA

“MARI BERJUANG MEMPERTAHANKAN IMAN KITA!”

Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan, kita sekarang memasuki bulan September dan ada banyak hal yang ingin saya sampaikan kepada Saudara tentang apa yang akan terjadi dan apa yang Tuhan katakan tentang bulan September ini.

ULANG TAHUN GEREJA KE-27

Yang pertama-tama, tanggal 4 September 2015 gereja kita, keluarga besar kita berumur 27 tahun. Apa yang Tuhan telah kerjakan selama 27 tahun yang telah berlalu? Tuhan mengasihi gereja ini. Dimulai dengan 400 orang, dari satu gereja; sekarang lebih dari 900 gereja tersebar di dalam maupun di luar negeri. Dan dari 400 orang sekarang sudah menjadi lebih dari 250.000 orang. Haleluya! Kita juga telah banyak berjejaring dengan banyak gereja dan hamba Tuhan; yang salah satunya di Indonesia adalah dengan PPHTGD (Persekutuan Pelayanan Hamba-Hamba Tuhan Garis Depan) yang berjumlah sekitar 8000 orang dan berasal dari ± 80 % denominasi yang ada di Indonesia.

Saudara, ini semua Tuhan, ini semua Tuhan! Saya melihat diri saya sebagai alat-Nya. Saya hanya kacung-Nya Tuhan! Tuhan katakan apa, saya hanya taat! Saya ingat pada waktu Franklin Graham bercerita tentang ayahnya, Billy Graham. Dia sering ditanya orang, “Apa sih rahasianya, ko’ bisa dipakai Tuhan secara luar biasa?”. Billy Graham dengan enteng saja menjawab,“Saya juga tidak tahu, saya hanya disuruh ini ya saya lakukan. Saya disuruh ke sana, saya jalan.” Disuruh ke sini, saya ke sini. disuruh ke sana, saya ke sana, meskipun kadang-kadang resikonya luar biasa. Dimaki-maki orang, dikatakan sesat oleh orang dan bermacam-macam lainnya.  Tetapi itu tidak apa-apa,  sebab akhirnya 27 tahun telah lewat dan Tuhan berikan kepada kita sebagaimana kita ada hari ini.

DNA GEREJA KITA ADALAH RESTORASI PONDOK DAUD

25 tahun yang pertama Tuhan memberikan definisi tentang Pondok Daud, yaitu doa, pujian, penyembahan bersama-sama dalam unity siang dan malam. Dan Tuhan memberikan definisi lebih lagi tentang Pondok Daud yaitu: Prajurit Tuhan yang gagah perkasa yang mempunyai gaya hidup berdoa, memuji dan menyembah Tuhan bersama-sama dalam unity siang dan malam dan melakukan kehendak Tuhan pada zaman ini. Tuhan memberikan kepada saya 3 (tiga) hal yang menjadi penekanan dalam pelayanan saya, yaitu:

1.  Hadirat Tuhan

2.  Pengurapan

3.  Bahasa roh

Saya sangat cermati tiga hal ini karena itu yang diberikan Tuhan kepada saya. Dan saya ingat pada waktu awal pelayanan saya dimana saya ketika itu masih menjadi worship leader, ada seorang hamba Tuhan dari Belanda yang bernama Schenk yang mana sekarang sudah dipanggil Tuhan. Ketika itu di Surabaya saya memimpin pujian dan hamba Tuhan ini yang akan berkhotbah. Selesai memimpin pujian lalu saya duduk di belakang dan hamba Tuhan itu maju ke mimbar, tetapi ketika beliau mau menyampaikan Firman Tuhan tiba-tiba dia berbalik melihat kepada saya dan berlari kepada saya serta menumpangkan tangannya kepada saya. Dan saya masih ingat apa yang beliau katakan sampai dengan hari ini, “Aku menetapkan engkau untuk menjadi alat-Ku untuk membawa umat-Ku masuk dalam hadirat-Ku!”. Tugas saya adalah membawa umat Tuhan, yaitu Saudara semua untuk masuk dalam hadirat Tuhan. Tidak semua orang Kristen bisa merasakan hadirat Tuhan, tetapi berbahagialah Saudara yang bisa merasakan hadirat Tuhan. Memang ada 5 hal yang bisa mendatangkan hadirat Tuhan, yaitu:

1.  Iman

2.  Kekudusan

3.  Doa, pujian dan penyembahan

4.  Kerendahan hati

5.  Unity

Kalau ada yang kurang salah-satu atau lebih dari kelima hal tadi, mungkin Saudara boleh merasakan hadirat Tuhan tetapi tidak akan maksimal seperti kalau Saudara melakukan ke-5 hal tadi. Dan itu yang menjadi dasar setiap kali saya berkhotbah, yaitu penekanannya kepada 5 hal tersebut. Saudara boleh lihat mulai dari dulu hingga hari ini, Tuhan selalu berbicara tentang ke-5 hal ini. Dan untuk ke depan ini saya sekali lagi mau mengajak Saudara di mana kita sudah membuktikan bahwa Restorasi Pondok Daud yang Firman Tuhan katakan dalam Kisah Para Rasul 15:15-18, “Hal itu sesuai dengan ucapan-ucapan para nabi seperti yang tertulis: Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan, supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini. Yang telah diketahui sejak semula.”

Tuhan Yesus akan datang untuk merestorasi Pondok Daud. Apa maksud Tuhan Yesus memulihkan Pondok Daud? Supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku (ayat 17). Kalau boleh saya ganti kata-kata ini sebagai berikut: Tuhan Yesus merestorasi Pondok Daud supaya setiap lutut bertelut, setiap lidah mengaku Yesus adalah Tuhan! Saudara, apa yang kita lihat itu semua benar. Kalau saya bersaksi bahwa dari yang hanya 400 orang, sekarang lebih dari 250.000 orang, itu bukan hanya perpindahan orang Kristen dari gereja lain ke sini, tetapi banyak di antara Saudara yang tadinya belum mengenal Tuhan, tetapi disini Saudara jadi mengenal Tuhan. Dari 1 gereja sekarang telah menjadi lebih dari 900 gereja dan ini terus akan Tuhan kerjakan yang lebih luar biasa sampai nanti Tuhan Yesus datang, Dia akan memerintah di bumi selama 1000 tahun dan di sana akan terjadi setiap lutut bertelut, setiap lidah mengaku Yesuslah Tuhan!

SEPTEMBER ADALAH BULAN YANG PALING KRITIS DI DUNIA

Hal yang kedua memasuki bulan September ini, ada  artikel yang mengatakan demikian: “Bulan September adalah bulan yang paling kritis di abad ini bagi umat manusia.” Ada beberapa yang menjadi alasannya, tetapi yang saya ingin berikan informasi kepada Saudara hanya 2 saja, yaitu:

1.     Tanggal 28 September 2015 pada hari raya Pondok Daun ada Super Blood Moon. Saya sudah beberapa sampaikan kali tentang Tetrad, yaitu 4x Blood Moon berturut-turut dalam tahun 2014 dan 2015 yang mana semua terjadinya pas  pada hari raya orang Yahudi atau yang disebutkan dengan hari raya Alkitabiah. Jadi 4x blood moon itu terjadi pada: •  15 April 2014    •  8 Oktober 2014        •  4 April 2015        •  28 September 2015

Yoel 2:30-31 berkata, “Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu.”

Saudara, sebelum hari Tuhan yang besar dan dahsyat itu datang, maka akan terjadi:

      •  Pelipatgandaan mujizat

      •  Pelipatgandaan goncangan

Orang Yahudi itu percaya  bahwa setiap kali blood moon terjadi bertepatan dengan hari raya Alkitabiah atau hari raya orang Yahudi, maka itu pasti akan menimbulkan satu peristiwa yang kebanyakan tidak enak bagi orang Israel, walau ada juga yang enak seperti Kemerdekaan Israel. Tetapi kebanyakan itu adalah perang, perang dan perang! Bahkan yang pertama dari tetrad tadi, pada tgl 15 April 2015, Hamas dan Israel bertempur yang begitu luar biasa bahkan ada yang sempat berpikir apakah itu akan masuk menjerumuskan dunia kedalam Perang Dunia ke-3 atau tidak. Tetapi akhirnya itu masih bisa teratasi.Pada tgl 28 September 2015 yang akan datang akan ada Super Blood Moon. Dikatakan bahwa posisi bulan akan paling dekat dengan bumi sehingga bisa terlihat di Israel. Nah, apakah yang akan terjadi? Kita lihat saja dan berdoa untuk itu.

2.  Pada tanggal 13 September 2015 ini disebutkan dalam tahun Ibrani adalah 29 Elul 5775. Itu adalah tahun baru orang Yahudi yang mereka sebutkan dengan Rosh Hashanah. Tepat pada hari itu adalah pembukaan Konferensi Jerusalem House of Prayer for All Nations dan bertepatan dengan itu pula terjadi gerhana matahari parsial. Sama dengan pengertian jika blood moon terjadi pada hari raya orang Yahudi atau hari raya Alkitabiah maka akan menimbulkan hal-hal yang tidak mengenakkan, mengenai gerhana matahari juga merupakan hal yang sama kalau itu jatuh persis pada hari raya orang Yahudi, maka akan ada masalah! Malah ada yang menyebutkan: Penghukuman atas dunia ini!

Jonathan Cahn penulis dari buku “The Harbinger” dan “The Mystery of The Shemitah” menjelaskan dalam bukunya bahwa tanggal 29 Elul tahun 2001 yang adalah Tahun Shemitah dalam penanggalan orang Yahudi, perekonomian Amerika jatuh! Saya tidak tahu apakah ini kebetulan atau tidak, tetapi 7 tahun setelah itu pada tanggal 29 Elul tahun 2008 bahkan pada jam yang sama perekonomian Amerika jatuh lagi! Dan nanti pada tgl 13 September 2015 adalah 29 Elul! Jonathan Cahn ini berkata bahwa kalau Tuhan Yesus memberikan patron atau pola yang sama dengan ini maka berarti nanti akan ada apa-apa! Ini bukan untuk menakut-nakuti melainkan hanya untuk memberikan informasi supaya kita doakan.

Saudara yang dikasihi Tuhan, kalau kita baca atau lihat di televisi-televisi sekarang ini Indonesia mulai mengungkapkan kesulitan. Tadinya mungkin tidak terlalu, tetapi sekarang selain kesuitan internal juga kesulitan eksternal dan ekonomi sedang goncang. Yang jelas ini akan terjadi goncangan-goncangan. Amin! Saya selalu mengajar Saudara, setiap kali mendengar kata goncangan biarlah kita katakan amin dengan keras! Apa artinya? Artinya, “Tuhan, goncangan boleh datang, tetapi saya percaya Tuhan tetap menyertai saya!”. Itulah artinya amin!

3.    PERINGATAN KEBANGUNAN ROHANI DI INDONESIA

Di Indonesia pernah terjadi kebangunan rohani yang besar. Mungkin ada di antara Saudara yang baru pertama kali mendengarnya. Kalau kita melihat kebangunan rohani yang terjadi di abad 20, maka di sini ada beberapa catatan sebagai berikut:

      –  Tahun 1901 revival di Kansas City

      –  Tahun 1904 revival di Wales

      –  Tahun 1906 revival di Azusa Street

Memang ini yang paling terkenal dimana Roh Kudus dicurahkan secara luar biasa, berbahasa roh, terjadi mujizat dan pertobatan yang luar biasa.

–      Tahun 1907 revival Firman Tuhan terjadi di Pyong-Yang. Jadi Korea Utara yang Saudara lihat hari-hari ini pernah mengalami kebangunan rohani. Dikatakan bahwa selama 6 bulan orang percaya dilanda kehausan akan membaca Alkitab; lalu tiba-tiba apa yang terjadi? Revival terjadi! Kesembuhan terjadi!

–      Tahun 1927 revival salib Kristus di Uganda. Menteri Keuangan Uganda bertobat pada suatu kebaktian dan dia datang kepada Gubernur Jenderal nya serta berkata, “Saya mau mengundurkan diri. Saya salah! Saya banyak melakukan korupsi!”. Tetapi akhirnya Presidennya berkata, “Jangan! Kamu tidak boleh mengundurkan diri, sebagai hukumannya, kamu sekarang bersaksi!”. Bayangkan Menteri Keuangan Uganda bersaksi bahwa dia membuat kesalahan dan apa yang terjadi? Kebangunan rohani terjadi luar biasa!

–      Revival di Taiwan. Ini adalah kebangunan rohani dalam pujian dan penyembahan. Jadi pujian dan penyembahan ini ternyata dimulai di Taiwan. Tahun 1946 ketika Jepang menyerbu, orang-orang Aborigin lari ke gunung-gunung di daerah Hua Lien, tetapi di tengah-tengah itu terjadi revival pujian dan penyembahan. Tahun 1952 dikatakan bahwa sekolah Alkitab berdiri dan gereja berkembang.

–     Tahun 1965 Indonesia yang dilawat Tuhan! Haleluya! Terjadi kebangunan rohani yang luar biasa dan ini ada dalam sejarah. Saya menyitir dari buku yang berjudul “The Revival In Indonesia” tahun 1971 yang ditulis oleh Dr. Kurt Koch. Kebangunan rohani terjadi di timur dan barat Indonesia. Pak Octvianus yang dipakai dalam kebangunan rohani bagian barat waktu itu. Dalam buku tersebut dikatakan bahwa kebangunan rohani di Indonesia bagian timur diawali pada Oktober 1964. Dalam sejarah dicatat bahwa hasil kebangunan rohani mulai pecah tgl 26 September 1965 di kota So’e. Dituliskan dalam buku ini bahwa semua mujizat yang dicatat dalam Alkitab terjadi di sana dan dianggap sebagai satu kebangunan rohani yang terbesar dan terlengkap sepanjang sejarah gereja setelah Kisah Para Rasul! Haleluya!

Ini merupakan hasil penelitian secara langsung oleh Dr. Kurt Koch tadi. Dan dia melihat banyak orang mati dibangkitkan, yang lumpuh berjalan, yang buta melihat, yang tuli mendengar, yang bisu berkata-kata, yang sakit disembuhkan, namun juga sebaliknya Tuhan menghukum dengan keras umat-Nya yang tidak taat di masa kebangunan rohani tersebut! Jadi Dr. Kurt pergi ke sana pada tgl 16 – 20 Juli 1969 dan dia melihat air menjadi anggur yang ke-9 dan ke-10 nya! Ciri dari kebangunan rohani di sana adalah mujizat dan kesembuhan. Dan di tengah-tengah itu pesan Tuhan yang sangat kuat selama kebangunan rohani disertai mujizat dan kesembuhan tersebut adalah, “AKU DATANG SEGERA!”.

Dan dia menulis bahwa Indonesia kemungkinan akan menjadi negara terakhir yang ditakdirkan untuk membawa obor penginjilan, tanda-tandanya sangat jelas! Ketika saya membaca ini terus-terang saya terkejut! Bukankah hari-hari ini (memang skalanya masih lebih kecil dan mungkin ini benihnya dulu) gereja kita dipakai selama 9 tahun terakhir dalam mujizat dan kesembuhan? Dan ini sudah merambah kemana-mana. Melalui televisi-televisi Indonesia sudah melihat itu. Dan pesan yang Tuhan katakan yang mana selama beberapa tahun terakhir selalu saya perkatakan adalah, “AKU DATANG SEGERA!”. Kedatangan Tuhan Yesus sudah sangat, sangat, sangat dekat!

Saudara yang dikasihi Tuhan, nanti tgl 26 September 2015 akan ada kebaktian juga di sana, yaitu tanggal 22-26 September yang akan datang. Dan tanggal 26 September 2015 itu berarti 50 tahunnya kebangunan rohani yang pernah terjadi di sana. Awalnya saya tidak tahu, tetapi tiba-tiba Tuhan berbicara kepada saya, “Kamu pergi ke So’e!”. Saya masih menjawab, “Wah Tuhan, saya ini harusnya ke Amerika.” Tetapi Tuhan tetap berkata, “Kamu pergi ke So’e.” Saya tidak tahu kenapa saya harus ke So’e, lalu semuanya diatur dan mereka di sana menyambut dengan sukacita. Jadi nanti pada tgl 26-nya ada pengutusan di mana mereka langsung pulang, tetapi pada tanggal 25 malam terakhir ada KKR untuk memperingati 50 tahun kebangunan rohani di sana dan itu adalah Tahun Yobel! Dan Tuhan izinkan saya yang melayani di sana! Awalnya saya tidak tahu, mengapa Tuhan berkata, “Pergi ke sana!”, namun tiba-tiba saya melihat bahwa Tuhan sedang memberikan tugas kepada saya, “Kamu sekarang nyalakan kembali api untuk kebangunan rohani dan setelah itu kamu bawa pulang api itu!”. Dan saya percaya bahwa ini adalah tahun di mana pelipatgandaan jiwa-jiwa itu akan terjadi. Amin!

4.    TAHUN AYIN VAV 5776

Dari 13 September 2015 – 3 Oktober 2016, kalender orang Yahudi atau kalender Ibrani memasuki Tahun 5776 atau Ayin Vav (tadinya Ayin Hey – 5775). Ada keistimewaan daripada tahun ini, yaitu:

      1.  Tahun Yobel

Imamat 25:10, “Kamu harus menguduskan tahun yang kelima puluh, dan memaklumkan kebebasan di negeri itu bagi segenap penduduknya. Itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, dan kamu harus masing-masing pulang ke tanah miliknya dan kepada kaumnya.” Tahun Yobel itu adalah tahun pembebasan, tahun pemulihan. Setiap pria Israel pasti mendapatkan warisan tanah. Tetapi kalau dia jatuh miskin tanah itu boleh dijual, tetapi sifatnya sementara. Sebab pada tahun Yobel tanah itu akan dikembalikan lagi kepadanya. Jadi dikatakan di sini, itu adalah pemulihan dalam bidang ekonomi.

      2.  Tahun Pemulihan Sosial

Kalau dia makin bertambah miskin dan sesudah menjual tanahnya masih terlibat hutang, dia bisa melakukan yang kedua yaitu menjual dirinya sebagai budak. Tetapi sekali lagi saya mau beritahu Saudara, menjadi budak ini hanya sementara. Sebab pada tahun Yobel dia dibebaskan dan menjadi orang merdeka. Jadi ada pemulihan dalam bidang sosial.

      3.  Tahun Pemulihan Keluarga

Yang ketiga, mereka akan kembali kepada keluarga atau kaumnya masing-masing. Ini adalah pemulihan dalam bidang keluarga. Saudara yang dikasihi Tuhan, saya tidak tahu keadaan Saudara, adakah di antara Saudara yang sedang mengalami masalah dalam bidang ekonomi, bidang sosial, sakit-penyakit dan dalam keluarga? Tetapi saya mau beritahu Saudara, itu semua hanya sementara! Amin!

Kalau tahun ini Saudara akan memasuki tahun Yobel, Saudara datang di hadapan Tuhan, Saudara bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus, Dia sanggup dan mau melakukan apa yang kita minta. Tahun ini akan menjadi Tahun Yobel buat Saudara! Saudara akan dibebaskan. Amin! Apakah Saudara mau mengalami tahun pembebasan? Apakah Saudara mau mengalami tahun Yobel? Amin! Kuncinya, Saudara datang kepada Tuhan Yesus, bertobat dan minta ampun. Saudara harus koreksi diri dan introspeksi, Pada saat Saudara datang, Dia akan membuka tangan-Nya menyambut Saudara. Katakanlah kepada-Nya, “Ampuni saya Bapa atas segala kesalahan yang saya lakukan selama ini…ampuni saya…ampuni saya. Dan saya percaya Engkau sanggup dan mau melakukan serta menolong saya.”

Kalau itu Saudara lakukan dengan segenap hatimu, tahun ini adalah Tahun Yobel buat Saudara. Engkau akan dibebaskan! Tahun 2015 ini adalah tahun pelipatgandaan mujizat. Amin! Saya ingin menginformasikan kepada Saudara,a pa yang dipercaya oleh orang-orang Yahudi yang berada di dalam Yudaisme tentang tahun Ayin Vav (5776).

•  Matityahu Glazerson, adalah seorang Rabbi, serta penulis dan ahli dalam sandi-sandi Alkitab. Dan dia menggunakan Gematria, Ilmu kata Ibrani dan juga menggunakan sandi-sandi Alkitab yang dihubungkan dengan kalimat “Tibanya Dengan Segera Mesias Putra Daud.” Dia mendapatkan bahwa tahun Ibrani 5776 dari 3 digit terakhir yaitu 776, memiliki beberapa arti. Salah satu artinya adalah kedatangan Mesias!

Sandi Alkitab menyatakan kedatangan Mesias adalah setelah berakhirnya Tahun Shemitah (5775). Menurut tradisi orang Yahudi, waktu kedatangan Mesias adalah setelah kedatangan Shemitah (5775). Jadi 5776 ini adalah tahun yang dimaksudkan setelah tahun Shemitah (5775) tadi.

•     Chaim Kanievsky, adaah seorang  Rabbi terkemuka di main stream Yudaisme Ultra Ortodox yang berbicara tentang Mesias sepanjang waktu. Sejak perang di Gaza 2014 yang lalu yaitu pada waktu Tetrad yang pertama, Rabbi ini menyatakan bahwa kedatangan Mesias sudah sangat dekat. Ketika ditanya kapan kedatangan Mesias itu, dia menjawab, “Di akhir Tahun Sabbat yaitu akhir Tahun Shemitah.” Beberapa orang telah bertanya kepada Rabbi Chaim Kanievsky untuk memverifikasikan hal itu dan dia selalu memberi jawaban yang sama. Dia mendesak supaya umat Yahudi untuk ber-aliah, artinya pulang ke Israel bagi orang Yahudi yang ada di luar Israel.

Itulah 2 (dua) hal yang Tuhan tunjukkan kepada saya dan saya akan memberikan komentar tentang hal ini, yaitu: Saya tidak menyatakan setuju. Saya tidak menyatakan itu benar. Karena yang saya tahu tentang kedatangan Tuhan Yesus, mengenai hari, bulan dan tahun tidak ada seorang pun yang tahu. Dan yang saya tahu bahwa kedatangan Tuhan Yesus itu sudah sangat, sangat sangat dekat. Tetapi ini bisa terjadi, bisa juga tidak. Amin!

Apakah Saudara mengerti? Jangan sampai nanti dipelintir-pelintir dan mengatakan, “Pak Niko bilang kedatangan Tuhan Yesus itu tahun ini! Tahun Ayin Vav ini!”. Dan saya tidak pernah menyatakan demikian! Yang menyatakan hal ini adalah dari kaum Yudaisme. Ketika menerima data-data ini, saya bertanya kepada Tuhan, “Tuhan, data-data dan informasi ini Kau berikan kepada saya, maksudnya apa Tuhan? Yang saya tahu bahwa Engkau akan segera datang…segera…segera!”. Tiba-tiba Tuhan memberikan saya pengertian seperti pada perumpamaan tentang 5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh. Matius 25:6 berkata demikian, “Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia!”

Jadi ada suara orang di tengah malam, “Mempelai datang! Songsonglah dia!”.  Saya mau tanya kepada Saudara, apakah mempelainya langsung datang? Tidak! Ada waktu di antara itu. Jadi ada waktu di mana 5 gadis bodoh yang tidak mempunyai persediaan minyak itu pergi mencari minyak kemana-mana. Ini di tengah malam, mungkin 5 gadis itu menggedor toko-toko yang mungkin ada yang menolak menjual, dan sebagainya sampai akhirnya mereka dapat minyak namun sudah terlambat. Dan waktunya ini singkat! Saudara, saya mau bertanya apakah Saudara mau ikut dalam pengangkatan? Amin!

Standard agar orang itu bisa diangkat, yaitu seperti 5 gadis yang bijaksana yang mempunyai persediaan minyak, artinya dalam kondisi penuh Roh Kudus. Ini Penting! Saya selalu menekankan ini, yaitu hari-hari ini Saudara harus pastikan bahwa Saudara penuh Roh Kudus dan sekarang ini adalah masa dimana orang-orang yang berseru di tengah malam itu sedang terjadi, “Mempelai datang! Songsonglah Dia!”. Saya percaya kalau sekarang Saudara benar-benar cepat meresponi dan berkata, “Tuhan, saya mau, Tuhan saya mau,” meskipun seolah-olah kelihatan seperti mau ketinggalan, tetapi akhirnya ketika Sang Mempelai datang Saudara tidak akan ketinggalan dan Saudara juga akan termasuk gadis-gadis yang bijaksana tadi.

Saya berdoa buat Saudara dan hari-hari ini tidak lagi bisa main-main, Tuhan Yesus akan segera datang untuk kali yang kedua. Dan kita yang di wadah ini mempunyai pengertian bahwa pengangkatan itu terjadi di pre-tribulation. Saya tidak peduli dengan yang mempercayai mid atau post tribulation, tetapi yang kita percayai adalah yang pre-tribulation. Jadi, begitu gereja diangkat maka Antikris langsung muncul.

Dan kalau Saudara membaca dari 2 Tesalonika 2:1-12, maka setidaknya ada 3 tanda yang harus terjadi sebelum antikris muncul, yaitu:

1.  Rahasia kedurhakaan yang sudah bekerja di bumi harus makin meningkat. Apakah Saudara sudah melihat hal itu terjadi? Amin!

2.  Kemurtadan harus terjadi.

3   Yang menahan harus disingkirkan.

Jadi yang selama ini menahan Antikris tidak muncul adalah Roh Kudus. Setelah Gereja diangkat, Roh Kudus memberi ‘lampu hijau’ kepada Antikris untuk muncul. Roh Kudus akan tetap ada di bumi sebab kalau tidak bagaimana dengan yang mid dan post tribulation tadi?

Berbicara tentang murtad, itu sudah banyak terjadi, yaitu:

1.  Murtad Secara Moral

Yaitu meninggalkan Kristus dan kembali kepada dosa. Orang yang murtad secara moral mungkin memberitakan doktrinnya yang benar dari Perjanjian Baru, tetapi meninggalkan patokan moral Allah.

2.  Murtad Secara Teologis

Ini adalah kemurtadan yang sangat mengerikan. Hal ini 35 tahun yang lalu telah ditulis dalam Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan seri Full Live Study Bible. Perhatikanlah, selama 10 tahun terakhir yang telah terjadi yaitu :

•      Pengkhianatan terhadap dan penolakan dari sebagian atau semua ajaran Kristus dan para Rasul. Jadi pelajaran dari Tuhan Yesus itu ditolak, sedangkan orang Kristen itu sendiri artinya pengikut Kristus. Kalau sekarang yang ditolak itu adalah Firman-Nya, lantas sebagai apakah orang itu?

•      Mereka menawarkan keselamatan dan kasih karunia murahan dan mengabaikan perintah Tuhan Yesus untuk bertobat, hidup kudus, setia kepada Allah dan hukum moral. Apakah Saudara melihat hal-hal ini sedang terjadi hari-hari ini? Benar!

•      Injil palsu dan berpusat pada kegiatan manusia dan kepentingan diri sendiri menjadi populer. Injil yang seperti ini menjadi populer karena enak.

Jadi Saudara, ini yang ditulis 35 tahun yang lalu, Saudara mau melihat yang lebih lama lagi, yang di tahun 70 – 80 Masehi sudah ditulis? Mari kita baca Yudas 1:3-4, “Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasihati kamu, supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus. Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah kamu, yaitu orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum. Mereka adalah orang-orang yang fasik, yang menyalahgunakan kasih karunia Allah kita untuk melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus.”

Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan menulis, “Surat Yudas yang terdiri dari 1 pasal, singkat dan tegas ditulis untuk menentang guru-guru palsu yang terang-terangan berhaluan antinomianisme, yaitu mereka yang mengajarkan bahwa keselamatan melalui kasih karunia mengizinkan mereka untuk berbuat dosa tanpa dijatuhi hukuman dan yang menghina pernyataan Rasuli tentang pribadi dan tabiat Yesus Kristus.” Mereka mengajarkan, “Orang Kristen berbuat dosa, itu tidak apa-apa. Berzinah? Tidak apa-apa, terus saja lakukan…tetap selamat dan tidak dihukum!” Dan menghina pernyataan Rasuli tentang pribadi dan tabiat Yesus Kristus, artinya menghina Tuhan Yesus!

Karena itu orang-orang Kristen hari-hari ini yaitu Saudara dan saya harus tetap berjuang untuk mempertahankan iman karena pengajaran ini sudah merambah kemana-mana dan populer di mana pengikutnya banyak karena senang dan enak. Apalagi bagi orang yang ‘abu-abu’ yang memang hidupnya semaunya. Mau istri 5, korupsi, hidup dalam perzinahan, sudah beristri 2 malah masih selingkuh lagi, buat orang yang seperti ini akan sangat senang dengan pengajaran seperti itu. Tetapi itu tidak demikian!

Apakah Saudara sudah mempunyai buku Hyper Grace – Kasih Karunia Overdosis. Istilah overdosis ini bagus. Sesungguhnya kasih karunia itu indahnya luar biasa dan selama hidup kita sebagai orang Kristen selalu berurusan dengan kasih karunia. Kasih karunia ini memberikan kemurahan, pengampunan, kesembuhan buat Saudara dan memberikan keinginan dan kemauan kepada kita untuk mengikuti Firman Tuhan. Itu semua kasih karunia! Tetapi kalau namanya overdosis, kasih karunia yang tadinya sebagai obat akan berubah menjadi racun! Tadinya untuk menyembuhkan, tetapi sekarang mematikan!

Tadi sudah dikatakan bahwa mereka menghina Tuhan Yesus, ketika membaca buku tersebut reaksi saya yang pertama adalah marah, yang kedua saya menangis, “Tuhan Yesus, Engkau dihina! Engkau dihina!”. Ternyata tahun 70 – 80 Masehi surat Yudas sudah mengatakan akan hal itu. Dan sekarang setelah 2000 tahun, itu terjadi. Memang dulu sudah ada tetapi yang sekarang ini populernya luar biasa. Saya mau memberikan beberapa hal yang dinyatakan buku ini kepada Saudara. Tema pengajaran yang diusung oleh kelompok ini adalah:

1.     Pengajaran Yesus itu adalah Old Covenant atau Perjanjian Lama dan bukan Perjanjian Baru. Pengajaran Yesus bukan untuk kita hari ini.

2.      Pengajar atau pengkhotbah yang sering mengutip Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes lupa bahwa Yesus berbicara kepada orang-orang Yahudi yang selama beratus-ratus tahun terpolusi oleh pengajaran Perjanjanjian Lama.

3.     Menerapkan pengajaran Yesus dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang sangat berbahaya. Kalau Saudara membaca ini kira-kira bagaimana rasanya? Kalau saya, tidak bisa menerimanya!

4.      Semua perkataan Yesus sebelum salib adalah Old Covenant, yang itu tidak perlu diikuti. Perkataan yang sesudah salib, itu yang diikuti. Saya mau katakan, “BOHONG!”. Sebab setelah salib Tuhan Yesus berkata tentang Amanat Agung, “Karena itu, pergi dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku,
baptislah mereka dalam Nama Bapa, Anak dan Roh Kudus, dan ajarkan mereka segala sesuatu seperti yang telah Kuperintahkan kepadamu!”. Ajar mereka melakukan segala sesuatu seperti yang telah Kuperintahkan kepadamu….ini ditolak! Bagaimana mungkin dia mengikuti setelah Tuhan Yesus disalib? Itu salah-satunya.

5.      Peringatan Tuhan Yesus di Matius 7:23 dianggap tidak berlaku bagi semua orang yang berada di dalam grace (kalau saya akan saya ganti dengan kata hyper-grace). Apakah Saudara tahu isi Matius 7:23? Dalam Matius 7:21-22 dikatakan begini, “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! Akan masuk dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang yang berseru kepada-Ku: “Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Dan ayat 23
berkata,“Pada waktu itulah Aku akan berterus-terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” Jadi menurut mereka ayat 23 bukan untuk orang-orang yang ada di dalam grace.

6.      Melihat wanita dengan nafsu pun dianggap hanya untuk orang Yahudi dan tidak berlaku bagi orang-orang yang percaya karena sudah dalam tidak berdosa dan tidak bisa berbuat dosa. Saya mau bertanya, apakah seorang yang sudah lahir baru masih bisa berdosa? Bisa! Tetapi begitu berdosa saya tahu Roh Kudus akan langsung menegur, “Kamu minta ampun! Kamu minta ampun!”. Ini kuncinya, yaitu minta ampun sungguh-sungguh dan tidak kembali berbuat dosa lagi. Jangan dibuat main-main, misalnya berdosa lalu minta ampun tetapi besok melakukan dosa yang sama lagi dan minta ampun lagi. Bukan itu yang dimaksudkan! Tetapi menyesal dengan sungguh-sungguh lalu berbalik kepada Tuhan Yesus. Ini artinya pertobatan! Bukan bolak-balik berdosa, minta ampun, berdosa lagi dan minta ampun lagi.

7.      Seluruh khotbah di bukit (Matius 5-7) bukanlah untuk gereja, malah seluruh orang percaya harus menjauhi pengajaran ini karena akan menjadi legalism dan kesombongan rohani.

8.      Sekalipun pengajaran Yesus adalah baik dan bagus, tetapi pengajaran-Nya dianggap ada di bawah Hukum Taurat, sementara gereja kini ada di bawah kasih karunia.

9.      Yesus bukanlah pengajar kasih karunia, tetapi lebih cenderung pengajar Hukum Taurat yang memakai steroid. Maaf, ini bukan hanya menghina tetapi kurang ajar! Yesus dianggap memakai steroid atau obat doping! Bukan rahasia lagi banyak hamba-hamba Tuhan yang sebelum berkhotbah minum minuman keras, supaya apa? Supaya lebih berani! Jadi Tuhan Yesus dianggap seperti itu!

Saudara yang dikasihi Tuhan, mari di hari-hari terakhir kita harus berjuang untuk mempertahankan iman. Kita harus menyiapkan diri kita untuk menjadi umat yang layak, umat yang diselamatkan dan masuk sorga. Amin!

Khotbah Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo, Minggu – 6 September 2015 di Senayan.

Silakan share :