Pdt Leo Sitinjak

Ibadah malam tahun baru 31 desember 2019
Rekaman Khotbah : Pdt Leo Sitinjak
Ibadah Malam Natal 31 Desember 2019 di GBI Bumi Anggrek Bekasi

Ringkasan Khotbah

Habitat Uang dan Manusia

Hari ini kita telah melalui 365 hari, 52 minggu, 12 bulan, tinggal beberapa jam lagi. Kita sudah banyak menerima berkat Natal. Kelahiran baru adalah kasih karunia bagi hidup kita. Dan kita bersiap masuk dalam dimensi baru yang tak terbatas.

Hari-hari ini kita dipenuhi dengan serangan atas berbagai doktrin pengajaran yang benar, dan banyak pengajaran tidak benar yang memenuhi kehidupan kita. Tujuannya untuk memisahkan kita dari Yesus. Jangan ambil ilalang dulu nanti gandumnya ikut terambil. Banyak negara dan ilmu pengetahuan yang memusuhi kekristenan, robot yang menyerupai manusia, kapsul seumur hidup. Tetap pertahankan iman kita dengan membaca Alkitab setiap hari. Akhir zaman segera tiba sesuai kitab Daniel.

Untuk memasuki tahun dimensi baru, kita harus kembali ke habitat kita. Ikan habitatnya di air, burung habitatnya di udara, dan uang habitatnya di bait suci.

Ulangan 14:22-27 22  “Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun. 23  Di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu. 24  Apabila, dalam hal engkau diberkati TUHAN, Allahmu, jalan itu terlalu jauh bagimu, sehingga engkau tidak dapat mengangkutnya, karena tempat yang akan dipilih TUHAN untuk menegakkan nama-Nya di sana terlalu jauh dari tempatmu, 25  maka haruslah engkau menguangkannya dan membawa uang itu dalam bungkusan dan pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, 26  dan haruslah engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk anggur atau minuman yang memabukkan, atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu. 27  Juga orang Lewi yang diam di dalam tempatmu janganlah kauabaikan, sebab ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau.

Jangan sentuh hak Tuhan: persepuluhan, buah sulung, penghakiman. Di Yerusalem terdapat bait suci, orang datang dari berbagai penjuru berjalan kaki berhari-hari,  berminggu-minggu, sehingga mungkin korban yang dibawa berupa kambing domba bisa sudah rusak atau cacat. Sehingga Musa menyatakan korban tersebut bisa diuangkan. Ini pertama kali uang disebutkan dalam Alkitab dan habitatnya ada di Bait Suci, yaitu berupa persembahan sulung dan persepuluhan.

Maleakhi 3:10. Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Uang tidak suka atau tidak cocok dengan orang jahat.

Pengkhotbah 10:19 Untuk tertawa orang menghidangkan makanan; anggur meriangkan hidup dan uang memungkinkan semuanya itu.

Pengkhotbah 7:12 Karena perlindungan hikmat adalah seperti perlindungan uang. Dan beruntunglah yang mengetahui bahwa hikmat memelihara hidup pemilik-pemiliknya.

Damai sejahtera di bumi. Manusia habitatnya di hadirat Tuhan. Awal diciptakan di Taman Eden. Praises of God. Harus cinta semua hadirat Tuhan. Di luar itu kita tidak bisa berbuat apa-apa. Di rumah, di bait suci Allah setiap minggu, di mana pun. Dan hadirat Tuhan diciptakan untuk laki-laki.

Yohanes 15:5-7  Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. 6  Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. 7  Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. hanya di hadirat Tuhan kita bisa berbuat sesuatu, dipulihkan, dan berbuat sesuatu hanya untuk Dia. Tidak tinggal di hadirat Tuhan maka akan dibuang seperti ranting dan menjadi kering

Yohanes 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

Silakan share :