PROGRAM PELAYANAN KEMANUSIAAN DI KECAMATAN MUARA GEMBONG – BEKASI UTARA

Pendahuluan

Kecamatan Muara Gembong yang terdiri dari 6 desa hidup di pinggiran pesisir pantai utara di Kabupaten Bekasi tepatnya Bekasi Utara. Lokasi desa ini cukup terpencil bahkan harus ditempuh 2 jam perjalanan dari kota Bekasi ke arah Utara. Karena lokasi yang cukup terpencil, tidak banyak orang mengetahui dan mengenal keberadaan desa ini, bahkan tidak jarang penduduk kota Bekasi sekalipun tidak mengetahui dimana letak desa ini.

Mayoritas penduduk Kecamatan Muara Gembong adalah nelayan musiman, petani padi dan petani garam. Kebutuhan hidup sering kali harus dibeli di tempat-tempat yang cukup jauh sehingga mayoritas penduduk mengkonsumsi ikan segar dan ikan asin. Dengan meningkatnya harga BBM yang tinggi, para nelayan Muara Gembong banyak yang berhenti melaut; tercatat ada 63 buah kapal nelayan yang terbengkalai dan karam di pinggiran muara sungai Citarum karena lama tidak dapat berfungsi lagi.

Kondisi desa terutama untuk RT-RT yang berlokasi sangat dekat dengan garis pantai sering mengalami banjir akibat pasang laut. Oleh karena itu, daerah pesisir ini mutu kehidupan penduduknya cukup memprihatinkan, terutama gizi dan kesehatan penduduknya. Hasil penelitian lingkungan hidup menguatirkan akan terjadi abrasi pantai yang cukup parah dalam waktu-waktu dekat ini apabila tidak diperhatikan dengan serius oleh pemerintah daerah setempat.

Kecamatan Muara Gembong, tepatnya di desa Pantai Mekar memiliki 20 RT, dimana terdapat 2 RT di pinggir pantai dengan jumlah + 200 KK dan 3 RT di pingir rawa dengan jumlah + 300 KK yang kelima RT tersebut dihuni oleh penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Jumlah penduduk dari 5 RT tersebut mendekati 500 KK dengan jumlah kurang lebih 1.950 jiwa.

GBI Bumi Anggrek, Bekasi dalam kesempatan ini rindu untuk melayani desa Pantai Mekar Kecamatan Muara Gembong dengan membagikan paket sembako bagi penduduk yang benar-benar memerlukan, buku tulis, buku pelajaran sekolah SD, pakaian seragam anak sekolah SD bagi anak sekolah SD yang membutuhkan, membagikan pakaian layak pakai dan kacamata baca / minus bagi mereka yang membutuhkan dan memberikan pelayanan dan penyuluhan medis kepada penduduk desa Pantai Mekar Kecamatan Muara Gembong sebagai tindakan nyata dari pelaku Firman (“… supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri. Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar, dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan Tuhan barisan belakangmu.” – Yesaya 58:7-8) dan bentuk tindakan sebagai Garam dan Terang Dunia (Matius 5:13–16).

Kami juga mengetuk hati Bapa, Ibu, Saudara dan Saudari seiman yang telah diberkati Tuhan untuk menjadi saluran berkat bagi Kemuliaan Nama Tuhan.

Tujuan

  • Memberikan kesempatan kepada penduduk desa untuk dapat bergaul dengan penduduk kota dalam kesehatian dan kesetaraan
  • Memberikan kesempatan kepada penduduk kota untuk meningkatkan kepedulian dan dapat hidup berdampingan dengan penduduk pendesaan
  • Memberikan pelayanan dan penyuluhan kesehatan yang mungkin jauh dari jangkauan penduduk desa Muara Gembong dalam kondisi dan situasi saat ini
  • Memberkati penduduk desa yang kekurangan, kelaparan dan kurang gizi

SASARAN

  • Memberi paket sembako kepada 250 KK penduduk desa Muara Gembong yang hidup di bawah garis kemiskinan
  • Memberi pelayanan medis kepada 500 jiwa penduduk desa Muara Gembong dengan pemeriksaan dan pengobatan gratis
  • Memberikan buku tulis, pakaian seragam SD dan buku pelajaran SD kepada 300 anak sekolah SD.
  • Memberikan pakaian layak pakai dan kacamata baca / minus untuk 300 KK yang membutuhkan
Silakan share :